Article dunia maya AS tentang China :

China Berlari, Indonesia Sibuk Bermimpi : Budiman Soedjatmiko
Tip of the week

Prestasi China selama 30 tahun, melampaui Amerika Serikat selama 100th

Dua macam sistem pemerintahan, dua macam efisiensi keputusan, dua macam kecepatan pembangunan, mana yang lebih baik ?

Artikel mengatakan : harus diakui, saya suka desain stasiun KA di China yang terang benderang, jauh lebih unggul dari stasiun KA di Chicago yang remang2/agak gelap.
Orang China dengan proyek besar menampilkan prestasi mereka, bangga atas keajaiban tekniknya, sedangkan kami sekarang sehari-harinya membuang-buang waktu dan energy urusi masalah hubungan antar ras & agama.

Bagaimana dengan penataan transportasi di China ? Lihatlah gambar biru pola perhubungan nasional China : 3 vertikal dan 5 horizontal jaringan perhubungan, yang meliputi 37 kota-kota utama. Ini berarti apa ?
Jangan keburu nafsu, kita melihat kelanjutannya : Kita semua tahu bahwa China memiliki impian jadi negara besar, munculnya kekuatan negara besar, pertama harus meruntuhkan hegemoni imperialisme AS, dan membutuhkan integrasi ekonomi Euroasia. Sedangkan integrasi ekonomi Euroasia, perlu landasan berkembangnya ekonomi Asia, ini tergantung pada kebangkitan China. Asia yang terbelakang & miskin, mau berintegrasi dengan Eropa yang maju, akan dilecehkan dan sangat memalukan.

Sekarang China aktif mendorong perkembangan teknologi canggih, ekonomi, & go internasional, juga dibidang militer, apa hubungannya dengan pembagunan skala besar infrastruktur ?
Pertama, China menciptakan rekor baru dalam infrastruktur peradaban, terutama prestasi perkembangan KA cepat, patut menjadi teladan.

Menilik pola pikir pembangunan KA cepat China, yg juga mencerminkan ide dasar model China. Kecanggihan KA cepat, melibatkan teknologi baja, metalurgi, material komposit, lokomotif, listrik, sasis, rem, kestabilan sumber daya listrik, sensor, komunikasi, telekomunikasi, kontrol otomatis, integritas sinyal transmisi, kontrol keamanan, kontrol teknik, yg melibatkan puluhan departemen penelitian, menyangkut rekayasa dan manufaktur mesin, integrasi sistem, jaminan mutu & perlindungan keamanan pemantauan berbagai area lain dan ratusan manufaktur, untuk itu perlu meningkatkan kualitas secara menyeluruh puluhan ribu product “Made in China”.

Pesatnya perkembangan China yang luar biasa, Bill Gates pernah kagum dan mengatakan, penggunaan semen China selama 3 tahun, melebihi Amerika Serikat selama 150 tahun.

Menilik perkembangan China selama 30 tahun terakhir, ide dasar model China adalah : selain belajar keunggulan orang lain, juga mengembangkan keunggulan sendiri. Diatas dasar belajar keunggulan orang lain – dicerna – dirangkum, berani menciptakan yang baru, sehingga menjadi karya milik sendiri yang spesifik, berhasil melampaui negeri Barat, ujungnya berpengaruh diseluruh dunia.

China dengan kemampuan sendiri membangun KA cepat, panjang dan mutunya diluar dugaan umum, menciptakan angkutan dan perhubungan darat yang belum pernah ada dalam sejarah manusia, dengan effisiensi yang belum pernah ada. Pembangunan perkeretaapian dan jalan raya kecepatan tinggi, dengan China sebagai pusatnya, sudah menjalar ke daratan Eropa dan Asia, menjadi “Silk Road / jalan sutra” baru.

China telah membangun KA cepat untuk daerah yang iklim dan kondisi alam berbeda :
■ ada yang melewati suhu minus 40 derajat di jalur Harbin-Dalian,
■ ada yang melewati daerah angin topan di seputar Pulau Hainan,
■ ada yang melalui daerah angin kencang & Gurun Gobi dijalur Lan Zhou – Xin Jiang,
■ ada yang panjang trowongan dibawah tanah, melebihi separuh total panjang keseluruhan di jalur Gue Zhou – Guang Zhou, yang terkenal dengan sebutan Super Subway.
Pembangunan KA cepat diberbagai daerah yg iklim dan kondisi alam yang berbeda ini, telah menghimpun teknologi dan pengalaman yang berharga bagi pembangunan KA cepat di dunia.

Pada tahun 2005, delegasi teknisi China saat hadir di seminar KA cepat Amerika Serikat, tidak diperhatikan, orang hanya focus pada Siemens dan lain-lain perusahaan besar. Tahun 2014 delegasi China ke Amerika Serikat dalam rangka promosi KA cepat, penerimaannya sudah sangat berbeda. Personil AS mendampingi terus, ingin tahu teknologi KA cepat China.

China benar-benar hebat :
Delegasi Rusia ingin tahu jalur Harbin – Dalien, yang suhunya sangat rendah,
Delegasi dari negara tropis ingin tahu KA cepat di pulau Hainan.
Delegasi dari Negara Arab ingin tahu jalur Lan Zhou – Xin jiang yang melewati daerah angin kencang dan padang pasir.
Kalau ingin tahu KA yang melewati daerah pegunungan, bisa lihat jalur Zhen Zhou – Xi Ning dan jalur Gue Chou – Guang Chou.
Kalau ingin tahu KA yang menelusuri pantai, bisa lihat jalur Beijing – Shanghai.
China selalu siap KA cepat yang Anda inginkan, dan ada versi yang tepat untuk Anda, hey hey hey …….
Dunia maya AS tercengang, rakyat di seluruh negeri China percaya dan sangat mencintai insinyur yang serba bisa.

Artikle mengeluh, sekarang kita lihat proyek Boston, karena keserakahan serikat kerja, sehingga anggarannya membengkak sampai 350%, terpaksa proyek tertunda lebih dari 20 tahun, inilah efisiensi arsitektur Partai Demokrat AS. Teknisi AS mengatakan kepada Myanmar, pembangunan jalan disana butuh banyak uang dan mkn waktu 10 tahun baru selesai. Kemudian proyek dikerjakan China dengan dana yang sedikit dan 1 tahun selesai dibangun.
California masih menunggu rencana jalur KA cepat Los Angeles ke San Francisco yg sedang dikaji, sudah makan waktu 4 th, kalau proyek ini diserahkan orang China, sudah selesai.
Di Vermont rencana ring road telah tertunda selama 30 tahun.
Sebetulnya apa dari Amerika Serikat yang lebih unggul dari China ?

Seorang pengguna dunia maya AS mengatakan, pernah 2 kali naik KA cepat di China, masing-masing sekitar satu jam, kecepatan 200 mph, tarif sekitar $ 20, sangat nyaman, lebih baik dari pesawat, ruang gerbong yang besar, tidak ada masalah keamanan.
Kalau bicara kereta bawah tanah / Subway China, total panjangnya mendekati gabungan Negara-ngara lain di dunia, terpanjang di dunia. Sampai batas th 2013, di China ada 44 kota yang memiliki & sedang dibangun Subway, sedangkan di AS hanya 15 kota, Jepang dan Jerman total 10 kota, Rusia dan Italia total 7 kota, Korea Selatan, Perancis dan Brasil total 6 kota, India dan Inggris total 3 kota. Dari sini bisa terlihat sekilas kesenjangan dan laju pembangunan.

Dunia maya dari Taiwan mengungkapkan : Taipei mau bangun jalur kereta bawah tanah sepanjang 51 km, yg menghubungkan bandara Taoyuan, dimulai tahun 1996, sampai 2015 belum jadi. Inilah akibat system pergantian partai berkuasa di Taiwan, sehingga effisiensi sangat rendah, selama periode ini terjadi 13 kali pergantian Menteri Transportasi.
Tetapi pada masa yang sama, dari 1996-2015, hampir 20 tahun, di Beijing – Shanghai telah dibangun lebih dari 10 jalur kereta bawah tanah, seluruh China telah dibangun jaringan jalan bebas hambatan dan KA cepat terbesar di dunia.

Disini terlihat dengan nyata bahwa dari 2 sistem pemerintahan, effisiensi dari 2 keputusan, menghasilkan 2 macam perkembangan.
System demokrasi ala Barat dimana partai politik bersaing untuk berkuasa, hanya memperjuangkan kepentingan partai, pemerintah dipimpin orang-orang yang bukan ahli dibidangnya, kelemahan ini terbuka di mata umum.

Pengguna dunia maya AS memuji kota Wuhan, China. November th 2012, jalur KA dibawah tanah kedua di Wuhan mulai dikerjakan, lewat bawah sungai, sangat menarik. Mereka percaya bahwa jalur metro Wuhan yang menyeberang di bawah sungai Yangtze ini, merupakan rekor cukup menakjubkan, menciptakan era baru manusia dalam membangun kereta bawah tanah.
Diatas dasar ini, pembangunan terowongan kereta bawah tanah kota Nanjing, yang terdalam 58 meter di bawah Sungai Yangtze, total panjangnya 3600 meter, memecahkan rekor di Wuhan. Semua ini menunjukkan bahwa, selain mampu membangun jembatan,v China telah menguasai sarana bagaimana melewati sungai. Terowongan masa depan, jembatan besar dan feri, merupakan 3 dimensi cara manusia menguasai lalu lintas sungai.

Di bidang infrastruktur, China menjadi simbol dari efisiensi tinggi dan keberanian menciptakan inovasi baru.