Your Best Life Now

Koleksi Kutipan Orang-orang Ternama
Rahasia dari Kebahagiaan

Tuhan menginginkan Anda untuk menjalani kehidupan dengan potensi maksimal Anda tanpa kompromi. Ambilah manfaat dari kesempatan yang disediakan setiap hari, dan ijinkanlah Tuhan membuat hari ini sebagai Kehidupan Terbaik Anda Sekarang!

Jangan beranggap bahwa Anda telah mencapai puncak, bahwa Anda telah mencapai batas kehidupan Anda, dan bahwa Anda tidak akan pernah lebih sukses. Jangan katakana Aku tidak akan pernah mencapai apa yang berarti, melakukan sesuatu yang penting, atau menikmati hal-hal baik dalam kehidupan yang telah kusaksikan dinikmati orang lain. Sedihnya, Anda memang benar… kecuali Anda mau mengubah cara berpikir Anda.  ( Joel Osteen )

Seseorang pernah berkata, “ Tidak ada yang baik yang pernah terjadi padaku. Aku tidak melihat bagaimana pernikahanku dapat dipulihkan. Kami selalu mempunyai masalah. ” Cara berpikir seperti itu akan mencegah Anda menerima hal-hal baik yang Tuhan ingin curahkan ke dalam kehidupan Anda. Sikap yang buruk akan menghalangi aliran yang baik. Berhentilah untuk tinggal dalam pikiran-pikiran negatif dan merusak yang menahan Anda dalma situasi membosankan. Kehidupan Anda tidak akan berubah sebelum Anda lebih dahulu mengubah cara berpikir Anda.

Mungkin Tuhan sedang berbicara kepada Anda, dengan berusaha memindahkan Anda ke suatu tingkat yang lebih tinggi. Ia telah menaruh orang-orang dalam kehidupan Anda sebagai teladan untuk memberikan inspirasi kepada Anda. Saat Anda menyaksikan keberhasilan, sukacita, dan kemenangan mereka, sesuatu dalam diri Anda seharusnya berkata, “ Ya, Tuhan! Aku tahu Engkau dapat memberkatiku dalam cara  yang sama. Aku tahu aku dapat naik ke ketinggian baru itu. ”

Anda mungkin telah lama sakit, tetapi inilah saatnya bagi Anda untuk sembuh. Anda mungkin terikat oleh berbagai kecanduan, berbagai kebiasaan buruk, tetapi inilah saatnya untuk dibebaskan. Anda mungkin sedang bergumul dalam hal keuangan, dalam berbagai macam utang, tetapi inilah saatnya untuk promosi. Tuhan berkata, “ Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya?”

Kita harus melenyapkan mentalitas pas – pasan. “ Tuhan, jika Engkau mau memberikan kepadaku kenaikan gaji, kukira aku akan berhasil melewati tahun ini. ” “ Tuhan, jika Engkau mau menolongku bertahan dalam pernikahan ini ….” “ Tuhan, yang kubutuhkan hanyalah sedikit kebahagiaan. “ Singkirkanlah cara berpikir sempit dalam mulailah berpikir dengan cara Tuhan. Pikirkanlah hal-hal besar. Pikirkanlah peningkatan dan kelimpahan. Pikirkanlah lebih dari cukup.

Kehidupan Anda akan mengikuti pengharapan- pengharapan Anda. Anda harus mengubah cara berpikir Anda sebelum Anda dapat mengubah kehidupan Anda. Itu tidak akan terjadi secara otomatis. “ Arahkanlah pikiran Anda pada hal-hal yang lebih tinggi. “ Harapkanlah keadaan-keadaan berubah sesuai keinginan Anda. Harapkanlah orang lain untuk datang menolong Anda. Harapkanlah untuk berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat.

Tidak peduli apa yang tersimpan hari ini, sebagai seorang percaya, Anda dapat menjalani hari ini dengan berani dan yakin. Mengapa ? Karena Tuhan menyertai Anda, dan di dalam Dia, tersedia apa yang Anda butuhkan. Itu berarti, jika Anda membutuhkan hikmat, kekuatan, sukacita, atau damai sejahtera, semua itu beserta Anda. Anda harus yakin karena semua kebutuhan Anda di cukupi secara rohani, jasmnai dan emosional. Tuha juga telah berjanji untuk tidak pernah meninggalkan Anda. Jangan izinkan kebohongan musuh atau tekanan dari dunia mencegah Anda untuk mendapatkan apa yang Tuhan sediakan. Bukalah hati Anda oleh iman dan terimalah segala sesuatu yang Anda butuhkan hari ini.

Anda harus melihat melalui “ mata iman “ dan mulailah melihat diri sendiri sebagai orang berbahagia, sehat, dan pulih. Itu berarti bahkan saat Anda tergoda untuk putus asa atau depresi, Anda harus mendorong diri sendiri dengan berdoa, “ Hari ini dapat menjadi hari Engkau memulihkan pernikahanku. Hari ini bisa menjadi hari Engkau membawa pulang anak-anakku. Hari ini mungkin adalah hari bisnisku mulai maju berlipat ganda. Hari ini mungkin hari aku menyaksikan mukjizatku.”

Banyak orang merusak pengharapan-pengharapan mereka dengan komentar-komentar negative. Anda mengenal tipe itu : “ Yah, tidak ada yang baik yang akan terjadi padaku.” “ Aku mungkin dianggap gagal total; Aku begitu banyak utang dan tagihan, sehingga aku tidak dapat melihat pilihan lain . ” “ Aku tidak bisa melihat kemungkinan menjadi bahagia lagi. Aku baru saja mengalami begitu banyak rasa sakit dalam kehidupan. ” Hindarilah pernyataan – pernyataan seperti itu karena perkataan dan tindakan Anda akan mengikuti pengharapan – pengharapan Anda.

Mungkin Anda juga perlu mengubah lingkungan Anda. Berhentilah merasa kasihan pada diri sendiri. Berhentilah khawatir tentang tidak adanya sesuatu pun yang akan semakin baik dalam kehiudpan Anda. Sebaliknya, pergilah mencari tempat di mana Anda dapat bermimpi. Mungkin sepanjang tepi sungai atau di sebuah taman kota. Carilah sebuah tempat di mana Anda berani mengimpikan impian-impian besar; suatu tempat di mana iman Anda akan dinaikkan.

Apa yang akan Anda terima berkaitan langsung dengan bagaimana Anda percaya dan apa yang Anda harapkan. Jika Anda ingin Tuhan melakukan hal yang luas biasa, Anda harus mulai mempercayai-Nya untuk hal-hal yang lebih besar. Anda mungkin berpikir, Aku hanya akan mengerjakan pekerjaan yang sama, pada kedudukan yang sama, seumur hidupku. Lagi pula, hanya inilah pekerjaan yang kuketahui. Berhentilah membatasi Tuhan.

Jangan pernah merasa puas dengan tempat Anda berada sekarang. Mungkin Anda berasal dari sebuah kerluarga yang tidak mempunyai banyak harta. Atau mungkin Anda berasal dari sebuah keluarga yang sangat kaya, bermartabat, dan berkedudukan tinggi. Tidak peduli dari mana Anda berasal, Anda dapat mengalami lebih banyak disbanding generasi yang mendahului Anda. Mungkin Anda berasal dari suatu garis keturunan yang bercerai, gagal, depresi, biasa-biasa saja, atau masalah pribadi atau masalah keluarga lain. Anda perlu mengatakan, “ Sudah cukup .”

Jika Anda mau menerobos penghalang-penghalang dalam pikiran Anda dan mulai melangkah dalam iman, Anda akan berjalan melampaui penghalang-penghalang itu, dan hal yang sama akan terjadi dalam keluarga Anda. Anak-anak, cucu-cucu, dan generasi masa depan Anda akan melanjutkan perlombaan melampaui penghalang-penghalang itu. Mereka akan terus berjalan lebih jauh lagi disbanding yang pernah dibayangkan orang. Dan itu akan terjadi karena Anda mau melangkah dalam iman, menetapkan sebuah standar baru, dengan merintis jalan untuk generasi yang akan datang.

Apakah hari ini Anda dalam penjara emosional ? jika Anda tidak real mengampuni atau memendam kepahitan terhadap seseorang yang telah berbuat salah kepada Anda, enath itu lima, sepuluh atau tiga puluh tahun lalu itu adalah sebuah penjara emosional. Tuhan berjanji, jika Anda keluar dari penjara itu dan menjadi seorang tahanan pengharapan, Ia akan memulihkan dua kali  lipat atas masalah Anda! Saat Anda menjadi tahanan pengharapan, ANda tidak dapat berhenti berharap. “ Itu tampak mustahil, tetapi aku tahu Tuhan dapat melakukan yang mustahil. Pada waktunya aku akan menuai jika aku tidak menyerah!”Yakinlah bahwa Anda akan menerima dua kali lipat damai sejahtera, sukacita dan kemenangan hari ini!

Kita sering kali menetapkan standar-standar kita terlalu rendah: “ kukira inilah yang terbaik yang dapat kami harapkan. “ Itu bukan gaya hidup yang Tuhan maksudkan bagi Anda. Jangan biarkan seorang pun menyakinkan Anda bahwa Tuhan menginginkan Anda menjalani kehidupan yang biasa-biasa. “ Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri.” Betapa penuh kuasanya gambaran kehendak Tuhan bagi Anda.

Tuhan akan menolong Anda mematahkan kututk dalam keluarga Anda, tetapi diperlukan ketabahan dan kemauan untuk berubah. Anda harus mengubah cara berpikir Anda dan mulai mempercayai Tuhan untuk hal-hal yang lebih baik. Sikap Anda seharusnya: aku dengan tegas menyatakan bahwa kami lebih dari sekadar pemenang. Ia yang berada di pihak kami lebih besar dari yang ada di dunia ini. Kami bukan lagi sebagai korban. Kami adalah pemenang. Kami diberkati dan kami tidak dapat dikutuk.

Kita tidak boleh sombong dengan cara apa pun, dengan berpikir bahwa kita lebih baik dari orang lain, bahwa semua orang berutang budi pada kita atau harus hormat kepada kita. Tetapi sebagai anak-anak Tuhan kita dapat hiup dengan keyakinan dan ketegasan, dengan mengharapkan hal-hal baik. Kita dapat mengharapkan perlakuan instimewa, bukan karena siapa kita, melainkan karena milik siapa kita sebenarnya. Kita dapat mengharapkan orang lain untuk mau menolong kita.

Kita menerima kemurahan bukan karena siapa atau apa kita sebenarnya. Bukan karena kita adalah seseorang yang istimewa atas dasar kebaikan kit sendiri, atau karena kita layak diperlakukan seperti itu. Juga bukan karena kita lebih baik dari orang lain. Tidak, Anda akan sering menerima perlakukan istimewa hanya karena Anda adalah Raja segala raja, dan kemuliaan serta hormat-Nya tercurah ke atas Anda.

Setiap pagi seblumn Anda meninggalkan rumah. Katakanlah seperti ini: Aku bersyukur karena aku mendapatkan karunia-Mu. Karunia-Mu sedang membukakan pintu-pintu kesempatan. Kasih karunia-Mu sedang membuat orang lain ingin menolongku.” Kemudian keluarlah dengan keyakinan, dengan mengharapkan hal-hal baik terjadi, dengan mengharapkan pintu-pintu terbuka bagi Anda yang mungkin tidak terbuka bagi orang lain, dengan mengetahui bahwa Anda mempunyai suatu keuntungan. Ada sesuatu yang istimewa tentang Anda.

Saya tahu Tuhan mengerti apa yang paling menguntungkan saya, sehingga ia sedang bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi saya. Sauatu penundaan mungkin menyelamatkan saya dari kecelakaan atau mungkin menyebabkan saya bertemu seseorang yang memerlukan dorongan. Tidak peduli apa yang sedang atau tidak terjadi, tetaplah percaya akan kemurahan Tuhan dalam kehidupan Anda. Jangan pasif. Anda harus melakukan bagian Anda, dan Tuhan akan melakukan bagian-Nya. Dan Anda akan mempunyai segala sesuatu yang Anda butuhkan.

Jangan izinkan musuh menggali masa lalu Anda atau membuat Anda merasa bersalah atas apa terjadi di masa lalu, atau bahkan kemarin. Musuh itu disebut “ pendakwa saudara-saudara”, dan ia bekerja lembur untuk menjatuhkan Anda dengan tuduhan-tuduhan palsu. Yakinlah, Tuhan tidak mengingat masa lalu Anda. Dan, jika musuh mengingatkan masa lalu Anda, nyatakanlah bahwa Anda telah bebas dari penghukuman.

Anda mungkin berkata, “ Itu kedengaran bagus, tetapi engkau tidak mengetahui kesalahan-kesalahan yang telah kulakukan.  Aku tidak dapat membayangkan Tuhan ingin memberkatiku seperti itu. “ Anda benar. Itu tidak akan terjadi – kecuali Anda mengubah cara berpikir Anda. Mulailah mengharapkan kebaikan Tuhan memenuhi kehidupan Anda dengan cara-cara yang baru. Kita semua telah membuat kesalahan dan harus meminta pengampunan. Tuhan masih ingin mencurahkan belas kasih-Nya ke dalam kehidupan Anda, melakukan hal-hal besar melalui dan bagi Anda.

Seluruh bumi akan dihancurkan, dan Tuhan memberikan kepadanya tugas yang sangat besar untuk membangun sebuah bahtera yang sangat besar, belum lagi mengumpulkan binatang-binatang. Tidak diragukan lagi, Nuh tergoda untuk putus asa. Tetapi mengagumkan, ia mendapatkan kasih karunia Tuhan. Tuhan menolongnya, dan ia sanggup membangun bahtera itu untuk menyelamatkan keluarganya, hewan-hewan, dan dirinya sendiri.

Yusuf adalah seorang yang mendapatkan belas kasihan Tuhan dalam kesukaran. Ia dijual ke dalam perbudakan di Mesir, diperlakukan tidak adil, dan dirugikan. Tetapi “ TUHAN…. Melimpahkan kasih setia-NYa kepadanya.” Tidak peduli apa pun yang dilakukan orang lain terhadapnya, ia terus maju. Belas kasihan Tuhan akhirnya membuatnya dilepaskan dan ia diberikan tanggung jawab atas urusan pertanian Mesir.

Saat keadaan Ayub tampak paling suram dan tidak berpengharapan, ia  menengadah dan menyatakan, “ Hidup dan kasih setia kau karuniakan kepadaku.” Itulah iman sejati. Ayub sedang berkata, “ Tuhan, aku tidak peduli bagaimanapun keadaanku. Aku tidak peduli seberapa buruk perasaanku. Aku tahu Engkau adalah Tuhan yang baik. Dan kemurahan-Mu akan mengubah keadaan ini.” Apakah mengherankan jika Tuhan mengembalikan kepada Ayub dua kali lipat apa yang ia miliki sebelumnya?.

Jangan menyerah. Anda mungkin tidak sanggup melihatnya sekarang. Segala sesuatu mungkin tidak tampak baik, tetapi kabarnya baiknya adalah bahwa jika Anda tetap mengharapkan dan menyatakannya, belas kasihan Tuhan akan datang. Belas kasihan Tuhan akan memampukan Anda mengatasi masalah-masalah Anda. Tidak peduli apa pun keadaan Anda, teruslah dengan tegas menyatakan, “ Tuhan, aku tahu bahwa kemurahan-Mu sedang mendatangiku.”

Ingatlah, Tuhan sedang dalam proses mengubah Anda. Dan jika Anda bahagia dengan jati diri yang Tuhan ciptakan dan membuat keputusan bahwa Anda akan berusaha menjadi yang terbaik, Tuhan akan mencurahkan kemurahan-Nya dalam kehidupan Anda, dan Anda akan menjalani kehidupan yang berkemenangan yang Ia sediakan bagi Anda.

Anda bisa menjadi berkat bagi orang lain. Ia ingin bekerja melalui Anda untuk menunjukkan kasih dan belas kasihan-Nya. Ayat ini memberitahukan kita bahwa kasih bukan hanya tentang perkataan atau pikiran, tetapi tindakan kita. Carilah cara-cara untuk mewujudkan kasih Anda ke dalam tindakan. Taburkanlah benih-benih kasih yang baik dengan memenuhi kebutuhan orang lain. Tuhan berjanji bahwa benih-benih itu pada saatnya akan menghasilkan tuaian yang melimpah dalam kehidupan Anda!

Orang-orang yang memandang diri mereka seperti Tuhan memandang mereka dapat dengan jujur berkata, “ Terima kasih karena engkau telah menciptakanku seperti cara-Mu. Aku tahu engkau memiliki suatu maksud dan rencana bagiku, dan aku lebih suka menjadi diriku sendiri daripada orang lain. Engkau telah berjanji bahwa engkau mempunyai hal-hal baik yang tersedia bagiku, dan aku tidak dapat menunggu untuk menemukannya!”

Apakah ada seseorang yang berbuat salah atau melukai Anda? Mungkin itu disengaja, atau bahkan mereka tidak mengetahui telah melukai Anda. Tidak peduli apa pun keadaannya, kita dipanggil untuk mengampuni. Saat kita mengampuni, kita mengejar kasih, dan Tuhan adalah kasih. Jika kita tidak mengampuni, kita berpaling kea rah yang berlawanan – menjauh dari Tuhan. Pengampunan membuka pintu supaya Anda dapat bebas! Pengampunan adalah menyerahkan pengharapan demi masa lampau yang lebih baik. Lupakanlah masa lalu itu dan pandanglah ke masa depan. Kejarlah kasih dengan memilih pengampunan. Majulan dan izinkan Tuhan menjadi Pembela Anda.

Tuhan memandang Anda sebagai seorang pemenang. Ia percaya kepada Anda bahkan lebih dari Anda mempercayai diri Anda sendiri! Sering kali, kita merasakan Tuhan memberitahukan kepada kita bahwa Ia ingin kita melakukan sesuatu yang besar. Tetapi karena citra diri yang buruk, kita berkata, “ Tuhan, Aku tidak dapat melakukannya. Aku bukan siapa-siapa. Engkau harus mencari orang lain yang lebih memenuhi syarat, seseorang yang lebih berpendidikan. Tuhan, aku tidak mempunyai apa yang diperlukan.”

Perhatikanlah firman Tuhan tidak berkata, “ Iman timbul dari mendengarkan firman Tuhan sekali waktu. “ Firman Tuhan dapat mengubah Anda dalam sekejap, tetapi kebanyakan kita perlu mendengarkan prinsip Tuhan berulang kali sebelum semua itu menjadi aktif dalam kehidupan kita. Seperti halnya sebuah benih membutuhkan air setiap hari untuk bertumbuh, roh Anda membutuhkan firman Tuhan setiap hari. Semakin sering Anda mendengarkan janji-janji Tuhan, semakin Anda mengenal-Nya, semakin Anda dapat mempercayai-Nya! Saya mendorong Anda hari ini untuk memilih beberapa ayat untuk direnungkan setiap hari. Tuliskanlah dan bawalah ini dalam dompet Anda. Semakin Anda mendengarkan firman Tuhan, iman Anda akan semakin bertumbuh, dan Anda akan maju terus ke dalam kehidupan yang berkemenangan yang Tuhan siapkan bagi Anda!

Firman Tuhan menyatakan bahwa ia selalu membuat kita menang. Ia mengharapkan kita hidup berkemenangan. Ia tidak suka saat kita bermuram durja dengan sikap “ mengasihani diri sendiri “. Saat Anda melakukannya, Anda sedang mengizinkan citra diri Anda dibentuk oleh konsep-konsep yang tidak bertentangan dengan pendapat Tuhan tentang Anda.

Anda mungkin terkejut jika Anda benar-benar memahami seberapa besarnya Tuhan ingin memberkati Anda. Tuhan ingin Anda mencapai hal-hal besar dalam kehidupan. Ia ingin Anda meninggalkan tanda di dunia ini. Ia menaruh pontensi, karunia, dan bakat yang luar biasa dalam diri Anda, siap untuk dipakai saat Anda mulai memandang diri Anda seperti Tuhan memandang Anda, melangkah dalam iman dan bertindak sesuai impian-impian serta keinginan-keinginan yang telah ditaruh-Nya dalam hati Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk menerima diri sendiri dan belajar menyukai jati diri yang Tuhan ciptakan. Jika Anda ingin benar-benar menikmati kehidupan, Anda harus berdamai dengan diri sendiri. Jika Anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan diri sendiri, Anda tidak akan pernah bisa menyesuaikan diri dengan orang lain. Tempat untuk memulai adalah berbahagia sebagaimana Tuhan telah menciptakan Anda.

Anda mungkin tidak sempurna – tak seorang pun sempurna! Tetapi untuk benar-benar bebas, Anda harus mempunyai rasa hormat pada diri sendiri walaupun ada “ ketidaksempurnaan” itu. Beberapa orang selalu merendahkan diri mereka sendiri. Jangan begitu keras pada diri sendiri! Tentu saja, mungkin ada beberapa hal dalam kehidupan Anda yang tidak Anda sukai; Anda mungkin mempunyai beberapa kebiasaan yang perlu Anda patahkan. Tetapi ingatlah, Tuhan belum selesai dengan Anda.

Jangan biarkan orang lain, system, atau keadaan lain mempengaruhi gambaran Anda tentang nilai Anda. Anda mungkin telah mengalami pengalaman traumatis yang menyakitkan saat seseorang memperlakukan Anda tidak benar, mengambil keuntungan dari Anda, dan menolak Anda. Mungkin Anda bahkan telah menyakinkan diri Anda bahwa hal-hal negative yang terjadi pada masa lalu Anda seluruhnya adalah kesalahan Anda, bahwa Anda tidak layak menerima apa pun selain sakit hati, penderitaan, rasa bersalah, dan penghukuman. Sahabatku, kebenaran itu akan terbukti.

Tuhan mengetahui nilai Anda; Ia melihat potensi Anda. Ia selalu menegaskan nilai Anda. Anda adalah harta-Nya yang sangat berharga. Tidak peduli apa pun yang Anda alami dalam kehidupan, tidak peduli betapapun besarnya kekecewaan yang Anda alami, nilai Anda di mata Tuhan tetap sama. Anda akan selalu menjadi biji mata-Nya. Ia tidak akan pernah menyerah untuk Anda, jadi jangan menyerah untuk diri Anda sendiri.

Tuhan melihat hati Anda! Kita dapat membodohi banyak orang, tetapi kita tidak dapat membodohi-Nya. Tuhan lebih menginginkan kita terbuka dan jujur daripada kita hidup penuh dengan berpura-pura atau mengenakan topeng. Periksalah apa yang sedang terjadi di dalam diri Anda. Apakah Anda merasakan damai sejahtera? APakah Anda mengabaikan luka hati Anda? Apakah hati dan tindakan Anda selaras? Jika tidak, berserahlah kepada Tuhan dan mintalah Dia memberikan kepada Anda  hati yang tidak bercabang supaya Anda dapat menyukakan hati-Nya di sepanjang kehidupan Anda!

“ Jadilah apa yang engkau percayai!” Betapa penuh kuasanya pernyataan itu! Apakah yang Anda percayai ? Apakah Anda percaya untuk naik lebih tinggi dalam kehidupan, naik melampaui penghalang-penghalang Anda, hidup dalam kesehatan, kelimpahan, kesembuhan, dan kemenangan? Anda akan menjadi apa yang Anda percayai. Sebenarnya, saya menjadi seperti hari ini karena apa yang saya percayai tentang diri saya sendiri kemarin. Dan besok saya akan menjadi apa yang saya percayai tentang diri saya sendiri sekarang.

Jika Anda mau menjaga sikap yang benar, Tuhan akan mengambil semua kekecewaan, impian yang hancur, rasa sakit dan penderitaan Anda, dan Ia akan mengubah semua masalah dan kesedihan yang telah menyiksa Anda, dan Ia akan emngembalikan kepada Anda dua kali lipat lebih banyak damai sejahtera, sukacita, kebahagiaan, dan keberhasilan. Jika Anda mau percaya, dan jika Anda mau menaruh kepercayaan serta keyakinan Anda dalam Tuhan. Ia akan memberikan kepada Anda dua kali lipat untuk masalah Anda.

Saat masa-masa sukar tiba atau segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda, tetaplah naikkan keyakinan Anda. Saat keputusasaan datang atau saat orang memberitahukan Anda bahwa impian-impian Anda tidak akan pernah terwujud, bahwa Anda tidak akan pernah bahagia, dan bahwa Anda tidak pernah dapat berubah, dengan tegas ingatkanlah diri Anda tentang siapa yang sedang bekerja dalam kehidupan Anda.

Firman Tuhan berkata, “ Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanay itu”. Berkata saat Anda telah melakukan segalanya yang Anda tahu, tetaplah berdiri teguh. Anda harus memperlihatkan kepada musuh Anda bahwa Anda lebih bertekad dibanding dia. Teruslah melakukan perjuangan iman yang baik. Jika Anda melakukannya, Tuhan berjanji membawa Anda keluar sebagai pemenang.

Iman berhubungan dengan dunia yang tidak tampak. Anda mungkin tidak sanggup melihat apa pun yang positif sedang terjadi dalam kehidupan Anda dengan mata jasmani Anda. Anda mungkin mempunyai banyak masalah , dan dalam dunia alami, tidak tampak seolah-olah segala sesuatu sedang berubah. Tetapi jangan putus asa. Lihatlah ke dalam dunia yang tidak tampak itu, ke dalam dunia yang tidak tampak itu, ke dalam dunia supernatural itu, dan melalui mata iman Anda, lihatlah keadaan itu berubah. Lihatlah sukacita dan damai sejahtera Anda dikembalikan.

Terlalu sering seperti Sara, kita menunda janji Tuhan. Kita menunda belas kasih-Nya karena cara berpikir kita yang terbatas. Keadaan hati kita tidak benar. Kita penuh dengan kebimbangan dan ketidakpercayaan. Jika kita tidak mengubah cara berpikir kita. Kita akan menjalani seluruh masa kehidupan dengan kehilangan hal-hal besar yang Tuhan sediakan bagi kita.

Tuhan telah menetapkan masa-masa dalam kehidupan Anda. Ia memiliki suatu rencana yang lebih baik. Di dalam Kerajaan Allah, setiap musim bukanlah musim penuaian. Ada musim membajak, musim menanam, dan musim mengairi, dan tentu saja, kita senang jika setiap musim terjadi peningkatan, tetapi tanpa musim-musim lainnya, kita tidak akan dipersiapkan. Musim membajak adalah saat Tuhan menerangi masalah-masalah yang perlu kita selesaikan. Ia mempersiapkan kita untuk bertumbuh. Jika Anda tidak maju seperti yang Anda harapkan, kuncinya adalah jangan memperlambat langkah Anda. Jangan mundur, Jagalah sikap iman dan pengharapan Anda, walaupun saat itu sulit. Teruslah membajak dengan mengucapkan firman setiap hari. Tuhan berjanji saatnya bagi Anda akan tiba!.

Inilah saatnya untuk masuk dalam perjamuan Tuhan. Tuhan telah mempersiapkan perjamuan yang lezat bagi Anda, lengkap dengan satiap hal baik yang dapat dibayangkan. Dan itu telah dibahar. Tuhan mempunyai semua yang Anda perlukan di sana – sukacita, pengampunan, pemulihan, damai sejahtera, kesembuhan – semua itu sedang menunggu Anda di meja perjamuan Tuhan jika Anda mau menarik kursi Anda dan mengambil tempat yang telah Ia sediakan bagi Anda.

Apa yang akan Anda pikirkan jika saya memperkenalkan dua anak kami kepada Anda dan pakaian mereka compang camping, tidak disisir rapi, tidak memakai sepatu, dan kukunya kotor? Kemiskinan anak-anak saya akan merupakan cermin langsung pada saya sebagai ayah mereka. Demikian juga, saat kita menjalani kehidupan dengan mentalitas kemiskinan, itu tidak memuliakan Tuhan. Itu tidak menghormati nama-Nya yang besar. Tuhan tidak senang saat kita terseok-seok menjalani kehidupan. Tuhan senang jika kita mengembangkan cara berpikir makmur.

Sahabatku, apakah Anda ingin membuat Bapa surgawi Anda senang? Mulailah menikmati berkat-berkat-Nya. Anda tidak perlu hidup dalam rasa bersalah dan penghukuman; Anda tidak perlu menjalani kehidupan dengan khawatir dan penuh ketakutan. Harganya telah dibayar. Kebebasan Anda termasuk dalam tiket Anda jika Anda mau berdiri dan mengambil tempat duduk Anda.

Anda dapat berbahagia dengan jati diri Anda sekarang juga dan menerima diri sendiri, kekurangannya dan semua keberadaannya. Banyak di antara kita yang tidak menyadarinya, tetapi akar dari banyak masalah social, jasmani, dan emosional hanyalah kenyataan bahwa orang tidak menyukai dirinya sendiri. Mereka selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain, dengan mengharapkan mereka adalah sesuatu yang berbeda. “ Jika saja aku mempunyai kepribadian seperti dia…” “Jika saja aku kelihatan seperti dia….” Tidak, Anda dapat berbahagia sebagaimana Tuhan telah menciptakan Anda.

Ketika Anda menghadapi keputusan-keputusan yang sukar atau pilihan-pilihan yang tidak pasti, akan sangat menolong bagi Anda untuk meminta nasihat dari seseorang yang Anda hormati. Kita seharusnya selalu terbuka dan mau menerima nasihat. Tetapi setelah Anda berdoa tentang sesuatu dan melihat semua pilihan, dan Anda belum merasakan sesuatu yang baik tentang semua itu, bersikaplah cukup tegas untuk membuat keputusan yang tepat bagi Anda.

Kita seharusnya tidak merasa buruk karena kepribadian, selera, kegmaran, atau bahkan kecenderungan-kecenderungan rohani yang tidak sama dengan orang lain. Beberapa orang sangat bersemangat dan suka bergaul. Beberapa orang suka memakai jas lengkap dan dasi. Beberapa orang menutup mata mereka dan mengankat tangan saat mereka menyembah Tuhan. Dan coba tebak? Tuhan menyukai semuanya! Tuhan menyukai keragaman.

Daud memilih untuk menyerahkan hidupnya ke dalam tangan Tuhan dengan berkata, “ Aku mempercayai Engkau, Tuhan, karena aku tahu Engkau baik – masa hidupku ada di tangan-Mu. ” Apakah Anda rela melepaskan setiap bidang kehidupan ANda kepadanya? Anda mungkin sekarang berada dalam keadaan yang tidak Anda pahami, tetapi yakinlah – Tuhan itu baik, dan Anda dapat mempercayai-Nya. Ia sedang bekerja di balik layar demi Anda. Jika Anda berserah kepada-Nya, Anda akan melihat setiap perubahan demi kebaikan Anda. Saat Anda mempercayai-Nya, ia akan membuka pintu bagi Anda. Tetaplah berdiri teguh dan mempercayakan hidup Anda dalam tangan-Nya.

Kita harus sangat hati-hati, tidak hanya tentang apa yang kita cerna melalu mata dan telinga kita, tetapi juga dengan apa yang kita pikirkan. Jika Anda tinggal dalam pikiran-pikiran yang membuat depresi, Anda akan menjalani kehidupan yang penuh depresi. Jika Anda terus-menerus memikirkan hal-hal negatif, Anda akan menemui orang-orang negatif, kegiatan, filosofi, dan gaya hidup yang negatif. Kehidupan Anda akan selalu mengikuti pikiran Anda. Hampir seperti sebuah magnet, kita tertarik pada apa yang terus menerus kita pikirkan.

Kita dapat memilih apa yang kita pikirkan. Tak seorang pun yang dapat membuat kita memikirkan sesuatu. Tuhan tidak mau mealkukannya, musuh pun tidak dapat melakukannya. Jika Anda melakukan kesalahan dan mulai tinggal di dalamnya. Pikiran tersebut akan mempengaruhi emosi dan sikap Anda, dan jika Anda terus menerus membiarkannya mengendalikan pikiran Anda pikiran itu akan mempengaruhi tindakan-tindakan Anda. Jika Anda terus merenungkan pikiran negative itu, pikiran tersebut akan berpotensi mengurus tenaga dan kekuatan dari dalam diri Anda.

Kita tidak dapat mengabaikan masalah-masalah dan hidup dalam penyangkalan, dengan berpura-pura bahwa tidak ada hal buruk terjadi pada kita. Itu tidak realistis. Hal-hal buruk dapat terjadi pada orang-orang baik, dan hal-hal baik sering terjadi pada orang-orang jahat. Kepura-puraan bukan jawabannya; tidak juga permainan kata-kata untuk membuat diri Anda sendiri kedengaran lebih rohani. Masa-masa sukar mendatangi kita semua Tuhan berkata “ Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.

Banyak orang berkata, “ Yah, segera setelah keadaanku berubah, aku akan bersukacita. Segera setelah aku keluar dari kekacauan ini, aku akan mempunyai sikap yang lebih baik.” Sayangnya, itu tidak akan terjadu. Anda seharusnya melakukan kebalikannya. Anda harus brsukacita lebih dahulu, kemudian Tuhan akan mengubah keadaan Anda. Tuhan berkata, “ Kenakanlah manusia baru. Bermaksud mengatakan,  “ Teruslah diperbarui dalam roh pikiranmu.

Kita harus terus menerus memilih untuk menetapkan pikiran kita pada hal-hal yang lebih tinggi. Tuhan berkata, “ Pikirkanlah perkara yang diatas.” Perhatikanlah sesuatu yang harus kita lakukan – kita harus terus menerus memilih, sepanjang waktu, dua puluh empat jam sehari, untuk menjaga pikiran kita pada hal-hal yang lebih tinggi. Apakah hal-hal yang dari atas, hal-hal yang lebih tinggi? Itu secara sederhana berarti hal-hal positif dari Tuhan.

Saat Anda terhenti di dajaln, Anda dapat memilih untuk marah dan frustrasi, atau Anda dapat memilih untuk berkata, “ Engkau berkata bahwa segala sesuatu bekerja untuk kebaikan orang-orang yang mengasihi Tuhan. Jadi, Aku bersyukur kepada-Mu karena telah menuntun, melindungi, dan menjagaku dalam kehendak-Mu yang sempurna. “ Anda harus membuat suatu pilihan untuk menjaga pikiran Anda terpusat pada hal-hal yang lebih tinggi. Itu tidak akan terjadi dengan sendirinya.

Dimanakah Anda memancangkan kemah Anda? Jika Anda memusatkan perhatian pada apa yang salah, apa yang tidak berhasil, inilah saatnya untuk keluar dari tanah keputusasaan. Keluarlah dari wilayah “ yang tidak akan terjadi “; dari temapt “ aku tak dapat melakukan”, dan meninggalkan “ rumah mengasihani diri “. Pergilah ke tanah pengharapan, iman, dan kerinduan. Anda mungkin tidak tahu bagaimana ke sana, tetapi nilah saatnya mencari tempat baru. Bukalah hati Anda kepada Tuhan dan mintalah Dia mengarahkan pikiran dan pengharapan Anda. Percayalah Tuhan dapat memindahkan Anda dari tanah kekecewaan ke tanah pengharapan!

Siang dan malam, musuh akan memerangi pikiran Anda dengan pikiran-pikiran seperti : Engkau tidak akan pernah berhasil, Tak seorang pun dalam keluargamu pernah mencapai hal yang berarti. Engkau tidak cukup pandai. Orang tuamu miskin. ANda harus terbiasa mempercayai apa yang Tuhan katakana tentang Anda. Tuhan tidak terbatas pada silsilah keluarga Anda. Ia tidak terbatas oleh pendidikan atau kedudukan social. Satu-satunya hal yang membatasi Tuhan adalah kurangnya iman Anda.

Jika Anda dapat menangkap sekilas pandang tentang bagiamana besarnya keyakinan Tuhan terhadap Anda, Anda tidak akan pernah lagi mundur ke dalam sifat rendah diri. Anda akan bangkit. Saat kita mengetahui bahwa seseorang yang kita hormati mempunyai keyakinan terhadap kita, itu sering mengilhami kita untuk mempercayai diri kita sendiri dengan lebih baik. Orang lain yang kita kasihi dan hormati mempercayai kita adalah suatu hal baik, tetapi jika kita memahami seberapa besar Tuhan menyakini kita, tidak ada yang dapat menghentikan kita dari memenuhi tujuan hidup kita.

Emosi – emosi kita hanya menanggapi apa yang kita sedang pikirkan – positif atau negatif. Semuanya hanya mengizinkan untuk merasakan apa yang kita pikirkan. Jika Anda selalu memikirkan pikiran-pikiran sedih sepanjang waktu, Anda akan merasa sedih. Jika Anda selalu memikirkan pikiran-pikiran marah, Anda akan marah. Tetapi jika Anda selalu memikirkan pikiran-pikiran bahagia, pikiran-pikiran bahagia, pikiran-pikiran kemenangan, Anda akan bahagia. Anda akan berkemenangan.

Anda tidak dapat terus menerus sepanjang hari berpikir tentang orang-orang yang telah menyakiti Anda dan semua kesalahan yang telah Anda lakukan, dan mengharapkan untuk menjalani kehidupan bahagia dan positif. Anda harus melepaskan masa lalu dan mulailah tinggal dalam kenyataan bahwa Tuhan mempunyai masa depan yang luar biasa bagi Anda. Ia mempunyai sesuatu yang baru bagi Anda. Mulailah tinggal dalam kenyataan bahwa Tuhan telah menjanjikan akan mengubah keadaan Anda.

Anda mungkin telah mengalami beberapa kemunduran. Akan tetapi, Anda tidak pernah sampai ke jalan buntu. Tuhan selalu mempunyai sesuatu yang baru yang tersedia bagi Anda. Mulailah tinggal dalam solusi itu. Tinggallah dalam kenyataan bahwa Tuhan masih mempunyai rencana besar yang tersedia bagi kehidupan Anda. Saat satu pintu tertutup, Tuhan akan selalu membuka pintu yang lebih besar dan lebih baik. Tetapi Anda harus melakukan bagian Anda dan tetap dalam sikap iman, tetap dipenuhi harapan.

Bila kita selalu khawatir, kecewa, atau dpersei, yang kita benar-benar sedang lakukan hanyalah menunda Tuhan mendatangkan kemenangan. Jika Anda tidak percaya, jika Anda bersikap negatif, resah, khawatir, atau kecewa, perubahan-perubahan adikodrati tidak akan mungkin bagi Anda. Saat Anda sedang mengalami masa sukar dalam kehidupan Anda, Anda seharusnya menjaga sikap positif. Saat Anda mengizinkan diri sendiri jatuh ke dalam sikap negatif adalah saat Tuhan tidak dapat bekerja dalam keadaan itu.

Apakah yang sedang Anda perjuangkan? Apakah Anda sedang mencari Kerajaan Allah – kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita? Saat ini ANda mencari kebenaran, Anda sedang mencari Kerajaan-Nya. Saat Anda mencari damai sejahtera, Anda sedang mencari Kerajaan-Nya. Saat Anda memilih, Anda sedang mencari Kerajaan-Nya. Saat Anda memprioritaskan Kerajaan Allah, segala sesuatu akan diberikan kepada Anda. Sementara Anda melakukannya, Anda akan mengalami kepenuhan dan damai  sejahtera di setiap bidang kehidupan Anda!

Kata-kata kita menjadi nubuatan yang digenapi. Jika Anda mengizinkan pikiran-pkiran Anda mengalahkan Anda dan kemudian melahirkan ide-ide negatif melalui kata-kata Anda, tindakan-tindakan Anda akan mengikuti sesuai dengan kata-kata tersebut. Itulah sebabnya kita perlu sangat hati-hati tentang apa yang kita pikirkan, khususnya tentang apa yang kita katakana. Kata-kata kita mempunyai kuasa yang luas biasa dan entah kita ingin atau tidak, kita akan memberikan kehidupan pada apa yang kita sedang katakana, baik ataupun buruk.

Bangunlah setiap pagi, pandanglah cermin dan katakanlah, “ Aku berharga. Aku dikasihi. Tuhan mempunyai rencana yang luar biasa dalam kehidupanku. Aku mendapatkan kemurahan Tuhan ke mana pun aku pergi. Berkat-berkat Tuhan sedang mengejarku dan merebutku. Segala sesuatu yang kusentuh maju dan berhasil. Aku bergairah tentang masa depanku!” Mulailah mengucapkan kata-kata itu, dan tidak lama kemudian, Anda akan naik ke suatu tingkat kesejahteraan, keberhasilan, dan kemenangan yang baru. Benar-benar ada kuasa dalam kata-kata Anda.

Apapun penghalang Anda, Anda harus berbicara pada penghalang itu. Tuhan berkata, “ Biarlah yang lemah berkata aku kuat. Biarlah yang tertekan berkata aku bebas. Biarlah yang sakit berkata aku sembuh. Biarlah yang miskin berkata aku kaya.” Mulailah menyebut diri Anda sendiri sembuh, bahagia, pulih, diberkati, dan makmur. Berhentilah berbicara kepada Tuhan tentang betapa besarnya penghalang-penghalang Anda, dan mulailah berbicara pada penghalang-penghalang Anda tentang betapa besarnya Tuhan Anda!

Anda dapat menggunakan kata-kata Anda untuk mengubah dunia Anda. Mungkin Anda sedang menghadapi suatu keadaan “ yang tidak berpengharapan”. Jangan menyerah. Tuhan adalah Tuhan yang mengerjakan mukjizat. Ia mengetahui apa yang sedang Anda alami, dan Ia tidak akan membiarkan Anda kecewa. Ia adalah sahabat yang lebih dekat dibanding saudara. Jika Anda mau mempercayai-Nya dan mulai mengucapkan kata-kata iman, keadaaan Anda akan mulai berubah.

Jika Anda selalu berbicara tentang masalah –masalah Anda, jangan terkejut jika Anda hidup dalam kekalahan kekal. Jika Anda terbiasa mengatakan, “ Tidak ada yang baik yang pernah terjadi padaku, “ Tebak, apa yang terjadi? Tidak ada yang baik yang akan terjadi pada Anda! Anda harus berhenti berbicara tentang masalah Anda dan mulailah berbicara tentang jalan keluarnya. Berhentilah mengucapkan kata-kata kekalahan, dan mulailah mengucapkan kata-kata kemenangan. Jangan gunakan kata-kata Anda untuk menggambarkan keadaan Anda; gunakanlah kata-kata Anda untuk mengubah keadaan Anda.

Tetapi Daud memandangnya tepat di mata, dan dengan tekad besar, ia berkata, “ Dengar, Goliat, engkau datang kepadaku dengan sebilah pedang dan sebuah perisai, tetapi aku datang melawanmu dalam nama Tuhan. Itulah jenis kata-kata yang Anda harus ucapkan dalam keadaan sehari-hari Anda, dan khususnya dalam masa-masa krisis dan kesukaran. Berhentilah khawatir dan mengeluh tentang penghalang-penghalang Anda, dan mulailah berbicara padanya.

Kehidupan tidak selalu adil. Tetapi kabar baiknya, kita melayani Tuhan yang adil. Jika Anda tinggal dalam iman dan tidak pahit hati, Ia berjanji akan emmbayar kembali setiap ketidakadilan yang pernah dilakukan terhadap Anda. Dan yang luar biasa, jika Anda bersikap benar dan menantikan Tuhan, Ia tidak hanya membawa Anda keluar dari masalah Anda, tetapi juga menjadikan Anda lebih baik daripada sebelumnya! Berbesarhatilah karena Tuhan sedang bekerja untuk Anda. Pujilah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya karena telah menunjukkan keadilan-Nya dalam kehidupan Anda hari ini!

Jika Anda percaya pada firman Tuhan dan mulai mengucapkannya, menggabungkannya dengan iman Anda, Anda benar-benar menegaskan kebenaran itu dan membuatnya efektif dalam kehidupan Anda. Jika ANda sedang menghadapi penyakit hari ini, Anda seharusnya menegaskan firman Tuhan tentang kesembuhan. Katakanlah sesuatu seperti, aku bersyukur kepada-Mu karena Engkau berjanji kepadaku dalam Mazmur bahwa aku akan hidup dan tidak mati dan aku akan memberitakan perbuatan-perbuatan Tuhan. “ Sementara Anda dengan tegas menyatakannya, Anda sedang menegaskan kebenaran itu dalam kehidupan Anda sendiri.

Anda tidak dapat berbicara negatif tentang seseorang di satu pihak, kemudian berpaling dan mengharapkan orang tersebut diberkati. Jika Anda ingin putra-putri Anda menjadi produktif dan berhasil, Anda perlu mulai menyatakan kata-kata kehidupan atas anak-anak Anda daripada ramalan-ramalan malapetaka dan keputusasaan. Firman Tuhan mengingkatkan kita bahwa kata-kata kita dapat memberkati atau sebaliknya menguruki mereka.

Suatu berkat bukanlah berkat sebelum diucapkan. Anak-anak Anda mungkin bertumbuh dan pergi, tetapi itu seharusnya tidak menghentikan Anda mengangkat telepon untuk menelepon dan mendukung mereka, memberitahukan mereka bahwa Anda bangga atas mereka. Mungkin Anda tidak berhasil memberkati anak-anak Anda sementara mereka bertumbuh. Ini belum terlambat. Mulailah melakukannya sekarang.

Kita seharusnya tidak pernah mengucapkan kata-kata negative yang menghancurkan kepada siapa pun,  khususnya kepada orang-orang yang atasnya kita mempunyai otoritas atau pengaruh. Tuhan akan meminta pertanggungjawaban atas apa yang Anda katakana kepada orang-orang di bawah otoritas Anda, dan Ia akan menghakimi Anda dengan sebuah standar yang lebih keras. Anda seharusnya berusaha sekeras mungkin untuk mengucapkan kata-kata positif yang membangun dan mendorong.

Saya menyatakan bahwa Anda diberkati dengan keberhasilan, dengan kekuatan adikodrati, dengan promosi, dan dengan perlindungan ilahhi. Saya menyatakan bahwa Anda diberkati dengan hati yang taat dan dengan pandangan positif pada kehidupan. Saya menyatakan bahwa kutuk apa pun yang pernah diucapkan atas Anda, kata-kata negatif apa pun yang pernah diucapkan atas Anda, dipatahkan sekarang juga. Saya menyatakan bahwa segala sesuatu yang Anda kerjakan akan maju dan berhasil.

Anda mungkin mempunyai alasan-alasan yang sah untuk merasa seperti itu, anda mungkin telah melewati hal-hal yang tidak layak diterima dalam kehidupan. Saya tidak bermaksud merendahkan pengalaman-pengalaman menyedihkan itu, tetapi jika Anda ingin hidup dalam kemenangan, Anda tidak dapat menggunakan luka-luka emosional masa lalu sebagai alasan untuk membuat pilihan-pilihan buruk sekarang. Anda tidak bisa menggunakan masa lalu Anda sebagai dalih untuk sikap buruk Anda sekarang, atau sebagai alasan untuk tidak bersedia mengampuni seseorang.

Mengidamkan sesuatu bisa dipicu olah apa saja. Anda mungkin melihat iklan burger, dan itu memunculkan gambaran dalam pikiran Anda, berulang kali, sampai Anda mencari burger yang Anda idamkan itu! Hasrat rohani juga bekerja dengan cara yang sama. Saat Anda memusatkan perhatian pada Tuhan dan merenungkan firman-Nya, itu mulai mengubah keinginan Anda. Kelaparan rohani akan berkembang menjadi sesuatu yang Anda idamkan. Jika secara rohani Anda lapar, mulailah memusatkan hati Anda lebih dalam lagi kepada Tuhan dan firman-Nya. Saat Anda menginginkan-Nya dan menaati perintah-Nya, Anda akan hidup bahagia dan kehidupan Anda diberkati-Nya!

Saat beberapa orang melihat pengalaman-pengalaman negatif pada “ layar” pikiran mereka, daripada segera mengalihkannya, mereka malah menikmatinya, seolah-olah mereka sedang menonton sebuah film bagus. Mereka mengizinkan pikiran mereka menghidupkan kembali semua rasa sakit dan penderitaan itu. Kemudian mereka heran mengapa mereka depresi, marah, atau putus asa. Belajarlah untuk mengalihkannya tinggallah dalam hal-hal baik yang Tuhan telah lakukan dalam kehidupan Anda.

Anda harus melakukan sesuatu tentang pengalaman menyakitkan dari masa lalu Anda. Tolaklah untuk kembali ke sana secara emosional; tolaklah untuk membangkitkan kenangan-kenangan emosional. Semua itu tdak akan baik bagi Anda; nyatanya, emosi-emosi negatif yang kuat dapat menahan kemajuan Anda. Jika Anda ingin bebas, jangan kembali ke sana lagi. Tetapkanlah pikiran Anda pada hal-hal baik yang Tuhan telah lakukan dalam kehidupan Anda.

Dalam kita membaca tentang seseorang di Yerusalem yang telah lumpuh selama tiga puluh delapan tahun. Ia menghabiskan setiap hari dalam kehidupannya dengan tergeletak di atas selembar tikar dekat kolam betesda, sambil mengharapkan sebuah mukjizat. Orang ini menderita suatu penyakit yang sangat parah dan tidak mau pergi. Suatu hari melihat orang yang tergeletak itu di sana sangat membutuhkan pertolongan. Jelas tampak bahwa ia lumpuh, tetapi ia bertanya kepada orang itu sebuah pertanyaan yang tampaknya aneh: “ Apakah engkau ingin sembuh ?”

Saya percaya Tuhan sedang menanyakan sebuah pertanyaan kepada kita sekarang: “ Apakah engkau ingin sembuh ataukah engkau ingin terus tergeletak sambil merasa kasihan pada dirimu sendiri? Ia memandang orang lumpuh itu dan berkata, pada dasarnya, “ Jika engkau sungguh-sungguh ingin disembuhkan, jika engkau sungguh-sungguh memperbaiki kehidupanmu, jika engkau benar-benar ingin keluar dari kekacauan ini, inilah yang engkau harus lakukan: Bangunlah, angkatlah tilammu, dan pergilah.”

Anda harus melakukan apa yang Tuhan sedang tuntun supaya Anda lakukan. Maksudnya adalah bahwa kadang-kadang kita mengalami hal-hal yang kita tidak mengerti. Melalui semua itu, kita harus belajar untuk menjaga sikap yang baik dan  mempercayai bahwa Tuhan masih mengendalikan kehidupan kita, bahwa saat peristiwa-peristiwa yang berlangsung tidak sesuai dengan rencana atau harapan kita.

Anda harus keluar dari belenggu emosional yang telah Anda jalani selama bertahun-tahun. Tak seorang pun dapat melakukannya bagi Anda. Anda harus bangkit keluar dari abu itu. Anda harus mengampuni orang-orang yang telah menyakiti Anda. Anda harus melepaskan semua rasa sakit dan penderitaan itu. Tinggalkanlah masa lalu di belakang Anda. Saat Anda mengalami keadaan-keadaan yang Anda tidak mengerti, jangan menjadi pahit hati. Jangan mempertanyakan Tuhan. Bersiaplah untuk hal-hal baru yang Tuhan sediakan bagi Anda.

Harapkanlah kasih karunia Tuhan lebih lagi. Itulah impian Tuhan – mencurahkan kebaikan dan anugerah-Nya atas Anda. Ia ingin menolong Anda lebih maju. Ia ingin memimpin Anda pada pekerjaan yang tepat dan hubungan yang benar. Kuncinya: kita harus menginginkan kasih karunia Tuhan lebih lagi. Tuhan ingin melakukan lebih banyak dibanding yang Anda minta atau pikirkan. Ia ingin menunjukkan kepada kita kasih karunia-Nya yang tak terkira, tak terbatas, dan tak terukur. Ia ingin melakukan jauh lebih banyak dan jauh mengatasi apa yang biasa kita alami! Ia ingin menunjukkan kepada Anda kasih karunia dengan cara yang tidak biasa dan luar biasa. Letakkanlah pengharapan Anda lebih tinggi hari ini.

Selama akar pahit tetap bertumbuh dalam diri kita, masalah tersebut akan terus ada dan terus muncul berkali-kali. Anda mungkin sanggup mengendalikan kelakuan Anda untuk sementara waktu atau menjaga sikap baik untuk waktu singkat, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak benar-benar dapat bebas? Mengapa Anda tidak dapat mengatasi kebiasaan yang menghancurkan itu? Anda harus masuk lebih dalam lagi.

Mintalah Tuhan memperlihatkan kepada Anda jika Anda mempunyai akar pahit yang perlu digali dan dipotong. Jika Tuhan memunculkan sesuatu ke dalam terang, Ia segera menanganinya. Bersikaplah rela untuk berubah. Jangan biarkan racun-racun masa lalu terus mencemari kehidupan Anda. Begitu akar pahit itu hilang, Anda akan sanggup terbebas dari masa lalu.

Kita perlu menyelidiki hati kita dan memastikan bahwa kita tidak membiarkan akar kepahitan tinggal dalam diri kita. Mungkin pasangan hidup Anda tidak menghabiskan waktu bersama Anda sebanyak yang Anda inginkan, dan Anda dapat merasa diri Anda mulai marah. Anda tidak bersikap sabar terhadap pasangan hidup Anda; sinis, selalu diam, atau tidak ramah. Anda sengaja menjadi lebih keras sehingga sukar diajak bergaul Waspadalah! Akar itu sedang mencemari kehidupan Anda.

Jangan biarkan hati Anda tercemar. Tuhan berkata tentang segera mengampuni, dan semakin lama kita menunda, semakin sukar jadinya. Semakin lama kita mencengkeram kebencian itu, semakin dalam akar kepahitan bertumbuh. Kadang-kadang, daripada segera mengampuni, melepaskan rasa sakit dan penderitaan masa lalu, kita diam-diam menguburkannya jauh di dalam hati dan pikiran kita. Kita ingin mengabaikannya dan mengharapkannya pergi. Itu tidak akan pergi.

Hadapilah masalah Anda. Anda tidak cukup kuat menampung racun dalam kehidupan Anda. Anda memerlukan pertolongan dari seseorang yang lebih besar dan lebih kuat dibanding diri Anda sendiri. Anda perlu menyerahkan kepahitan, kebencian, dan perusakan lainnya kepada Tuhan. Pengampunan adalah kunci untuk bebas dari kepahitan beracun. Ampunilah orang lain yang menyakiti Anda, atasan yang memperlakukan Anda tidak benar, sahabat yang mengkhianati Anda, orang tua yang salah memperlakukan Anda saat Anda masih kecil. Singkirkanlah semua racun itu.

Anda mungkin berpikir, itu terlalu sulit. Aku tidak bisa mengampuni. Mereka terlalu dalam menyakitiku. Tunggu sebentar! Anda mengampuni bukan demi mereka, Anda mengampuni demi Anda sendiri. Anda mengampuni supaya racun itu tidak merusak kehidupan Anda. Jika seseorang telah melakukan hal yang salah terhadap Anda, jangan izinkan mereka terus menyakiti Anda dengan bergantung terus padanya. Anda sama sekali tidak sedang menyakiti mereka. Anda hanya menyakiti diri Anda sendiri.

Tuhan berkata, “ Akulah jalan, kebenaran, dan Hidup.” Kebenaran adalah esensi dasar siapakah Tuhan. Kebenaran datang dari firman Tuhan. Saat Anda menerima dan mempercayai firman Tuha, sesuatu yang membebaskan terjadi dalam diri Anda. Dusta musuh pun dipatahkan! Ada perbedaan antara kebenaran dan fakta. Fakta adalah apa yang Anda lihat dan kebenaran adalah apa yang Tuhan lihat. Jika Anda sedang merasa terbebani mengenai sesuatu, mintalah Tuhan untuk menunjukkan kebenaran-Nya tentang keadaan tersebut. Pelajarilah firman-Nya, renungkanlah janji-janji-Nya dan nyatakanlah kebenaran-Nya dalam kehidupan Anda. Anda akan mengalami kebebasan yang Ia telah janjikan dan hidup dalam kemenangan di sepanjang kehidupan Anda!

Saya mendengar Anda sedang berkata, “ Engkau tidak tahu apa yang mereka lakukan kepadaku.” Memang tidak. Tetapi Anda harus menyerahkan masalah itu kepada Tuhan. Ia akan memulihkannya bagi Anda. Tuhan akan meluruskan hal-hal yang salah. Ia akan mendatangkan keadilan dalam kehidupan Anda. Jangan keras kepala dan keras hati serta kehilangan yang terbaik dari Tuhan. Bersikaplah rela untuk berubah.

Tuhan telah berjanji jika kita mau mempercayai Dia, Ia akan membayarkan kembali kepada kita semua hal yang tidak adil yang terjadi pada kita. Mungkin Anda telah tertipu dalam suatu transaksi bisnis dan Anda kehilangan banyak uang. Mungkin seseorang berbohong kepada Anda, dan itu telah mencegah Anda mendapatkan promosi. Atau mungkin seorang sahabat baik mengkhianati Anda. Tentu saja, jenis-jenis kerugian ini meninggalkan bekas-bekas luka yang tak terhapuskan. Memang logis bagi Anda untuk berusaha membalas dendam. Tetapi itu bukan rencana Tuhan bagi Anda.

Bila Tuhan ingin Anda dipromosikan, tidak masalah apakah atasan Anda menyukai Anda atau tidak; masa depan Anda tidak tergantung pada apa yang atasan Anda lakukan atau tidak lakukan. Tuhan memegang kendali. Dengan kata lain, promosi tidak berasal dari atasan Anda, supervisor Anda, atau perusahaan Anda. Promosi sejati berasal dari Tuhan Yang Mahakuasa. Dan saat Tuhan mengatakan bahwa inilah saatnya bagi Anda untuk karier yang meningkat, semua kekuatan kegelapan tidak dapat menahan Anda di bawah. Anda akan dipromosikan.

Tuhan tidak akan mengizinkan seseorang untuk terus-menerus memperlakukan Anda dengan tidak benar. Jika Anda mau menyerahkan keadaan Anda kepada-Nya, Tuhan akan mendatangkan keadilan ke dalam kehidupan Anda. Kadang-kadang kita tergoda untuk berusaha membuat segala sesuatu terjadi dengan usaha kita sendiri. Saat kita melakukan itu, kita telah mengganggu rencana-rencana dan maksud-maksud Tuhan, dengan menciptakan kekacauan lain untuk dibersihkan-Nya, dan mungkin bahkan mencegah Tuhan melakukan apa yang sebenarnya Ia ingin lakukan dalam keadaan itu.

Kuncinya adalah Anda harus menyerahkannya kepada Tuhan. Izinkanlah Ia melakukannya dengan cara-Nya. Jika Anda mau mengizinkan Tuhan menanganinya, Anda tidak dapat bersikap: Aku akan perlihatkan kepada mereka siapa aku sebenarnya. Itu akan mencegah Tuhan membalas dengan cara-Nya. Jika Anda ingin pintu itu tetap terbuka supaya Tuhan dapat mendatangkan keadilan sejati ke dalam kehidupan Anda, Anda harus sepenuhnya menyerahkannya kepada-Nya.

Jika Anda mau menyerahkan keadaan Anda kepada Tuhan, pada akhirnya Anda akan keluar darikeadaan itu lebih baik dari sebelumnya. Anda akan jauh lebih maju dari tempat di mana Anda bisa ada jika Anda berusaha menyelesaikan masalah-masalah itu. Tuhan dapat benar-benar mendatangkan keadilan ke dalam kehidupan Anda. Jangan menyerah! Teruslah melakukan hal yang benar. Tuhan sedang membangun karakter dalam diri Anda, dan Anda sedang melewati ujian itu. Ingatlah, semakin besar pergumulan itu semakin besar upahnya.

Tuhan rindu untuk mencurahkan kemurahan-Nya atas Anda. Ia ingin Anda menjadi bebas dan menikmati hidup setiap hari penuh damai sejahtera. Ayat hari ini berbicara tentang anugerah, kasih karunia, dan kasih setia Tuhan- dimana semuanya adalah bagian dari kemurahan-Nya! Saat Anda menerima kemurahan-Nya dengan iman, Anda akan memiliki keuntungan besar! Kemurahan Tuhan akan mendatangkan berkat-berkat tak terduga dari sumber-sumber tak terduga. Bersyukurlah kepada-Nya atas kasih karunia dan kasih setia-Nya. Sementara Anda mengharapkan kemurahan-Nya, Tuhan akan melakukan hal-hal yang tidak biasa dan luar biasa dalam kehidupan Anda dan Anda akan menjalani kehidupan penuh kemenangan!

Banyak orang pada masa kini telah dipilih Tuhan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Tuhan ingin menempatkan mereka dalam posisi kepemimpinan, tetapi daripada mempercayai Tuhan, mereka selalu berusaha memanipulasi keadaan-keadaan, untuk mendatangkan keadilan atas diri mereka sendiri. Daripada melepaskan pelanggaran-pelanggaran itu, dan mengampuni pelanggarnya, serta mempercayakan Tuhan untuk meluruskan yang salah, mereka selalu berusaha membalas dendam kepada musuh-musuh mereka. Tetapi ada suatu jalan yang lebih baik.

Tuhan ingin melakukan lebih banyak dibanding yang Anda dapat minta atau pikirkan. Ia ingin mengembalikan hal-hal baik kepada Anda dengan berkelimpahan. Jika Anda mau memusatkan perhatian pada hal-hal baik, Tuhan akan mengambil peperangan Anda yang paling besar dan mengubahnya menjadi lading berkat paling besar Anda. Tuhan ingin mengembalikan segala sesuatu yang musuh telah curi dari Anda, dengan berkelimpahan kepada Anda. Berhentilah tinggal dalam kekecewaan-kekecewaan itu, dengan berkabung atas sesuatu yang telah hilang dari Anda. Mulailah percaya kepada Tuhan untuk masa depan yang luas biasa!

Marilah kita berterus terang; kadang-kadang karena pilihan-pilihan salah, ketidakpatuhan, atau dosa, kita kehilangan “ Rencana A” Tuhan. Berita baiknya adalah, Tuhan mempunyai “ Rencana B “ ,  “ Rencana C “, dan apa pun yang diperlukan untuk mengantarkan kita ke tujuan akhir-Nya bagi kehidupan kita. Jika Anda terus menerus tinggal dalam kekecewaan-kekecewaan Anda, Anda akan menghalangi berkat-berkat Tuhan dalam kehidupan Anda hari ini. Tindakan tersebut tidak berharga.

Saya mendengar kisah tentang seorang anak laki-kali kecil yang tidak mau duduk di gereja sampai ibunya meletakkan tangannya di kepalanya, dan mendorongnya ke tempat duduk. Kemudian anak itu berkata, “ Aku mungkin kelihatannya sedang duduk, tetapi aku sedang berdiri di dalam diriku!” Kadang-kadang itulah yang kita harus lakukan dalam kehidupan. Keadaan – keadaan kita mungkin memaksa kita duduk, tetapi saat kita kelihatannya sedang duduk, kita harus memandang diri kita sendiri sedang berdiri teguh!

Anda mungkin telah menerima sebuah laporan buruk dari dokter. Mungkin Anda kehilangan pelanggan terbesar Anda di tempat kerja. Mungkin Anda baru mengetahui bahwa anak Anda terlibat masalah. Anda mungkin sedang menghadapi kemunduran yang serius, dan Anda merasa seolah-olah kehidupan runtuh di atas kepala Anda, memukul jatuh dan mendorong Anda turun. Tetapi berita baiknya adalah, Anda tidak perlu tetap jatuh.

Anda dapat berkata, “ Bahkan jika musuh memukulku dengan pukulan terbaiknya, yang terbaik darinya tidak akan pernah cukup baik. Ia mungkin memukulku jatuh, tetapi ia tidak dapat membuatku pingsan. Saat segala sesuatu sudah dikatakan dan dilakukan, saat asap lenyap dan debu turun, aku masih akan berdiri teguh. “ Seperti yang Eleanor Roosevelt, istri Presiden Franklin D. Roosevelt, yang terbelenggu kursi roda, sering katakana, “ Tak seorang pun yang dapat membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda. “

Apakah ada impian, karunia dan kemampuan yang Tuhan berikan telah terkubur di dalam diri Anda? Anda harus mengobarkan karunia itu dalam diri Anda. Anda bisa membicarakannya dengan seorang sahabat, atau bergaul dengan mereka yang sedang melakukan apa yang Anda impikan itu. Temukanlah tekad dalam diri Anda untuk berpegang pada segala sesuatu yang Tuhan telah tempatkan dalam hati Anda. Tidak peduli jika itu telah terkubur bertahun-tahun lamanya, Tuhan dapat mewujudkannya. Anda mungkin pernah menyerah, tetapih hari ini Anda dapat mengobarkannya lagi. Percayalah bahwa setiap janji yang Tuhan telah taruh dalam hati Anda akan terwujud!

Anda mungkin lesu dan lelah, terkuras habis, dan siap menyerah. Berteriaklah keras-keras, “ Aku akan berdiri dalam iman bahkan jika aku harus berdiri seumur hidupku! Aku tidak akan menyerah dan menerima keadaan biasa-biasa. Aku akan terus percaya untuk yang terbaik. Aku akan terus percaya untuk yang terbaik. Aku akan terus berdiri teguh tidak peduli berapa lama pun dibutuhkan. “ Tuhan ingin Anda menjadi seorang pemenang, bukan seorang yang cengeng.

Inilah saatnya untuk berdiri teguh, memanfaatkan kuasa Tuhan. Berdiri teguh dan melakukan perjuangan iman yang baik. Ingatlah, jika Anda terpukul jatuh, jangan tetap jatuh. Bangkitlah dan kembalilah berdiri. Jangan berguling-guling di depan musuh; belajarlah untuk bertindak seperti Daud dan doronglah diri Anda sendiri di hadapan Tuhan Anda. Tuhan telah memaksudkan Anda untuk hidup berkemenangan, tetapi Anda harus melakukan bagian Anda.

Anda mungkin sedang mengalami beberapa kesukaran, dan mungkin keadaan Anda tampak statis dan tidak bergerak untuk sementara waktu. Anda mungkin tidak sanggup menyelami seberapa jauh keadaan Anda bisa maju. Tetapi Anda perlu mengetahui bahwa Tuhan mempunyai jawaban atas doa Anda bahkan sebelum Anda mempunyai kebutuhan itu. Tuhan telah menyiapkan segala sesuatu bagi Anda jauh sebelum Anda menghadapi masalah itu.

Bila kita berusaha memaksakan pintu-pintu terbuka dan membuat segala sesuatu terjadi dengan kekuatan kita sendiri, hasilnya adalah tekanan yang terus menerus pada kita dan pemerasan pada sumber daya kita. Kehidupan menjadi suatu pergumulan terus menerus. Jika Anda berada dalam kondisi seperti itu sekarang, Anda perlu melakukan yang terbaik dari diri Anda untuk keluar dari masalah itu. Jika Anda sedang melakukan sesuatu yang tidak menghasilkan buah apa pun, dan semua itu menimbulkan rasa sakit kepala yang berkepanjangan, kemungkinan besar Tuhan tidak memprakarsai usaha atau hubungan itu.

Jika Anda keluar dari waktu Tuhan yang tepat, Anda sedang melangkah keluar dari kehendak-Nya. Jika Anda keluar dari kehendak-Nya, Anda sedang bertindak sendiri dalam kegelapan. Saya tidak sedang mengatakan bahwa jika kita melakukan sesuatu bahwa jika kita melakukan sesuatu bagi Tuhan, kita tidak akan mendapatkan kesukaran. Tetapi melakukan perjuangan iman yang baik di luar waktu Tuhan yang tepat dapat membuat Anda terus-menerus bergumul, tidak pernah mempunyai apa pun sesuai dengan keinginan Anda, tidak pernah mempunyai sukacita.

Dalam masa-masa sukarlah kita menemukan seperti apa sebenarnya kita. Pencobaan itu dimaksudkan untuk menguji kualitas, karakter, dan iman Anda. Dengan kata lain, “ Jangan mengira bahwa adalah masalah yang begitu besar jika Anda mengalami masa-masa sukar ini.” Sepanjang hidup, Anda akan menghadapi berbagai ujian, dan bahkan walaupun Anda mungkin tidak menikmati semua itu, Tuhan akan memakai pencobaan-pencobaan itu untuk memurnikan Anda, untuk membersihkan dan menyucikan Anda.

Apakah Anda ingin mengenal Tuhan hari ini secara pribadi? Saat Anda mengenal Tuhan, Anda akan mengenal dan mengalami kasih, damai sejahtera, dan kebenaran-Nya dalam kehidupan Anda. Luangkanlah waktu untuk tinggal dalam hadirat-Nya dan berbicara dengan-Nya. Ia lebih dekat daripada yang Anda kira! Saat kita menerima dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat, sesungguhnya Ia membuat rumah-Nya di dalam hati kita! Saat Anda mulai berbicara dengan Tuhan, Ia berjanji untuk mendengarkannya. Ia ingin Anda mengenal janji-janji-Nya.

Perhatikanlah, setiap kali sahabat terbaik Anda mengenakan pakaian yang baru, Anda berpaling. Itulah suatu ujian bagi iman Anda. Tuhan sedang memunculkan ke dalam terang ketidamurnian karakter Anda. Tuhan sedang berusaha memurnikan ANda. Jjika Anda mau belajar bekerja bersama Tuhan, dan melepaskan kecemburuan itu, Anda akan terkejut melihat berkat-berkat dan kemurahan serta kemenangan yang akan datang ke dalam kehidupan Anda.

Tuhan tidak akan mengubah siapa pun yang sedang berurusan dengan Anda sebelum Ia lebih dahulu mengubah Anda. Tetapi jika Anda mau berhenti mengeluh tentang semua orang di sekitar Anda dan, mulai memandang ke dalam diri Anda dan bekerja bersama Tuhan untuk mengubah Anda, Tuhan akan mengubah orang-orang itu. Periksalah hati Anda sendiri dan lihatlah jika ada sikap-sikap dan motivasi-motivasi yang Anda perlu ubah.

Semakin cepat Anda bekerjasama dengan Tuhan, semakin cepat Anda akan keluar dari kekacauan Anda. Semakin cepat Anda belajar dan menangani sikap-sikap buruk serta menguasai emosi-emosi Anda, semakin cepat Anda akan naik ke tingkat berikutnya dalam perjalanan rohani Anda. Kita harus mengenali maksud-maksud memurnikan dari pencobaan-pencobaan itu. Kita tidak dapat berlari dari segala kesukaran dalam kehidupan kita.

Mungkin Anda berada dalam suatu pencobaan, dan Anda sedang berdoa kepada Tuhan untuk melepaskan Anda dari keadaan itu. Itulah adalah doa yang sah, tetapi mungkin ANda tidak mengerti mengapa Anda diizinkan untuk mengalami pencobaa itu. Akuilah bahwa Tuhan ingin melakukan sesuatu dalam kehidupan Anda. Ia sedang membentuk dan memurnikan Anda. Tetapi Anda begitu sibuk berusaha menghindari pencobaan itu. Anda begitu terpusat pada keadaan tersebut dan semua orang di sekitar Anda, sehingga Anda tidak mengambil waktu untuk melihat jauh ke dalam diri Anda dan menangani masalah-masalah yang Tuhan sedang munculkan.

Jangan merengek dan mengeluh, dengan berkata, “ Tuhan, mengapa semua ini terjadi padaku? “ pencobaan itu adalah ujian bagi iman, karakter, dan kesabaran Anda. Sebaliknya, berdirilah teguh dan lakukanlah perjuangan iman yang baik. Tuhan sedang memberikan kepada Anda sebuah kesempatan untuk promosi. Pergumulanlah yang memberikan kepada kita kekuatan. Tanpa perlawanan atau penentangan, tidak ada potensi bagi kemajuan.

Iman yang menopang adalah apa yang membawa Anda melalui masa-masa yang sangat gelap saat Anda tidak tahu ke mana akan pergi atau apa yang harus Anda lakukan, dan tampaknya Anda tidak dapat bertahan satu hari lagi….tetapi karena iman Anda dalam Tuhan, Anda melakukannya. Saat Anda mempunyai sikap seperti itu, kesukaran tidak mempunyai kesempatan sedikit pun untuk menjatuhkan Anda.

Apakah Anda mengetahui Tuhan sedang meminta Anda melakukan sesuatu, tetapi Anda belum melakukannya? Mungkin Ia meminta Anda untuk melepaskan kecanduan atau hubungan yang tidak sehat. Mungkin ada komitmen yang belum Anda penuhi. Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami mengapa, tetapi ketahuilah bahwa Tuhan bekerja demi kebaikan Anda. Ia rindu untuk mencurahkan berkat-Nya atas Anda. Tetapi Anda harus melakukan bagian Anda, yakni membuka hati Anda untuk rela dan taat. Sementara Anda memilih untuk taat dalam setiap bidang kehidupan Anda, Anda akan mengalami yang terbaik dari Tuhan dan menjalani kehidupan yang berkelimpahan yang Ia janjikan bagi Anda!

Ketika kita bergumul dengan suatu masalah atau kelemahan untuk waktu yang lama, tidak aneh jika kita tergoda untuk menyerah. Tetapi jika Anda ingin menjalani kehidupan terbaik Anda sekarang, Anda harus bersikap lebih bertekad dibanding itu. Sikap kita seharusnya: Aku mungkin telah terjatuh beberapa kali dalam kehidupan, tetapi aku tidak akan tetap jatuh; aku bertekad akan hidup berkemenangan.

Keadaan-keadaan Anda adalah sasaran perubahan tiba-tiba, khususnya saat Anda mulai berdiri teguh. Saat Anda menghadapi kesukaran, jangan menjadi orang yang cengeng. Jangan menjadi seorang yang suka mengeluh. Jangan bergelimang dalam rasa mengasihani diri sendiri. Sebaliknya, melikilah sikap seorang pemenang. Anda mungkin lesu dan lelah, terkuras habis, dan siap menyerah. Anda mungkin sedang berkata, “ Aku tidak dapat lagi menerimanya.” Jangan izinkan diri Anda sendiri melambaikan bendera putih penyerahan diri.

Saat banyak orang menghadapi kesukaran, mereka mengizinkan kebimbangan menutupi tekad mereka, dengan demkikian melemahkan iman mereka. Mereka tidak bertahan; mereka tidak menjaga sikap yang baik. Ironisnya, karena roh mereka tidak benar, mereka tetap dalam keadaan buruk lebih lama dibanding yang diperlukan. Kehidupan terlalu singkat untuk dilalui dengan susah payah sambil merasa depresi dan kalah. Tidak peduli apa yang telah datang melawan Anda atau apa yang sedang membuat Anda jatuh, Anda perlu terus bangkit.

Kitab memberitahukan kita bahwa banyak orang pada masa lampau mati dalam iman. Tetapi Anda dapat mati dalam iman hanya jika Anda menjalani kehidupan yang dipenuhi iman. Bila tiba waktu saya untuk pergi, saya ingin mengabiskan hari terakhir saya di sini, di bumi, dengan penuh sukacita, penuh iman, dan penuh kemenangan. Saya telah mengambil keputusan bahwa saya akan menjalani kehidupan terbaik saya sekarang, dan saat hari-hari saya lenyap, saya akan mati dengan berdiri dalam diri saya. Anda perlu membuat keputusan untuk melakukan hal yang sama.

Karena kita kadang-kadang tidak memahami waktu Tuhan, kita hidup dengan marah dan frustasi, dengan bertanya-tanya kapan Tuhan akan melakukan sesuatu. “ Tuhan, kapankah Engkau akan mengubah suamiku? Kapankah Engkau akan memberikan seorang pasangan hidup kepadaku? Tuhan, kapankah bisnisku akan berhasil? Kapankah impian-impianku akan terwujud? “ Tetapi saat Anda memahami waktu Tuhan yang tepat, Anda tidak akan hidup dalam tekanan.

Mengapa Tuhan tidak bekerja dalam kehidupanku? Anda mungkin bertanya-tanya. Aku telah berdoa, percaya, dan menunggu, tetapi tampaknya Tuhan tidak sedang melakukan apa  pun tentang pernikahanku. Keadaan sukar di tempat kerjaku belum berubah. Tak satu pun impianku yang terwujud. Pahamilah, Tuhan sedang bekerja dalam kehidupan Anda, entah Anda melihat sesuatu sedang terjadi dari luar atau tidak. Anda harus mempercayai bahwa jauh di dalam kehidupan Anda, Tuhan sedang bekerja.

Apakah yang Anda lakukan saat Anda lapar dan tidak yakin apa yang bisa membuat kenyang? Kelaparan rohani bekerja dengan cara yang sama. Saat Anda lapar dan haus akan kebenaran, cara Tuhan untuk melakukan segala sesuatu, Anda akan dipuaskan secara rohani. Tetapi Anda harus mengambil waktu untuk “ makan “ atau mengambil bagian dari kebenaran Tuhan. Luangkanlah waktu setiap hari dan persembahkanlah itu kepada Tuhan dengan doa, ibadah, dan belajar firman-Nya. Tetaplah dalam persekutuan dengan orang-orang percaya lainnya dengan menghadiri kebaktian secara teratur. Sementara Anda memusatkan kelaparan Anda pada kebenaran Tuhan, Anda akan dipenuhi dan hidup dalam kepuasan akan Dia.

Jika Anda tidak sedang melihat Tuhan bekerja dalam kehidupan Anda sekarang juga, salah satu dari dua kemungkinan harus dipertimbangkan. Mungkin permintaan-permintaan Anda bukan yang terbaik dari Tuhan dan mungkin tidak akan dijawab dengan cara yang Anda inginkan, atau saatnya tidak tepat. Jika Tuhan harus menjawab doa itu dengan cara yang Anda harapkan, itu dapat mengganggu rencana-Nya bagi Anda.

Banyak orang pada masa kini dengan terus terang dan tidak malu-malu hidup untuk diri mereka sendiri. Mereka tidak tertarik pada orang lain. Mereka memusatkan perhatian pada apa yang mereka inginkan, butuhkan, dan yang mereka rasakan akan paling menguntungkan diri mereka sendiri. Ironisnya, sikap mementingkan diri sendiri ini menghukum mereka pada menjalani kehidupan dangkal dan tidak memuaskan. Tidak peduli seberapa banyak yang mereka dapatkan bagi diri mereka sendiri, mereka tidak pernah puas. Jika Anda ingin Ia mencurahkan berkat-berkat dan kemurahan-Nya dalam kehidupan Anda, Anda harus melepaskan pikiran Anda dari diri sendiri.

Apakah Anda tahu bahwa tidak peduli seberapa pun bearnya masalah Anda hari ini, orang lain mempunyai masalah yang lebih besar, jalan yang lebih sukar, kisah yang lebih melukai hati dibanding Anda? Anda dapat menolong mengubah kehidupan orang lain. Anda dapat menolong meringankan beban seseorang. Anda dapat membuat seseorang gembira, dan memberikan kepada seseorang suatu harapan baru.

Jika Anda mengharapkan anak Anda menemukan Tuhan, tolonglah anak orang lain mengembangkan suatu hubungan dengan Tuhan. Jika Anda sedang bergumul secara financial, tolonglah seseorang yang sedang kesulitan keuangan. Anda mungkin berkata, “ Aku tidak mempunyai apa pun untuk diberikan. “ Tentu saja Anda punya! Anda dapat memberikan senyuman. Anda dapat memberikan pelukan. Tuhan tidak menciptakan kita untuk berfungsi sebagai “ jagoan tunggal “.

Perjanjian Lama mengajarkan, “ Saat engkau member makan kepada orang yang lapar, saat engkau member pakaian pada orang yang telanjang, saat engkau mendorong semangat orang yang tertindas, kehidupanmu akan muncul seperti siang. Kemudian kesembuhanmu akan segera datang. “ Dengan kata lain, saat Anda menjangkau orang-orang yang menderita, itulah saat Tuhan akan memastikan kebutuhan-kebutuhan Anda tersedia. Saat Anda memusatkan perhatian pada menjadi suatu berkat, Tuhan memastikan bahwa Anda selalu diberkati dengan berkelimpahan.

Pkiran kita dapat membuat semua jenis dalih saat Tuhan mulai membuka cengkeraman jari-jari kita. Sifat alami manusia ingin berpegang pada segala sesuatu. Anda mungkin mempunyai beberapa barang yang tergeletak di sekitar rumah Anda ang tidak Anda pakai lagi selama bertahun-tahun! Jika itu tidak berguna, ubahlah itu menjadi suatu benih. Ingatlah, kita akan menuai apa yang kita tabor. Jika Anda melakukan kebaikan kepada orang lain, itulah saat Tuhan akan memastikan bahwa berkat-berkat-Nya akan berkelimpahan memenuhi Anda.

Dapatkah Anda melihat “ hal yang sama sekali baru” yang Tuhan sedang kerjakan dalam kehidupan Anda? Kadang kala kita dapat melihat tangan Tuhan bekerja, tetapi terkadang badai kehidupan dapat mengaburkan visi kita. Pusatkanlah perhatian Anda pada kebenaran bahwa Tuhan sedang bekerja di balik layar demi Anda! Anda dapat mempercayai-Nya karena Ia selalu setia, dan akan tetap setia. Rencana-Nya bagi Anda hari ini adalah berkat. Rencana-Nya adalah memberikan kepada Anda masa depan dan pengharapan. Rencana-Nya adalah melakukan sesuatu yang baru dalam kehidupan Anda. Mintalah Tuhan untuk menunjukkan rencana-Nya bagi Anda hari ini. Mintalah Dia menunjukkan kepada Anda kemurahan dan berkat-Nya.

Tuhan menjanjikan Abraham berkat yang luar biasa. Kita sering membaca janji-janji seperti itu, dan berkata, “ Baiklah, Tuhan! Curahkanlah berkat-berkat-Mu padaku! “ Tetapi perhatikanlah, ada suatu syarat. Kita harus melakukan sesuatu; lebih baik lagi, kita harus menjadi sesuatu. Kita tidak akan diberkati hanya supaya kita dapat hidup mewah atau memuaskan diri sendiri. Kecuali kita mau menjadi berkat, Tuhan tidak akan mencurahkan kemurahan dan kebaikan-Nya ke dalam kehdiupan kita. Kita akan menerima dari Tuhan sesuai ukuran yang kita berikan kepada orang lain.

Tuhan mengatakan bahwa kita harus bersikap proaktif. Kita seharusnya berusaha untuk menbagikan belas kasiha, kemurahan, dan kebaikan-Nya kepada orang lain. Kita harus berusaha untuk kebaikan dan mencari untuk melakukan kebaikan. Lagi pula, kita perlu bersikap baik kepada orang lain bahkan saat mereka tidak layak menerimanya. Kita perlu hidup dalam kasih dan bersikap ramah bahkan saat seseorang jahat kepada kita.

Saat kasir di sebuah toko makanan membentak Anda tanpa alasan apa pun, tanggapan pertama Anda mungkin bertindak kasar sebagai balasannya. Itulah cara termudah/ siap pun dapat melakukannya. Tetapi Tuhan ingin kita hiudp dengan stnadar yang lebih tinggi. Kitab berkata, “  Kita harus mengasihi musuh kita. Kita harus melakukan kebaikan kepada mereka yang membenci kita. “ Ayah saya sering berkata, “ Setiap orang layak menerima hari yang buruk sekali-sekali. “ Kita harus memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengalami hari buruk.

Jika seorang tiba-tiba marah kepada Anda, daripada membalas dan mempertahankan pendapat Anda kepadanya, mengapa Anda tidak meperlihatkan saja anugerah dan kemurahan Tuhan ? Berusahalah untuk kebaikan dan berikanlah kepada mereka sepatah kata dorongan. Lagi pula, Anda tidak mengetahui apa yang mereka mungkin sedang alami. Anak orang itu mungkin sedang dirawat dirumah sakit. Pasangan hidupnya mungkin telah meninggalkannya; mereka mungkin sedang hidup dalam neraka di bumi.

Tuhan berkata bahwa kasih tidak menyimpan dendam. Kasih tidak menahan pengampunan. Anda mungkin berpikir seolah-olah seluruh kehidupan Anda telah dicuri oleh seseorang yang telah salah memperlakukan Anda atau menipu Anda. Tetapi jika Anda mau memilih untuk membuang dendam Anda dan mengampuni mereka, Tuhan akan mencurahkan belas kasih-Nya dalam kehidupan Anda dalam suatu cara yang baru. Ia akan menghormati Anda; Ia akan memberikan upah kepada Anda dan Ia akan meluruskan kesalahan-kesalahan itu.

Mungkin Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang selalu member. Mungkin Anda adalah orang yang selalu berjalan satu mil lebih jauh. Anda adalah pembawa damai dalam keluarga. Karena orang mengetahui bahwa Anda baik hati, murah hati, dan bersahabat, mereka cenderung mengambil keuntungan dari Anda atau tidak menghargai Anda. Tetapi Tuhan melihat integritas Anda. Ia mencatat semua itu, dan Ia akan emmberikan upah kepada Anda pada waktu yang tepat.

Pernahkah Anda memperhatikan perbedaan antara pohon yang ditanam di tepi aliran air dan pohon yang jauh dari air? Pohon di dekat air jauh lebih sehat dan segar. Buah dan bunganya lebih indah. Saat Anda “ ditanam “ dalam firman Tuhan, roh Anda diberi makan dan Anda bertumbuh kuat sama seperti pohon di tepi aliran air. Pohon-pohon di tepi aliran air akan menghasilkan buah pada musimnya, dan tidak akan kehilangan kekuatan. Percayalah orang-orang  yang mengasihi dan menaati Tuhan akan berhasil dalam apa saja yang mereka lakukan. Apakah Anda ingin berhasil dalam kesehatan Anda? Carilah firman Tuhan tentang kesembuhan. Apakah Anda ingin berhasil dalam keuangan Anda? Carilah firman Tuhan berkaitan dengan keuangan.

Ketika Tuhan menciptakan kita, Ia menaruh kasih adikodrati-Nya dalam hati kita. Ia menaruh dalam diri Anda potensi untuk mempenyai roh yang baik, penuh perhatian, lemah lembut, dan penuh kasih. Anda mempunyai kemampuan untuk mengerti perasaan orang lain, merasakan apa yang orang lain rasakan. Karena Anda diciptakan sesuai gambaran Tuhan, Anda mempunyai kemampuan moral untuk mengalami belas kasihan Tuhan itu dalam hati Anda. Tetapi terlalu sering, karena kepentingan diri sendiri, kita memilih menutup hati kita terhadap belas kasihan.

Anda mungkin sedang berkata, “ Aku mempunyai begitu banyak masalah. Jika aku menghabiskan seluruh waktuku dengan menolong orang lain, bagaimana aku akan menyelesaikan maslaah-masalah danmemenuhi kebutuhan-kebutuhanku? Kapan aku akan meluruskan kehidupanku?” Percayalah : Jika Anda mau memusatkan perhatian anda pada memenuhi kebutuhan orang lain, Tuhan akan selalu memastikan kebutuhan-kebutuhan Anda tersedia. Tuhan akan menyelesaikan masalah – masalah Anda.

Terlalu sering, apa yang sebenarnya kita ingin lakukan hanyalah membungkamkan mereka, memberikan mereka sepatah kata dorongan, sebuah kalimat setengah ayat firman Tuhan, dan sebuah doa singkat; kemudian kita dapat melanjutkan melakukan apa yang kita ingin lakukan. Tetapi Tuhan ingin kita meluangkan waktu bagi orang lain, mendengarkan dengan hati kita, memperlihatkan kepada mereka bahwa kita prihatin, memperlihatkan kepada mereka bahwa kita peduli.

Saya biasa merasakan belas kasihan kepada orang lain sepanjang waktu, tetapi saya tidak mengetahuinya. Saya kira saya hanya merasa kasihan kepada mereka. Tetapi suatu hari saya menyadari bahwa itu adalah Tuhan yang berbicara kepada saya. Ia ingin saya mencurahkan kasih-Nya dan memperlihatkan kemurahan-Nya kepada orang-orang yang membutuhkan. Sepanjang hidup, Tuhan akan memimpin kita kepada orang-orang yang membutuhkan. Jika Anda peka terhadap-Nya, Anda akan mampu memahami kasih adikodrati-Nya yang melanda diri Anda.

Anda seharusnya bisa membedakan. Pastikanlah bahwa Tuhanlah yang sedang berbisik kepada Anda, bukan motivasi-motivasi lain. Tetapi lebih sering, saat Anda menjangkau dengan keprihatinan dan belas kasihan, tawaran Anda tidak akan didiamkan atau ditolak. Tuhan tidak akan memberikan kepada Anda belas kasihan yang kuat seperti itu bagi mereka jika mereka tidak membutuhkan apa yang harus Anda berikan. Anda tidak tahu apa yang mereka sedang alami dalam diri mereka. Hanya Tuhanlah yang dapat melihat hati seseorang.

Kadang-kadang, Anda mungkin harus menanggung risiko tampak aneh atau terlalu rohani, atau bodoh, tetapi itu lebih baik, dengan bersikap berbelaskasihan, dibanding kehilangan orang yang bagi siapa Anda mungkin adalah harapan terakhir. Betapa perlunya kita belajar untuk mengikuti aliran belas kasihan Tuhan! Tuhan mungkin membisikkan kepada Anda tentang seseorang yang Anda harus jangkau. Jangan singkirkan dari pikiran Anda.

Apakah Anda mengetahui bahwa memiliki kondisi jasmani yang lebih baik dapat memudahkan Anda mendekatkan diri kepada Tuhan? Itu benar! Saat Anda berada di puncak kondisi jasmani Anda, Anda lebih siap mengalami Tuhan dalam cara yang sangat pribadi. Tuhan berjanji bahwa Ia akan mendekat kepada Anda saat Anda mendekat kepada-Nya. Bagaimana kita dapat mendekat kepada Tuhan? Anda dapat melakukan ini dengan melakukan bagian Anda untuk berkomunikasi dengan Tuhan danemmberikan kehangatan Anda kepada-Nya. Ini dapat sesederhana membacara kitab, berdoa atau bahkan memilih untuk hidup dengan gaya hidup yagn sehat. Semakin dekat Anda kepada Tuhan, semakin Anda akan mengalami kasih dan berkat-Nya.

Kita harus mengerti, saat belas kasihan Tuhan muncul dalam diri kita dan kita merasakan kasih yang khusus kepada seseorang, kasih itu ada untuk maksud khusus. Tuhan tidak menggugah belas kasihan Anda untuk orang itu hanya karena Ia bosan dan tidak mempunyai hal lain untuk dilakukan. Tuhan menaruh kepedulian itu dalam hati dan pikiran Anda untuk suatu maksud. Sekarang Anda perlu menanggapinya.

Alasan yang membuat banyak orang tidak bertumbuh adalah karena mereka tidak sedang menabur. Beberapa orang berkata, “ Aku mempunyai banyak masalah. Aku tidak peduli tentang menabur benih. Aku ingin tahu bagiaman aku dapat keluar dari kekacauan ini.” Inilah caranya Anda keluar dari kekacauan Anda. Jika Anda ingin Tuhan menyelesaikan masalah-masalah Anda, tolonglah menyelesaikan masalah orang lain. Masukkanlah sebuah benih ke tanah!

Kita perlu lebih berpusat pada benih dibanding pada kebutuhan. Dalam masa kebutuhan Anda, jangan duduk-duduk saja sambil memikirkan apa yang Anda tidak miliki. Pikirkanlah tentang jenis benih apa yang Anda dapat tabor untuk melepaskan diri Anda dari kebutuhan itu. Tuhan akan mendatangkan seseorang ke dalam kehidupan Anda. Saat Anda membuat orang lain bahagia, Tuhan akan memastikan bahwa kehidupan Anda penuh dengan sukacita.

Dalam masa sukar Anda, jangan hanya duduk-duduk sambil merasa kasihan pada diri sendiri, pergilah, taburlah sebutir benih. Anda tidak perlu menunggu sampai Anda mempunyai suatu masalah sebelum Anda mulai menabur. Kita seharusnya terus menerus mencari cara agar kita dapat menjadi suatu berkat, bukan hanya saat kita membutuhkan. Kita seharusnya bangun setiap pagi dengan mencari cara untuk menolong orang lain. Jika Anda mau melakukannya, Tuhan berkata bahwa berkat-berkat Tuhan akan mengejar dan memenuhi Anda.

Saya telah mengambil keputusan. Saya akan menjadi seorang pemberi dalam kehidupan. Saya akan melakukan sesuatu yang baik. Saya akan mencari kesempatan untuk menabur beberapa benih. Mengapa? Saya hanya belajar bahwa menabur itu menghasilkan. Dan saya ingin memastikan bahwa penuaian secara melimpah akan saya alami dalam suatu cara yang besar.

Jika Anda tidak puas dengan tempat Anda berada dalam kehidupan, tingkatkanlah jumlah benih yang Anda tabor. Ukuran panen Anda tergantung pada jumlah benih Anda. Beberapa orang hidup dari penghasilan yang terbatas. Diperlukan segala sesuatu yang mereka punyai untuk membiayai hidup mereka setiap bulan. Tetapi kita tahu bahwa prinsip Tuhan benar. Dan kita tahu bahwa penting bagi orang-orang yang kebutuhannya paling besar untuk terus menabur.

Barangkali tidak ada hal baik yang gratis. Sesuatu yang bernilai sering kali menuntut pengorbanan untuk mendapatkannya- dan itu layak dibayar! Kehidupan bukanlah pengecualian. Ujian yang Anda hadapi hari demi hari mungkin membuat frustasi, tetapi upahnya besar pada akhirnya. Masalahnya Anda tidak dapat melihat akhirnya, sehingga Anda tidak selalu yakin ke mana Tuhan sedang membawa Anda. Di sanalah kasih karunia dan kasih-Nya memainkan peran sementara Ia menuntun Anda dan meminta Anda untuk mempercayai-Nya. Siapakah yang Anda percaya selain Tuhan? Ia mengetahui ke mana perjalanan Anda dan kemana Anda seharusnya pergi. Jadi dengarkanlah Dia dan percayalah pada rencana dan tujuan Tuhan.

Tuhan mengetahui bahwa kita mempunyai masa-masa sukar, pergumulan-pergumulan, dan tantangan-tantangan. Tetapi Ia tidak pernah memaksudkan supaya kita hiudp satu hari “ di khayangan”, dan hari berikutnya jatuh di tempat sampah, kalah dan depresi karena kita mempunyai masalah. Tuhan ingin kita menikmati setiap saat dalam kehidupan kita. Untuk melakukannya, Anda seharusnya tidak khawatir tentang masa depan.

Biasanya bukan hal-hal besar dalam kehidupan yang membuat kita menjadi marah; sering kali, hal-hal kecillah yang paling mengganggu kita. Tetapi jika kita tidak belajar bagaimana menangani hal-hal kecil ini, semua itu akhirnya akan berubah menjadi hal-hal besar. Tuhan memberikan kepada kita damai sejahtera-Nya dalam diri kita, tetapi terserah pada kita untuk menggunakan damai sejahtera itu.

“ Saya hanya menunggu Tuhan untuk mengubah keadaan saya, “ saya mendengar seseorang berkata. Itu mungkin terdengar baik, tetapi sebenarnya, Tuhan sedang menunggu Anda. Sesuatu akan selalu “ tidak benar “ dalam kehidupan Anda. Anda akan selalu menemukan alasan untuk tidak bahagia. Tidak ada orang lain yang akhirnya dapat membuat Anda bahagia. Anda harus belajar bagaimana menjadi bahagia dalam diri Anda sendiri.

Suatu hari saya sedang berjalan di sebuah padang rumput yang luas dan terbuka yang dipenuhi rumput ilalang tinggi, buruk, cokelat dan kering. Tetapi saat saya berjalan sedikit lebih jauh lagi sepanjang jalan kecil itu, saya memperhatikan setangkai bunga yang indah berdiri di tengah-tengah rumput ilalang itu. Bunga itu begitu berwarna-warni, begitu terang warnanya dan, luar biasanya, telah berkembang di tengah-tengah rumput ilalang yang membosankan dan suram itu. Saya berpikir, itulah tepatnya apa yang Tuhan inginkan kita lakukan, berkembang di mana pun kita ditempatkan.

Jagalah sikap yang baik dan tetaplah berkembang di mana pun Anda berada. Jika Anda mau membuat keputusan untuk tetap setia dan merasa puas, pada saat yang tepat Tuhan akan mengubah keadaan-keadaan Anda. Ia akan mengeluarkan Anda dari rumput-rumput ilalang tua dan menaruh Anda di tempat yang lebih baik. Ia akan memindahkan Anda dan menaruh Anda di tanah yang baru supaya Anda dapat menghasilkan, bahkan lebih banyak buah lagi. Tetapi jika Anda tidak bahagia di mana Anda berada, Anda tidak akan pernah sampai ke tempat yang Anda inginkan.

Mungkin Anda telah mengizinkan diri Anda terbiasa menunggu segala sesuatu untuk tengan, sepi, dan stabil sebelum Anda bergembira, dan memberikan izin kepada diri sendiri untuk menikmati kehidupan. Anda sedang menunggu masalah-masalah Anda terselesaikan. Anda sedang menunggu pasangan hidup Anda menjadi lebih rohani. Anda sedang menunggu anak Anda berubah, bisnis Anda bertumbuh, atau utang Anda di pegadaian lunas. Mengapa tidak berbahagia sekarang jua?

Tuhan rindu memberkati Anda terus menerus, bahkan saat Anda tidur! Banyak orang terjaga atau hanya sedikit tidur karena terus menerus memusatkan perhatian mereka pada masalah dan khawatir tentang hari esok. Itu bukanlah rencana Tuhan bagi Anda! Ia ingin Anda menikmati tidur Anda sebagai saat yang memberkati dan menyegarkan. Tuhan emnumpangkan tangan-Nya atas kehidupan Anda bahkan saat tengah malam. Saat Anda menyerahkan kepedulian Anda kepada-Nya dan mempercayai-Nya untuk mengerjakan setiap rinci dari kehidupan Anda, Anda akan dapat menikmati tidur manis yang Ia janjikan. Nikmatilah berkat Tuhan sementara Anda tidur malam. Panjatkanlah doa sebelum Anda tidur dan serahkanlah kepedulian Anda kepada-Nya.

Setiap orang mempunyai masalah; tidak terkecuali Anda. Kita melalui segala sesuatu yang kita tidak mengerti. Kehiudpan Anda dibandingkan dengan kehidupan orang lain adalah nyaman. Jangan pernah menganggap remeh apa yang Tuhan telah lakukan bagi Anda. Anda mungkin mengalami beberapa halangan hari ini, tetapi mungkin dua puluh tahun dari sekarang Anda akan melihat ke belakang dan berkata, “ Itu adalah masa yang luar biasa dalam kehidupanku!”

Kita harus bersukacita dan berbahagia sepanjang waktu. Dalam kesukaran-kesukaran Anda, saat segala sesuatu tidka sesuai dengan keinginan Anda, daripada mengasihani diri sendiri dan berpikir tentang betapa tidak adilnya kehidupan meperlakukan Anda, buatlah sebuah keputusan untuk bersukacita di dalam Tuhan. Pilihlah untuk berbahagia! Pilihlah untuk tetap penuh sukacita.

Bila Anda tetap penuh sukacita, sistem kekebalan Anda berfungsi pada tingkat puncaknya, tepat seperti yang dimaksudkan Tuhan. “ Hati yang gembira adalah obat. “ Satu terjemahan mengatakan, “ Pikiran yang gembira bekerja menyembuhkan. “Dan firman Tuhan itu menegaskan ilmu pengetahuan modern. Salah satu hal tersehat yang Anda dapat lakukan adalah tersenyum lebih sering.

Belajarlah untuk tertawa. Berhentilah bersikap tegang dan tertekan. Sikap yang santai tidak hanya akan memperpanjang usia Anda, tetapi juga membuat kehidupan lebih mudah dinikmati. Itu adalah sebuah alasan yang cukup untuk berhenti mengeluh dan mulai bersukacita. Semakin sering Anda bersyukur kepada Tuhan atas apa yang Anda miliki, semakin sering Ia akan memberikan kepada Anda apa yang Anda tidak miliki.

Bersikap puas berarti Anda tidak mengizinkan keadaan-keadaan mencuri sukacita Anda dan mencegah Anda berbahagia. Anda dapat memilih tetap berbahagia dan puas, tidak peduli apa pun yang menentang Anda. Anda memutuskan untuk tidak membiarkan hal-hal kecil merampas yang terbaik dari Anda. Jika Anda selalu tidak puas, berarti ada sesuatu yang salah dengan Anda.

Anda berkata, “ Aku mempunyai banyak masalah. Aku sangat tidak nyaman di tempat ini. Ini tidak mungkin rencana Tuhan bagiku.” Tuhan Menaruh Anda di sana untuk suatu maksud. Anda mungkin tidak memahaminya. Ia mungkin sedang berusaha melakukan suatu pekerjaan dalam diri Anda. Ia mungkin sedang berusaha mengajar Anda, mendorong Anda, meregangkan Anda, melihat bagaimana Anda akan menanggapi kesukaran.

Apakah Anda membutuhkan kesembuhan bagi tubuh Anda secara jasmani, rohani dan emosional? Perkataan Anda dapat mendatangkan kesembuhan. Mulailah mengucapkan kata-kata yang menyenangkan perkataan kehidupan, dorongan, dan ucapan syukur. Jagalah hati Anda dengan memastikan Anda hanya mendengarkan perkataan yang menyenangkan, yang memberi kehidupan. Pilihlah untuk merenungkan firman Tuhan, hidup dan aktif dan penuh dengan perkataan yang menyenangkan. Sementara Anda memilih kehidupan dengan memilih perkataan yang memberi kehidupan, Anda akan melihat kesembuhan Allah bekerja dalam kehidupan Anda. Anda akan merasa kuat dan damai dalam jiwa Anda.

Banyak orang tiba di tempat kerja lima belas menit terlambat, kemudian mereka mondar-mandir di kantor, pergi mengambil kopi, dan akhirnya duduk di meja atau tempat kerja mereka tiga puluh menit terlambat. Mereka menghabiskan setengah hari dengan berbicara di telepon, dengan bermain game, atau mengirimkan gurauan di internet, kemudian mereka bertanya-tanya, Tuhan, mengapa Engkau tidak memberkati aku? Mengapa aku tidak pernah mendapatkan promosi? Tuhan tidak memberkati keadaan biasa-biasa saja Tuhan memberkati keunggulan.

Hari ini Anda mungkin ada dalam suatu keadaan di mana semua orang di sekitar Anda mengkompromikan integritas mereka atau mengambil jalan pintas yang mudah. Jangan biarkan itu mengganggu Anda. Jadilah orang yang mempunyai roh yang unggul dan menonjol di antara banyak orang. Anda diciptakan sesuai gambaran Tuhan Yang Mahakuasa, dan bagaimana Anda memperlihatkan diri sendiri dalam penampilan pribadi Anda, bukan hanya sebuah cermin tentang bagaimana Anda menganggap diri sendiri, melainkan juga merupakan cermin langsung Tuhan.

Orang-orang yang berintegritas berlaku sama, entah ada orang yang melihat atau tidak. Mereka tidak memperlakukan sahabat-sahabat dan rekan-rekan kerja mereka dengan ramah dan kemudian pulang ke rumah dan meperlakukan keluarga mereka dengan kasar atau tidak hormat. Tidak, jika Anda mempunyai integritas, Anda akan melakukan apa yang benar, entah ada orang yang melihat atau tidak.

Beberapa orang berkata, “ Sedikit bohong putih tidak akan menyakiti siapa pun.” Tidak, kebohongan tidak diberi kode dengan warna. Dalam pandangan Tuhan, tidak ada bohong putih, kelabu, atau hitam. Sebuah kebohongan adalah kebohongan. Jika Anda tidak sedang mengatakan kebenaran, itu adalah sikap yang tidak jujur. Cepat atau lambat, itu akan mengejar Anda. Apa yang Anda tabor akhirnya akan Anda tuai.

Kita semua ingin makmur dalam kehidupan. Tetapi pertanyaan yang nyata adalah : Apakah kita mau membayar harga untuk melakukan hal yang benar? Itu tidak selalu mudah. Apakah kita sedang membayar utang-utang kita dengan jujur? Apakah kita tulus dalam keputusan-keputusan bisnis kita? Apakah kita memperlakukan orang lain dengan penghargaan dan penghormatan? Apakah kita menepati kata-kata kita? Integritas dan kemakmuran adalah dua hal yang sama. Anda tidak dapat mempunyai yang satu tanpa yang lainnya.

Saya berjanji kepada Anda : Jika Anda mau membuat suatu komitmen untuk integritas, dalam jangka panjang Anda akan berjalan lebih jauh lagi, Anda akan lebih bahagia, Anda akan lebih puas. Tuhan akan mempromosikan Anda. Ia menyimpan kemenangan bagi Anda jika Anda hidup dengan jujur. Jika Anda menolak untuk berkompromi, Ia akan menjaga jalan Anda. Jika Anda hanya tenggelam ke tingkat mereka, Anda mungkin mengira bahwa Anda mendapatkan untung, tetapi akhirnya Anda akan menjadi orang yang harus menderita. Akhirnya Anda akan menjadi orang yang kalah.

Apakah Anda tahu bahwa ada kekuatan hidup dalam perdamaian? Itulah sebabnya Tuhan memerintahkan agar kita hidup dalam perdamaian dengan orang-orang di sekitar kita. Saat terjadi perselisihan dan pertikaian, musuh akan masuk untuk bekerja dalam kehidupan Anda. Saat Anda berdamai, kita pada posisi yang kuat. Berdamai dengan orang-orang disekeliling Anda tidak berarti harus setuju dengan setiap orang. Anda hanya sedang berjalan dalam kasih. Itu berarti Anda sabar dan ramah, tidak iri, tidak sombong, penuh perhatian, ramah dan murah hati. Jika Anda membutuhkan damai sejahtera, mintalah Tuhan memenuhi hati Anda supaya Anda dapat membagikan damai itu kepada orang-orang di sekeliling Anda.

Tuhan mempunyai hal-hal yang luar biasa bagi Anda. Inilah saatnya untuk menyalakan kembali api Anda; mendapatkan kembali dan mengadopsi kembali sikap yang baru, positif, dan bahagia. Anda berkata, “ Ya, tetapi aku telah mengalami tahun yang sukar. Aku telah melewati begitu banyak kekecewaan. Aku telah kehilangan banyak hal baik. “ Mungkin begitu, tetapi pernahkah Anda mempertimbangkan hal ini? Jika bukan karena kebaikan Tuhan, Anda mungkin telah kehilangan segalanya. Anda mungkin bahkan tidak ada di sini hari ini. Mengapa tidak bersyukur atas apa yang Anda miliki?

Tanyalah diri Anda, “ Apakah cara hidupku menarik dan berpengaruh? Akankah sikapku, perkataanku, ekspresiku, caraku menangani tantangan dan kemunduran, membuat orang menginginkan apa yang kumiliki?” Dengan kata lain, apakah Anda sedang menarik orang kepada Tuhan, karena sukacita Anda, sikpa bersahabat Anda, antusiasme Anda, atau sikap iman Anda? Atau apakah Anda mengasingkan orang, menjauhkan mereka karena Anda selamanya bersikap negatif, putus asa, kasar, atau sinis? Tak seorang pun nyaman berada di sekitar orang seperti itu.

Anda  akan heran melihat bagaimana Tuhan mencurahkan kemurahan-Nya, dan bagaimana “ istirahat “ itu akan mulai datang kearah Anda, saat Anda mulai hidup dengan antusiasme. Para majikan memilih pegawai yang bersemangat bekerja di perusahaan mereka. Atasan Anda lebih mungkin memberikan kepada Anda kenaikan gaji atau promosi jika Anda mempunyai sikap yang baik. Penelitian memperlihatkan bahwa orang-orang yang antusias sering dipromosikan lebih dahulu dari para pegawai yang sebenarnya lebih berkualifikasi.

Tuhan ingin memulihkan pernikahan, keluarga, dan karier Anda. Ia ingin memulihkan impian-impian yang hancur itu. Ia ingin mengembalikan sukacita Anda dan memberikan kepada Anda damai sejahtera dan kebahagiaan yang Anda tidak pernah kenal sebelumnya. Tuhan tidak ingin Anda hanya merasa semakin baik selama beberapa hari setelah Anda membaca buku Your Best Life Now. Tidak, Tuhan mempunyai sebuah visi tentang kemenangan penuh bagi kehidupan Anda! Berpeganglah pada visi kemenangan baru yang telah Tuhan berikan kepada Anda.