Mencapai Potensi Hidup yang Maksimal

Kesuksesan
Seorang Manusia Mampu berkembang

Mendambakan masa depan yang lebih baik dan dambaan setiap orang? Sukses dalam karir? Sukses dalam rumah tangga Anda? Bahkan dalam hubungan sosial Anda?Kendala yang terbesar ada pada diri Anda Sendiri….Yuk kita keluar dari pola piker sempit menuju potensi hidup yang maksimal……

Langkah pertama untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal adalah perluaslah wawasanmu. Anda harus mampu memandang kehidupan ini dengan mata iman, pandanglah dirimu sedang melesat ke level yang lebih tinggi. Anda harus memiliki gambaran mental yang jelas tentang ap ayang akan Anda raih. Gambaran ini harus menjadi bagian dari dirimu, di dalam benakmu, dalam percakapanmu, meresap ke pikiran alam bawah sadarmu, dalam perbuatanmu dan dalam setiap aspek kehidupanmu. (NR)

Langkah ke dua untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal adalah mengembangkan gambar diri yang sehat. Itu artinya Anda harus melandari gambar dirimu di atas apa yang TUHAN katakana tentang Anda. Keberhasilanmu meraih tujuan, sangat tergantung pada bagaimana Anda memandang dirimu sendiri dan apa yang Anda rasakan tentang dirimu; sebab hal itu menentukan tingkat kepercayaan diri Anda dalam bertindak. Fakta menyatakan bahwa, Anda tidak akan pernah melesat lebih tinggi dari apa yang Anda bayangkan mengenai diri sendiri. (NR)

Langkah ke tiga untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal adalah temukan kekuatan dibalik pikiran dan perkataanmu. Target utama serangan musuh adalah pikiranmu. Ia tahu sekiranya ia berhasil mengendalikan dan memanipulasi apa yang Anda pikirankan, maka ia akan berhasil mengendalikan dan memanipulasi seluruh kehidupanmu. Sunggu, pikiran menentukan prilaku, sikap dan gambar diri. Pikiran menentukan tujuan. Itulah sebabnya Tuhan memperingatkan kita untuk senantiasa menjaga pikiran. ( NR )

Anda mungkin saja telah kehilangan segala yang tidak seorangpun patut mengalaminya dalam hidup ini. Jika Anda ingin hidup berkemenangan, Anda tidak boleh memakai trauma masa lalumu sebagai dalih untuk membuat pilihan-pilihan yang buruk saat ini. Anda harus berani tidak menjadikan masa lalumu sebagai alasan atas sikap burukmu selama ini, atau membenarkan tindakanmu untuk tidak mengampuni seseorang. Langkah ke empat untuk mencapai pontesi hidupmu yang maksimal saat ini adalah lepaskanlah masa lalumu, biarkanlah ia pergi. ( NR )

Langkah ke lima untuk mencapai pontesi hidupmu yang maksimal adalah temukan kekuatanmu di dalam keadaan yang paling buruk. Kita harus bersikap: Saya boleh saja terjatuh beberapa kali dalam hidup ini, tetapi saya tidak akan terus tinggal di bawah sana. Kita semua menghadapi tantangan dalam hidup ini. Kita semua pasti mengalami hal-hal yang datang menyerang kita. Kita boleh saja dijatuhkan dari luar, tetapi kunci untuk hidup berkemenangan adalah belajar bagaimana untuk bangkit lagi dari dalam. (NR)

Salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi untuk mencapai potensi hidup yang maksimal adalah godaan untuk hidup mementingkan diri sendiri. Sebaba kita tahu bahwa TUHAN memang menginginkan yang terbaik buat kita, ia ingin kita makmur, menikmati kemurahan-Nya, dan banyak lagi berkat yang Ia sediakan bagi kita, namun kadang kita lupa dan terjebak dalam prilaku mementingkan diri sendiri. Sesungguhnya kita akan mengalami lebih banyak sukacita dari yang pernah dibayangkan apabila kita mau berbagi hidup dengan orang lain, inilah langkah ke enam untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal. (NR)

Kehidupan terbaikmu dimulai hari ini! TUHAN ingin Anda menikmati kehidupanmu sekarang juga. Langkah ke tujuh untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal adalah memilih untuk berbahagia hari ini. Anda tidak harus menunggu sampai semua persoalanmu terselesaikan. Anda tidak harus menundan kebahagiaan sampai Anda mencapai semua sasaranmu. TUHAN ingin Anda berbagia apapun kondisimu, sekarang juga! (NR)

Tak perlu diragukan, gambar diri yang sehat adalah salah satu kunci sukses dan kebahagiaan bagi setiap individu. Alasan mengapa konsep diri sangat penting adalah : Anda kemungkinan akan berbicara, berprilaku, dan bertindak seperti seseorang yang Anda pikirkan, yaitu diri Anda. Para psikolog telah membuktikan bahwa Anda akan paling konsisten menampilkan gaya yang selaras dengan apa yang Anda bayangkan tentang diri Anda. Pikiranmu akan merampungkan gambar yang Anda suruh lukiskan mengenai dirimu. (NR)

Kita harus memahaminya di dalam sebelum, kita menerimanya di luar. Jika Anda tidak pernah berpikir bahwa Anda dapat memperoleh sesuatu yang baik, maka Anda tidak akan pernah memperolehnya. Hambatannya ada dipikiranmu. Itu bukan karena TUHAN kekurangan fasilitas atau Anda kurang berbakat sehingga Anda tidak sukses. Pola piker yang salah dapat menghambatmu mnerima yang terbaik dari TUHAN. (NR)

Pikiran mempengaruhi perasaan kita. Kita merasakan seperti apa yang kita pikirkan. Anda tidak akan pernah berbahagia sampai Anda memiliki pikiran yang berbahagia. Sebaliknya, adalah mustahil untuk tinggal dalam kekecewaan kecuali kita memikirkannya. Begitu banyak kesuksesan dan kegagalan dalam hidup ini dimulai dari pikiran kita. Dan hal itu dipengaruhi oleh apa yang ingin kita pikirkan. (NR)

Kita hidup dalam masyarakat yang suka membuat lasan, dan salah satu kalimat favorit kita adalah : “ Itu bukan salah saya. “ Sesungguhnya, apabila kita mengalami kepahitan dan tertolak, itu karena kita membiarkan diri kita sendiri demikian. Kita semua pernah mengalami kejadian-kejadian yang buruk dalam hidup ini. Jika terasa sedikit berat. Anda akan dengan mudahnya menemukan alasan untuk cepat marah dan tersinggung. Kalau mau, setiap orang juga bisa membuat alasan dan menyalahkan masa lalunya yang menyebabkan ia bersikap buruk, tidak bisa apa-apa, atau pemarah. (NR)

Khusus bagi kita yang telah lama sekali bergumul dengan masalah atau kelemahan kita, biasanya kita akan tiba pada suatu titik di mana kita menyerah tanpa syarat. Lalu kita berkata. “ Wah, saya telah sekian lama menderita penyakit ini. Saya rasa saya tidak akan pernah sembuh. “ “ Pernikahan saya telah kering dan suram selama bertahun-tahun; mengapa saya harus mengharapkan suatu perubahan sekarang ? “ “ Saya sering membentur-benturkan kepala ke langit-langit kaca perusahaan dimana saya bekerja. Tampaknya, inilah batas ketinggian yang dapat saya capai. “ Jika Anda ingin mencapai potensi hidup yang maksimal, Anda harus menetapkan standar yang lebih tinggi dari itu. (NR)

Masyarakat mengajar kita untuk selalu bertanya: “ Apakah hal itu menguntungkan saya? Saya akan membantu Anda, tapi apa imbalannya buat saya? “ Kita sudah cap sebagai generasi “ aku “ dan sikap narcisime ini kadang terbawa-bawa dalam hubungan kita dengan TUhan, keluarga kita, dan orang lain. Namun jika Anda ingin mengalami sukacita yang lebih dalam, atau merindukan Ia mencurahkan berkat dan kemurahan-Nya dalam hidupmu, maka Anda harus meninggalkan cara berpikir yang demikian. ( NR )

Kebahagiaan adalah pilihan. Ketika Anda bangun pagi, Anda dapat memilih bersukacita dan menikmati hati itu. Semua itu tergantung Anda. Jika Anda membiarkan keadaan mendikte kebahagiaanmu, maka Anda beresiko kehilangan damai sejahtera dan berkat Tuhan. Daripada begitu, lebih baik Anda memilih bersukacita dan menikmati hidupmu! Ketika Anda melakukannya, tidak saja Anda akan merasa lebih baik, tetapi jua imanmu akan mendorong Tuhan melakukan pekerjaan yang ajaib. (NR)

Pernahkah Anda melihat dirimu menyelesaikan impianmu? Apakah Anda masih menyimpan baying-bayang kemenangan tersebut dibenakmu? Apa yang Anda lihat di benakmu akan mempengaruhi hidupmu. Anda akan menghasilkan apa yang selalu Anda lihat di dalam benakmu. Bila Anda menyimpan bayangan kegagalan dan kekalahan, maka Anda akan menjalani hidup yang seperti itu. Namun apabila Anda mengembangkan bayangan kemenangan dan kebahagiaan, maka tidak ada satupun di muka bumi ini yang dapat menahannya dari Anda. (NR)

TUHAN yang kita memiliki gambari diri yang positif dan sehat. Karena itu pandanglah dirimu sebagai harta yang tak ternilai. Ia ingin kita merasa enak tentang diri kita. TUHAN tahu bahwa kita tidak sempurna, bahwa kita semua punya pelanggaran dan kelemahan; bahwa kita semua membuat kesalahan. Tetapi berita baiknya adalah, TUHAN tetap mengasihi kita. Ia menciptakan kita menurut gambar-Nya, dan ia terus membentuk kita, meneguhkan kita, menolong kita untuk menjadi serupa dengan Tuhan. (NR)

Andalah yang memutuskan apa yang ingin Anda menikmati di dalam pikiranmu. Meskipun musuh menanamkan hal-hal yang negatif ke dalam otakmu, tidak berarti Anda harus “ menyiraminya” merawatnya dan membantunya bertumbuh. Tidak! Anda dapat memecatnya dari pikiranmu. Pikiranmu bagaikan komputer raksasa. Di dalam otakmu tersimpan segala macam pikiran. Namun demikian tidak berarti Anda harus menarik keluar pikiran yang negatif dan menampilkannya pada layar pikiranmu. (NR)

Inilah saatnya membiarkan luka-luka emosionalmu dipulihkan, tinggalkan semua alasanmu, berhentilah menyesali diri sendiri. Inilah saatnya keluar dari mentalitas seorang korban. Tidak seorangpun bahkan TUHAN pernah menjanjikan bahwa hidup ini akan adil. Janganlah membanding – bandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain. Berhentilah bertanya seperti: “ Mengapa begini? “ atau “ Mengapa begitu?” atau “Mengapa harus saya? “ (NR)

Anda mungkin menjumpai beberapa rintangan yang serius, lalu Anda merasa seolah-olah hidup ini runtuh di atas kepalamu, menghentikan kakimu dan mendorongmu hingga jatuh. Namun kabar baiknya adalah, Anda tidak harus tinggal di bawah terus. Walaupun seandainya Anda tidak dapat bangkit secara jasmani, bangkitlah secara mental. Dengan kata lain, milikilah sikap mental seorang pemenang. Tinggallah dalam sikap iman. (NR)

Anda harus belajar memberi, jangan hanya mau menerima saja. Berhentilah membicarakan apa yang orang lain dapat lakukan buat Anda, tetapi mulailah membahas apa yang Anda dapat lakukan buat orang lain. Kita tidak diciptakan sebagai orang yang berfungsi untuk diri sendiri saja, hanya memikirkan diri sendiri. Tidak, TUHAN menciptakan kita sebagai makhluk pemberi. Dan Anda tidak akan pernah sepenuhnya merasa sebagai manusia sampai Anda mengerti rahasia sederhana tentang bagaimana member hidup Anda. (NR)

Berhentilah mengkuatirkan apa yang akan terjadi atas segala sesuatu jalanilah hari ini untuk hari ini; usahakanlah lebih baik lagi, nikmatilah momen seperti ini sesering mungkin. Adalah baik memiliki gambaran tentang apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi jika Anda selalu hidup di masa depan, Anda Tidak akan pernah menikmati masa kini seperti TUHAN inginkan. (NR)

Seringkali kita mentok di jalan kehidupan yang tidak enak dan membosankan, lalu kita berpikir bahwa kita sudah sampai di ambang batas kemampuan. Pahal kita belum sunguh-sungguh merentangkan iman kita. Kita tidak percaya akan hal-hal yang besar dari TUHAN. Namun TUHAN ingin kita senantiasa meningkat, naik terus ke level yang lebih tinggi. Ia ingin meningkatkan Anda dalam hal hikmat dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik. TUHAN ingin meningkatkan keuangan Anda, dengan mempromosikan Anda dan memberi And aide-ide yang segar dan kreatif. (NR)

Kita harus belajar menerima diri sendiri, termasuk aibg dan segala kekurangan kita, bukan karena mau bersikap egois atau memanjakan kelemahan kita. Tetapi karena seperti itulah cara Tuhan mengasihani kita. Anda boleh menegakkan kepala dan berjalan dengan penuh percaya diri karena Tuhan mengasihani Anda tanpa syarat. Kasih-Nya pada Anda berdasarkan siapa diri Anda, bukan pada apa prestasi Anda. Ia menciptakan Anda sebagai pribadi yang unit tidak pernah ada, bahkan tidak akan pernah ada orang lain yang persis seperti Anda, sekalipun Anda memiliki saudara kembar sebab Ia menganggap Anda sebagai maha karya-Nya yang spesial. (NR)

Semakin sering kita mendengarkan kebohongan musuh, semakin banyak sampah yang ia tumpahkan ke dalam pikiran kita. Hal ini seolah-olah kita membuka pintu lebar-lebar dan memasang papan petunjuk yang bertuliskan: “ Di sini tempat sampah!: Setiap orang bisa saja mengalami putus asa dan depresi. Hidup ini memang keras, dan kadang merugikan kita. Kita semua kadang-kadang masih jatuh. Tetapi yang penting Anda jangan diam di bawah terus. (NR)

Anda mungkin telah mengalami banyak penderitaan, bertahan dalam kemalangan besar, dan melewati banyak pengalaman buruk, tetapi jangan ijinkan masa lalu menentukan masa depanmu. Kita tidak dapat berbuat apa-apa atas semua masa lalu kita, tetapi kita dapat memilih bagaimana menghadapi apa yang ada di depan kita. Jangan menyimpan kebencian dan penolakan yang dapat meracuni masa depanmu. Biarkanlah semua luka dan sakit itu berlalu. Ampunilah orang yang bersalah kepada Anda. Ampunilah dirimu sendiri atas kesalahan yang telah Anda perbuat. (NR)

Jangan biarkan dirimu terbungkus dalam pikiran negatif, bersungut-sungut dan menyalahkan TUHAN. Ubahlah sikapmu dan katakanlah, “ Tuhan, saya tidak mengerti semua ini, tetapi saya tahu semua ini ada di bawah pengawan-Mu. Dan bukankah Engkau berkata bahwa segala sesuatu turut bekerja untuk kebaikanku. Engkau akan memutarbalikkan kejahatan dan membuatnya menjadi keuntungan bagiku. Jadi, aku bersyukur karena Engkau membawaku melewati semua ini!” Apapun yang Anda hadapi dalam hidup ini, kemalangan tidak akan membuat Anda jatuh. (NR)

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda sedang menghadapi masalah adalah membantu orang lain menyelesaikan masalahnya. Jika Anda ingin impianmu di genapi, bantulah seseorang untuk meraih impiannya. Mulailah dengan menabur sejumlah benih maka TUHAN akan memberimu tuaian. Dikala kita memenuhi kebutuhan orang lain, maka TUHAN akan memenuhi kebutuhan kita. (NR)

Manakala kita terlalu berfokus pada masa depan, kita seringkali jadi putus asa. Padahal TUHAN telah member kita anugerah untuk menikmati hari ini. Pada saat kita tiba di hari esok, kita pasti memiliki kekuatan untuk melewatinya. TUHAN akan memberikan apa yang kita butuhkan. Namun jika kita mengkuatirkan hari esok pada saat ini, kita pasti frustasi dan patah semangat. (NR)

TUHAN ingin saat ini menjadi waktu yang terbaik dalam hidup Anda. Tetapi jika Anda ingin menerima kemurahan ini, Anda harus memperluas visimu. Anda tidak bisa mondar-mandir dengan pikiran negatif, pikiran pesimis dan pikiran yang sempit. (NR)

TUHAN memandang Anda sebagai pemenang. Ia mempercayai Anda bahkan lebih daripada Anda mempercayai dirimu sendiri. Pertimbangkanlah hal ini: Anda dapat mengubah citra diri Anda selama ini. Bagaimana? Mulailah dengan menyetujui TUHAN. Ingat, TUHAN memandang Anda sejajar dengan pria dan wanita hebat lainnya, terhormat dan penuh keberanian. Ia menganggap Anda lebih dari pemenang. Sekarang pandanglah dirimu seperti TUHAN memandangmu. Berhentilah membuat alasan dan mulailah melangkah dengan iman, lakukanlah apa yang menjadi panggilanmu di dalam Tuhan. (NR)

Anda harus bertanggung jawab atas semua tindakanmu. Selama Anda mencari-cari alasan dan menyalahkan latar belakang keluarga, lingkungan, hubungan masa lalu dengan orang lain, keadaanmu atau mengkambinghitamkan Tuhan, setan, seseorang atau sesuatu, kita tidak akan pernah sungguh-sungguh merdeka dan sehat secara emosional. Kita harus sadar dan memiliki pemikiran yang luas bahwa, kita dapat mengendalikan tujuan hidup kita. (NR)

Anda mungkin sedang marah kepada TUHAN karena Ia tidak menjawab doamu, atau kepada situasi tertentu dimana tidak terjadi seperti yang Anda harapkan. Apapun alasanmu, Anda tidak akan pernah bahagia selama Anda menyimpan kepahitan di hatimu. Anda akan terus berkubang dalam sikap mengasihi diri sendiri, menyesali diri, menganggap hidup ini tidak adil. Anda harus membuang sikap negatif dan kemarahanmu itu. Ganti saluran dan mulailah berfokus pada kebaikan TUHAN. (NR)

Anda mungkin sedang berada dalam situasi dimana Anda telah melakukan yang terbaik. Andapun telah berdoa, percaya dan menancapkan imanmu kuat-kuat di atas kebenaran firman TUHAN. Namun kelihatannya tidak terjadi apa-apa. Nah, jangan sampai Anda terpancing untuk berkata, “ Kalau begitu apa gunanya? “ tidak ada perubahan. “ Jangan menyerah!” tetap teguh! Tetaplah berdoa; tetaplah percaya; tetaplah berharap dalam iman. (NR)

Kita diciptakan untuk member, tidak hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Jika Anda kehilangan kebenaran ini, Anda akan kehilangan kelimpahan dan luapan sukacita yang telah TUHAN sediakan bagimu. Pada saat Anda keluar menjangkau orang-orang yang membutuhkan, maka TUHAN akan memenuhi kebutuhanmu. Buanglah pikiran yang egois dan bantulah orang-orang yang membutuhkan. Kunjungilah panti asuhan atau rumah sakit anak-anak. Jadilah temannya dan berilah ia dorongan semangat. Anda perlu menabur sejumlah benih agar TUHAN dapat memberimu panen besar. (NR)

Belajarlah hidup hari ini untuk hari ini. Dengan mengarahkan keinginanmu, pilihlah untuk bersukacita dan menikmati hari ini. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak dinikmati setiap harinya. Belajarlah untuk menikmati segala sesuatu dalam hidupmu. Kebahagian adalah keputusan yang Anda buat, bukan suasana hati yang Anda rasakan. Memang ada waktu-waktu tertentu dalam hidup ini, kita mengalami hal-hal yang buruk atau sesuatu yang tidak kita harapkan. Tetapi justru itulah saatnya kita harus membuat keputusan bahwa kita akan memilih kebahagiaan daripada termakan keadaan. (NR)

Mulailah mengharapkan berkat dari TUHAN. Mulailah bersiap-siap untuk menerima promosi dan kemajuan secara supranatural. Anda harus memberi ruang bagi kemajuan didalam pikiranmu, selanjutnya TUHAN yang akan membuat hal-hal tersebut tergenapi. Anda harus belajar memperluas visimu, memandang masa depan dengan mata imanmu, sebab pikiranmu yang salah akan menghambat hal-hal yang baik terjadi dalam hidupmu, TUHAN tidak akan mencurahkan ide-ide kreatif yang segar dan berkat-berkatnya ke dalam sikapmu yang lama.

Apakah Anda sedang membiarkan kelemahan dan rasa tidak aman menghalangimu menjadi yang terbaik? Apakah Anda selalu berdalih perihal tidak dapat meraih posisi kepemimpinan baru di tempat kerja, tidka dapat terlibat dalam program di gereja, tidak dapat melayani komunitasmu atau tidak dapat membantu teman yang sedang membutuhkan? TUHAN ingin memakai Anda meskipun Anda memiliki segudang kelemahan. Janganlah berfokus pada kelemahanmu; berfokuslah pada TUHAN. Apabila TUHAN memilih untuk memakai orang-orang yang sempurna saja, maka tidak ada seorangpun yang memenuhi syarat.

Inilah saatnya memikirkan tentang apa yang sedang Anda pikirkan. Apa yang Anda renungkan di dalam pikiranmu? Apakah Anda terfokus kepada persoalanmu? Apakah ANda selalu bermain dengan pikiran negatif? Cara Anda memandang hidup inilah yang membuat semuanya berbeda di dunia ini khususnya bagi Anda!

Kita semua fasih menggunakan remote control untuk mengganti saluran televise. Bila ada acara yang tdiak kita sukai, tidak perlu bersusah payah ganti saja salurannya. Kita perlu belajar bagaimana mengganti saluran mental kita, tatkala bayangan negatif dari masa lalu muncul dibenak kita secara tidak disengaja. Namun sayangnya banyak di antara kita yang ketika melihat bayangan negatif itu muncul bukannya segera mengganti saluran, malah duduk sambil menikmati popcorn, seolah-olah sedang menonton film yang baik. Jadi bertekadlah untuk mengganti saluran tersebut.

TUHAN akan member pahala jika Anda mampu bertahan dari dalam. Mungkin Anda sedang terbaring di rumah sakit atau sedang terbaring rata di rumahmu. Namun seklipun Anda tidak dapat berdiri secara fisik, tidak ada satupun yang dapat menghentikan Anda untuk berdiri teguh dari dalam penyakit bisa saja membuat Anda terbaring, tetapi Anda tidak harus terbaring secara rohani dan mental. Anda dapat tetap bangkit di hatimu, pikiranmu dan keinginanmu.

Anda boleh saja berkata, “ Saya tidak punya apa-apa untuk dibagikan.” Tetapi Anda dapat memberikan senyum. Anda dapat memberikan pelukan. Ada orang membutuhkan sesauatu yang dapat Anda berikan. Ada orang yang membutuhkan persahabatan. Ada orang yang membutuhkan dorongan semangat. TUHAN tidak menciptakan kita sebagai “ Prajurit yang kesepian.” Ia menciptakan kita sebagai makhluk bebas, tetapi ia tidak bermaksud agar kita menjadi orang yang serba sendiri. Kita sungguh saling membutuhkan satu sama lain.

TUHAN memberikan damai sejahtera di dalam kita, tetapi semua itu terserah bagaimana kita mengaplikasikannya. Khususnya dalam menghadapi tekan hidup ini, kita harus belajar bagaimana mengalir dalam damai sejahtera TUHAN. Hal yang dapat Anda lakukan dalam kondisi demikian adalah memilih untuk bersikap benar. Anda harus memilih tetap bersukacita.

Tuhan mendorong murid-murid untuk memperbesar visinya: “ Engkau tidak dapat menaruh anggur yang baru ke dalam kerbat anggur yang lama. “ Tuhan berkata bahwa Anda tidak dapat mencapai kehidupan yang hebat dengan sikap seadanya. Pelajaran tersebut tetap relevan sampai hari ini. Kita ditentukan oleh kebiasaan kita, di pengaruhi oleh perspektif kita dan terbentur oleh cara berpikir kita. TUHAN sedang mencoba sesuatu yang baru, namun apakah kita bersedia berubah, bersedia memperluas dan memperbesar visi kita; kalau tidak, kita akan kehilangan kesempatan dari-Nya.

TUHAN suka memakai orang-orang sederhana seperti Anda dan saya, yang masih suka melakukan kesalahan dan hal-hal yang umum. Anda mungkin merasa tidak mampu dengna kekuatanmu, tetapi tidak apa-apa. Rasul Paulus berkata, “ Ketika kita sedang lemah, Ia kuat.” Firman TUHAN berkata bahwa Ia selalu membawa kita mengalami kemenangan. Ia berharap kita hidup berkemenangan. Apakah dirimu sedang dipakai TUHAN? Apakah Anda mampu melakukan apa yang TUHAN inginkan? Apakah Anda kuat di dalam Tuhan dan Kuasa-Nya?

Terus terang, kita tidak dapat menghindari masalah dan hidup dalam penyangkalan, seolah-olah tidak pernah terjadi sesuatu yang buruk pada kita. Jika Anda sedang sakit, akuilah; tetapi arahkan pikiranmu kepada Sang Penyembuh. Jika tubuhmu lelah, jika rohmu letih, baliklah; kami semua mengerti. Kadang hal paling rohani yang dapat Anda lakukan dalam kondisi demikian adalah beristirahat. Tetapi jangan lepaskan fokusmu dari Sang Pemberi janji yang akan memperbaharui kekuatanmu.

Bila Anda pernah mengalami sesuatu yang amat menyakitkan, jangan biarkan pengalaman itu mendominasi hidupmu. Anda harus bisa mengatasinya. Kalau Anda tidak membiarkan yang lama berlalu, maka TUHAN tidak akan memberikan hal-hal baru kepadamu. Adalah wajar kalau kita merasa sedih, tetapi tidak seharusnya kita’terus bersedih setelah lima atau sepuluh tahun kemudian. Bila Anda ingin dipulihkan, bila Anda ingin sembuh, Anda harus melanjutkan perjalanan hidupmu.

Apapun keadaanmu atau seberapa parah kondisinya, Anda dapat berdiri teguh di dalam. Anda harus memaksakan kehendakmu tidak hanya perasaanmu. Anda boleh saja duduk menunggu TUHAN mengubah keadaanmu, supaya Anda bahagia, supaya Anda bisa memuji Tuhan. Tetapi TUHAN sedang menunggu Anda bangkit dari dalammu. Kalau Anda melakukan bagianmu, maka Ia akan mulai mengubah sesuatu dan bekerja secara ajaib di dalam hidupmu.

Seseorang mungkin membutuhkan pelukanmu hari ini. Yang lainnya membutuhkan kasihmu. Yang lain lagi membutuhkan sentuhanmu. Anda mungkin tidak menyadari, bahwa ada kesembuhan di tanganmu. Ada kesembuhan di suaramu, tetapi TUHAN ingin memakai Anda untuk membawa pengharapan, kesembuhan, kasih dan kemenangan kepada orang-orang kemanapun Anda pergi. Jangan berfokus pada masalahmu sendiri, janganlah berfokus pada kebutuhanmu sendiri, tetapi utamakanlah berkat bagi orang lain. TUHAN pasti akan bekerja luar biasa, melebihi apa yang pernah Anda minta dan pikirkan.

Hidup ini berjalan cepat, jadi janganlah membuang-buang waktu & momen yang berharga dalam hidupmu dengan kemarahan, kekesalan dan kekuatiran. Pemazmur tidak berkata “ Esok, kalau aku sedang tidak ada masalah, aku akan bersukacita.” Tidak, ia berkata, inilah harinya dimana TUHAN ingin Anda bersukacita.

Bagi Anda yang sedang membaca renungan ini, berarti Anda siap naik ke jenjang yang lebih tinggi; karena itu Anda harus mencapai potensimu sepenuhnya. Berita baiknya adalah, TUHAN ingin memperlihatkan kepada Anda kemurahan-Nya yang luar biasa. Dia ingin memperlihatkan kepada Anda kemurahan-Nya yang luar biasa. Dia ingin memenuhi hidupmu dengan “ anggur baru,” tetapi apakah Anda bersedia meninggalkan kerbat lamamu? Maukah Anda mulai berpikir sesuatu yang besar? Maukah Anda memperbesar visimu dan meninggalkan pola pikir negatif yang menghalangi kemajuanmu.

Anda harus belajar untuk membuang semua pikiran negatif itu dan mulailah memandang dirimu seperti TUHAN memandangmu sebagai pemenang dan penakluk. TUHAN memandang Anda “ mampu.” Jika Anda ingin keadaanmu menjadi lebih baik, pertama Anda harus bisa melihat  perubahan melalui “ mata imanmu.” Anda harus mampu melihat dirimu berbahagia, berkecukupan, sukses dan hidup dalam kemenangan.

Masa-masa sukar pasti dialami oleh setiap orang, Tuhan tidak berkata bahwa kadang-kadang masalah tidak ada; Ia berkata bahwa apabila hal itu terjadi, kita dapat menentukan sikap. Kita dapat memilih untuk percaya bahwa Ia lebih besar daripada segala masalah kita; dan kita dapat memilih jalan pikiran yang tepat. Jika Anda merenungkan janji-janji TUHAN, maka Anda akan dipenuhi dengan harapan. Anda akan mengembangkan sikap iman yang positif, dan semakin mendekati kemenangan.

Terlalu sering kita dibayangi kenangan masa lalu yang menyakitkan, tidak yakin akan kerinduan TUHAN membawa membawa pemulihan. Luka lama tidak akan sembuh total kecuali kita mau meninggalkannya. Ingatlah, bahwa perasaanmu mengikuti pikiranmu. Ketika Anda memikirkan kenangan masa lalu yang menyakitkan, perasaanmu pun bangkit lagi, dan Anda kembali merasa pedihnya saat ini. Anda dapat membayangkan sesuatu dipkiranmu dan merasakannya tepat seperti apa yang terjadi pada dua puluh tahun yang lalu.

Kembangkanlah mental seorang pemenang dan perhatikan apa yang akan TUHAN kerjakan. Anda barangkali merasa letih-lesu, kewalahan dan hampir menyerah, namun jangan biarkan dirimu mengangkat bendera putih dan menyerah. Anda harus keluar dari mental pecundang dan mulailah berpikiran dan memiliki keyakinan secara positif. Anda harus bersikap seperti ini: Pokoknya aku harus keluar dari masalah ini! Hari pembebasanku telah tiba. Aku dan seisi rumahku, kami akan melayani Tuhan.

Jangan menjadi orang yang hidupnya berpusat pada diri sendiri. Anda punya banyak hal untuk diberikan, bahkan seringkali terlalu banyak. Ketika Anda hidup berpusat pada diri sendiri, maka Anda tidak saja sedang kehilangan yag terbaik dari TUHAN, tetapi juga Anda sedang merampas sukacita dan berkat orang lain TUHAN titipkan melalui Anda. Memang mudah mengkritik dan menyalahkan atau menunjuk kesalahan orang lain. Tetapi TUhan ingin kita memtivasi mereka, menjadi berkat, mengucapkan kata-kata iman dan kemenangan ke dalam hidup mereka. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memberikan pujian kepada seseorang?

Sesungguhnya TUHAN sedang menunggu Anda. Apabila Anda bersedia mengubah sikapmu dan mulai menikmati keberadaanmu saat ini, TUHAN akan menunjukkan dan mulai berkarya dalam hidupmu. Jika Anda selalu menunggu situasi tertentu untuk membuatmu bahagia, maka Anda hanya akan menghabiskan waktu sepanjang hidup ini.

Bila diperhatikan dengan seksama, Anda akan mendapati bahwa TUHAN selalu berusaha memotivasi Anda. Ia membuat Anda bertemu dengan orang-orang yang jauh lebih sukses, yaitu mereka yang rumahtangganya harmonis, mereka yang menikmati kemurahan TUHAN dengan cara yang ajaib. Ketika Anda mendengar kesuksesan orang lain atau orang-orang yang sedang melakukan apa yang Anda ingin lakukan, bangkitlah dan termotivasilah daripada menjadi iri hati.

Mengertilah, bahwa Anda ada bukan karena kesalahan alam, terjadi secara acak tanpa tujuan hidup yang jelas di dunia ini. TUHAN memiliki tujuan yang spesifik untuk hidupmu. Ia tidak bermaksud membuat hidupmu sengsara, tertekan, kesepian, sakit-sakitan dan menjadi pecundang.

Menarik sekali, Tuhan berkata kenakanlah manusia baru. Itu artinya Anda tidak bisa hanya duduk-duduk secara pasif lalu mengharapkan manusia baru itu muncul secara tiba-tiba; juga Anda tidak bisa hidup dengan pola pikir yang negatif lalu berharap segala sesuatunya tiba-tiba menjadi lebih baik. Tidak, Anda perlu membuang semua pikiran negatif dan mengenakan sikap yang baru. Dengan kata lain, Anda harus mengubah pola berpikirmu dan mulailah membiasakan diri dengan hal-hal yang baik dari TUHAN. Jika Anda mulai kembali lagi kepada pola pikir yang negatif, Anda akan menjadi mudah kecewa.

Langkah untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal adalah mengembangkan gambar diri yang sehat. Itu artinya Anda harus melandasi gambar dirimu di atas apa yang TUHAN katakana tentang Anda. Keberhasilanmu meraih tujuan, sangat tergantung pada bagaimana Anda memandang dirimu sendiri dan apa yang Anda rasakan tentang dirimu; Sebab hal itu menentukan tingkat kepercayaan diri Anda dalam bertindak. Fakta menyatakan bahwa, Anda tidak akan pernah melesat lebih tinggi dari apa yang Anda bayangkan mengenai dirimu sendiri.

Bila Anda sungguh-sungguh ingin hidup sehat, dan ingin memiliki tubuh dan emosi yang sempurna, Anda harus bangkit dan melanjutkan perjalanan hidup ini. Jangan lagi hidup dalam kebohongan dan perasaan mengasihani diri sendiri. Sebaliknya, mulailah mengampuni orang yang menyakiti Anda. Hari ini akan menjadi titik balik dalam kehidupanmu, waktu permulaan yang baru dalam hidupmu. Jangan membuang-buang menit berikutnya untuk berpikir kenapa hal-hal yang jahat bisa terjadi padamu dan orang-orang yang Anda kasihi. Jangan mau lagi hidup dengan mental seorang korban.

Dengan pertolongan TUHAN, Anda bisa bangkit lagi dari dalam. Anda harus memperlihatkan kepada musuh bahwa Anda lebih gigih dari dia. TUHAN ingin Anda menjadi pemenang. Tidak ada alasan bagimu untuk hidup dalam situasi yang mengecewakan terus menerus. Seberapa kalipun Anda terpukul jatuh, tetaplah bangkit lagi. TUHAN melihat kegigihanmu. Ia melihat tekadmu. Dan ketika Anda melakukan segalanya semaksimal mungkin, maka TUHAN akan melakukan apa yang tidak bisa Anda lakukan.

Kata-kata pujian, tidak cukup hanya ada dibenak kita saja; kita harus mengekpresikannya. Ada ungkapan lama yang mengatakan: “ Cinta bukanlah cinta sampai ia diucapkan. “ Jangan mau jadi penerima saja; tetapi jadilah seorang pemberi. Apabila Anda menanggalkan masalah pribadimu dan mulai membantu orang lain, maka Anda menjadi tidak kuatir akan kebutuhanmu. TUHAN akan memperhatikan kebutuhanmu. Sesuatu yang ajaibpun terjadi manakala kita tidak berfokus pada diri sendiri, melainkan kepada kebutuhan orang-orang di sekeliling kita.

Barangkali Anda berharap tumbuh lebih ganteng, lebih cantik, lebih berbakat dan lebih banyak talenta. Anda tidak boleh membiarkan hal-hal yang dangkal mencuri kebahagiaanmu. Anda harus berkata, “ TUHAN, saya yakin Engkau menciptakan aku dengan suatu tujuan. Inilah rencana-Mu, dan Engkau telah mengaruniakan kepadaku apa yang aku harus kerjakan.”

Jangan berkata, “ Itu tidak akan pernah terjadi padaku. Aku tidak berbakat. Aku tidak akan pernah mengalami terbosan semacam itu. Aku tidak akan pernah mendapatkan uang sebanyak itu. “ Memang, TUHAN berusaha menanamkan benih-benih yang baru di hatimu. Ia berusaha membuat Anda mengandung, untuk menghasilkan ide-ide yang unik dan menelurkan kreatifitas baru di dalammu. Kuncinya adalah mempercayai, dan membiarkan benih itu berakar dengan bertumbuh.

Tuhan adalah Tuhan yang baik, dan ia memberikan hal-hal yang baik kepada anak-anak-Nya. Siapapun yang pernah mengkhianati Anda atau seberapa banyak penderitaan yang Anda alami dalam hidup ini, atau seberapa besar kerugian yang Anda tanggung, Anda tidak boleh menganggap itu sebagai nasibmu yang harus kau jalani. Tidak, Tuhan menyediakan hal-hal yang lebih baik untuk Anda.

Jika Anda tidak berpikir bahwa Anda bisa sukses, maka hal itu tidak akan pernah terjadi. Jika Anda tidak berpikir bahwa Tuhan sanggup mengubah situasi di sekelilingmu, maka kemungkinan ia juga tidak akan melakukannya. Manakala Anda menyatukan pikiranmu dengan pikiran Tuhan dan Anda mulai merenungkan janji-janji firman-Nya, dan senatiasa merenungkan kemenangan-Nya, kemurahan-Nya, kuasa dan kekuatan-Nya, maka tidak ada satupun yang mampu menarik Anda kembali. Ketika Anda berpikir positif, pikiran yang cemerlang, maka Anda akan mengalami lompatan yang tinggi, naik daun, dipromosikan dan diberkati Tuhan secara ajaib.

Ketika terjadi sesuatu hal dimana Anda tidak memiliki jawaban yang logis, daripada bertanya-tanya terus, lebih baik simpan di arsip “ saya tidak mengerti. “ Lalu dengan iman Anda berkata, “ Tuhan, saya tidak mengerti hal ini, tapi saya percaya kepada-Mu. Dan saya tidak ingin menghabiskan waktu saya hanya untuk mencari jawaban mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi. Engkau adalah Tuhan yang baik, dan saya tahu Engkau menyimpan kesukaanku di hati-Mu. Engkau berjanji bahwa segala sesuatu turut bekerja untuk kebaikanku.”

Pahlawan kita Daud dalam perjanjian lama bukanlah orang yang sempurna. Ia membuat banyak kesalahan, dan ia mengalami kekecewaan, tapi ia berdoa; Jadikanlah hatiku tahir, ya TUHAN, dan perbaharuilah bathinku dengan roh yang teguhi Barangkali Anda juga perlu berdoa demikian. “ Tuhan, bantu aku membuang semua sikap negatif ini. Bantu aku membuang sikap mengasihi diri sendiri. Tolong aku supaya tidak mudah menyerah kalah. Tuhan, perbaharuilah bathinku dengan roh yang teguhi jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguhi janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Kita harus lebih berkonsentrasi untuk menjadi berkat daripada diberkati. Kita harus jeli melihat peluang untuk membagikan kasih Tuhan, karunia Tuhan, dan kebaikan-Nya kepada orang lain. Mari kita praktekkan. Jika Anda memiliki sesuatu di rumahmu atau di gudangmu yang sudah tidak pernah dipakai lagi, mengapa tidak memberikan hal itu kepada seseorang yang membutuhkannya? Barang-barang bekas itu tidak akan menambah nilai apapun selama ia berada di gudang dan garasimu. Daripada tidak pernah dipakai lagi, lebih baik dijadikan benih kebaikan untuk ditabur.

Saya tidak akan menghabiskan hidup ini dengan mengharapkan hal-hal yang tidak pada tempatnya, seperti berharap seandainya saya menjadi orang lain. Saya menerima beradaanku seperti yang telah kau karuniakan dan memakainya semaksimal mungkin untuk kemuliaan-Mu. Saya akan menikmati keberadaanku seturut dengan tujuan Engkau menciptakan aku. Saya akan menikmati hidupku walaupun banyak kelemahan.”

Ada suatu benih di dalam Anda yang coba mengakar, yaitu benih TUHAN yang sedang membuat Anda mengandung. Ia member Anda pengharapan bahwa benih tersebut suatu hari akan tumbuh dan menghasilkan panen yang luar biasa. Inilah waktumu. Inilah waktu bagimu untuk mengalami peningkatan. Kawan, apabila Anda bersedia mentaati perjanjian TUHAN, maka  inilah saatnya TUHAN mencurahkan kemurahan dan berkat-Nya yang tak terhingga banyaknya.

Anda harus memprogram ulang pikiranmu dengan firman TUHAN; ubahlah gambar dirimu yang negatif, dari seorang pecundang menjadi seorang pemenang. Mulailah melihat dengan kacamata iman bahwa pernikahanmu telah dipulihkan, bisnismu telah berkembang, anak-anakmu adalah berkat sukacita dari TUHAN. Anda harus melihatnya dengan iman, maka hal itu akan terjadi.

Ketika Anda berpikir positif, Anda akan semakin mengalami kemuliaan. Kita harus senantiasa mengarahkan pikiran kita kepada hal-hal yang di atas. Rasul Paulus menuliskan sejumlah daftar dimana kita dapat mengevaluasi pikiran kita: “ Semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap di dengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Jika Anda mau berpegang pada sikap iman dan kemenangan, TUHAN telah berjanji bahwa Ia akan mengubah luka-luka emosimu dan memakai hal itu untuk kebaikanmu sehingga Anda akan keluar dalam keadaan yang lebih baik daripada sebelumnya. Ketika kita terluka, kita bisa memilih menyimpan sakit hati itu menjadi kepahitan, atau kita membiarkannya pergi dan percaya bahwa TUHAN akan membuat kita naik tingkat.

Hidup terlalu singkat kalau harus dilalui dengan bersusah payah, penuh tekanan dan kekalahan. Apapun yang Anda hadapi atau apapun yang membuat Anda tergelincir dan terjatuh, tak peduli siapa atau apa yang berusaha menjatuhkanmu, Anda harus tetap bangkit lagi secara mental. Jika Anda ingin membuat musuhmu babak belur. Tetaplah bersikap benar walaupun keadaannya mengerikan. Belajarlah bersukacita meskipun sulit.

Jika Anda ingin mencapai potensi hidup yang maksimal, Anda harus mengembangkan gaya hidup memberi. Milikilah sikap yang berkata, Siapa yang bisa aku berkati hari ini? Itu semua tergantung pada sikapmu. Anda harus setia dengan hal kecil yang ada padamu saat ini sebelum TUHAN akan memberkatimu lebih lagi. Banyak orang bertanya, “ TUHAN, kapan Engkau akan memberkatiku? “ Namun jika kita mau mendengarkan dengan seksama, mungkin kita akan mendengar Ia berkata, “ Ketika Anda bersedia menjadi berkat?”

Jangan menganggap biasa apa yang telah TUHAN berikan kepadamu. Inilah kuncinya: Hidup ini mungkin saja tidak berjalan sesuai yang kita harapkan, tetapi Anda harus membuat keputusan bahwa Anda akan berusaha melakukan sebaik mungkin dalam situasi tersebut. Belajar untuk bersukacita meskipun keadaannya tidak menyenangkan.

Perhatikan, TUHAN selalu siap melakukan hal-hal baru di dalam hidup kita. Ia berusaha mempromosikan kita, meningkatkan kita, memberikan lebih kepada kita. Namun yang menariknya TUHAN mengajukan pertanyaan ini “ Tidakkah Anda merasakannya?” Dengan kata lain, apakah Anda sedang memberi tempat untuk hal tersebut di dalam pikiranmu? Inilah saatnya untuk memperbesar visimu. Karena benih peluang tidak dapat berakar di dalam keraguanmu.

Belajarlah menjaga pikiranmu, mengendalikan kesulitan hidupmu, dan mulailah merenungkan hal-hal baik yang dari TUHAN. Jika Anda hanya berpikir hal-hal yang kecil, mempercayai hal-hal kecil, dan mengharapkan hal-hal kecil, maka Anda juga akan menerima hal-hal yang kecil saja. Jika Anda selalu berpikir tentang betapa mustahilnya keadaanmu, maka jadilah Anda seperti sepuluh pengintai yang diutus Musa untuk melihat tanah perjanjian, tanpa sadar Anda sedang mengembangkan “ mental belalang .”

Anda harus tekun dan bersungguh-sungguh menjaga pola pikiranmu agar selalu tertuju kepada hal-hal yang baik dan pengalaman yang terbaik dari TUHAN. Kita harus menjaganya terutama pada masa-masa sukar, pada saat menghadapi tantangan pribadi. Ketika masalah menghantam, biasanya pikiran yang pertama kali muncul bukanlah pikiran yang mulia; umumnya bukan pikiran yang positif. Pikiran negatif membombardir kita dari segala jurusan. Di sinilah, kita harus memilih untuk mempercayai Tuhan dan segala kebaikannya dan tidak memberikan diri kita jatuh dan kecewa atau menyerah.

Saya mendengar di mana-mana bahwa 70% orang-orang jaman sekarang menyimpan kemarahan terhadap sesuatu. Coba bayangkan! Apabila tujuh dari sepuluh orang yang Anda temui hari ini marah-marah. Dan itu belum termasuk orang-orang yang Anda salib di jalan tol. Orang-orang yang menyimpan kemarahan kadang tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka sedang meracuni hidupnya sendiri. Bila kita tidak bersedia mengampuni, kita bukan sedang melukai orang lain. Kita tidak sedang melukai TUHAN. Kita hanya sedang melukai diri kita sendiri.

Buanglah pola pikir yang mengatakan bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Semua kebohongan itu berasal dari Iblis. Anda bisa berbahagia kalau Anda menginginkannya. Anda dapat berdiri teguh kalau Anda memiliki jiwa yang tekun. Ketika Anda menghadapi kesukaran, ingkatkan dirimu, “ Saya sekarang dipenuhi oleh kemampuan dari TUHAN yang maha tinggi. Saya mampu mengatasinya. Saya bisa hidup berkemenangan. Saya dapat tetap berdiri di dalam. “ Belajar mengatasi dengan kemampuan yang telah TUHAN tempatkan di dalam dirimu, daripada mondar-mandir di depan kesukaran.

Apa saja yang Anda berikan akan kembali kepadamu. Memberi adalah prinsip rohani. Apa saja yang Anda berikan akan kembali kepadamu. Bila Anda memberikan senyum, Anda akan menerima senyuman dari orang lain. Jika Anda bermurah hati kepada orang-orang yang sedang membutuhkan, TUHAN akan memastikan bahwa orang lain akan bermurah hati kepadamu pada saat Anda sedang butuh. Menarik bukan? Apa yang Anda lakukan bagi orang lain, TUHAN akan melakukannya bagimu.

TUHAN telah menanam kita di suatu tempat secara sepesifik karena itu kita harus menghasilkan banyak buah. Dan di mana kita ditempatkan bukan hal penting. Yang penting adalah : Apakah kita menghasilkan buah yang baik? Apakah terang kita bercahaya? Apakah kita menjadi teladan? Apakah orang lain dapat melihat sukacita Tuhan terpancar dari hidup kita? Jika Anda ma uterus berkembang di manapun Anda berada, maka Anda dapat tinggal tenang dalam waktu TUHAN yang sempurna.

TUHAN sedang berbicara kepadamu sesuatu sama seperti apa yang Ia katakana kepada perawan Maria dan yang lainnya di dalam kitab. Bukan dengan kekuatan dan kegagahanmu. TUHAN berkata bahwa hanya dengan kekuatan Roh-Nya. Kuasa TUHAN dari tempat yang Maha Tinggi akan turun ke atasmu dan menyebabkan hal itu terjadi. Dengan TUHAN dipihakmu, Anda tidak mungkin kalah. Ia dapat membuat jalan walaupun kelihatannya tidak ada jalan. Ia mampu mengubah hidupmu secara supranatural.

TUHAN melihat yang terbaik di dalamnya. Anda barangkali masih suka lepas control. Atau masih suka salah ngomong padahal Anda sudah tahu bahwa itu dosa. Mintalah ampun kepada Tuhan dan kepada siapapun yang telah Anda lukai, tetapi jangan terus menerus menghukum dirimu sendiri dan hidup dalam penghakiman. Selama Anda mau bergerak maju, Anda boleh menegakkan kepala, anggaplah Anda sedang “ dalam proses, “ dan TUHAN ada di dalam proses tersebut untuk mengubah Anda.

Bila Anda memilih untuk tetap focus kepada hal-hal yang positif, hal-hal yang baik dari TUHAN, maka segala kekuatan si jahat tidak akan mampu menahan langkah Anda untuk menggenapi tujuan hidupmu. Tetapi jika Anda membuat kesalahan dengan merenungkan hal-hal yang negatif, maka persoalan dan kemustahilan seakan bangkit menghadang kemenangan yang telah TUHAN sediakan bagimu. Anda harus memutuskan jalan mana yang akan Anda lalui.

Jika Anda ingin mencapai potensi hidupmu yang maksimal, Anda harus cepat mengampuni. Belajar untuk melepaskan segala luka dan sakit hati masa lalu. Jangan ijinkan kepahitan berakar di dalam hidupmu. Tidaklah masuk akal menyimpan kemarahan atas apa yang seseorang telah perbuat padamu bertahun-tahun yang lalu. Anda tidak dapat berbuat apa-apa terhadap masa lalumu, tetapi Anda masih dapat berbuat sesuatu untuk masa depanmu. Anda sebaiknya melepaskan pengampunan dan mulai mempercayai TUHAN yang akan membuat Anda bangkit.

Walaupun kita tahu bahwa kita memiliki semua fasilitas dari TUHAN sebagai jatah kita, namun ketika kemalangan menghadang, seringkali kita menjadi ciut, berputas-putar, dan membiarkan suara paling keras dan pribadi yang paling menjengkelkan mengambil alih. Kita meiliki kekuatan yang paling dahsyat di alam semesta ini. Kita dipenuhi oleh kekuatan TUHAN yang memampukan. Inilah saatnya untuk bergerak dengan kekuatan tersebut. Berdirilah teguh bertandinglah dengan baik dalam iman. Ingat. Jika Anda terpukul jatuh, jangan diam terus dibawah. Bangkit lagi!

Anda harus memulainya dari titik di mana Anda berada. Anda harus setia terhadap apa yang Anda miliki, maka TUHAN akan mempercayakan kepada Anda yang lebih lagi. Mungkin Anda tidak punya banyak kelebihan uang untuk diberikan, tetapi Anda dapat mentraktir seseorang untuk makan malam sekali. Anda dapat memberikan kata-kata motivasi kepada seseorang. Anda juga bisa berdoa bersama seseorang yang sedang membutuhkan.

Menghargai hari ini. Sesungguhnya, setelah Anda berhasil mengatasi persoalan yagn satu, maka persoalan lain sudah menanti Anda. Dan setelah Anda berhasil mengatasi rintangan tersebut, akan ada lagi yang harus dibereskan. Inilah masa lalu yang baik. Dua puluh tahun dari sekarang, semoga Anda bisa melihat kebelakang sambil berkata “ itulah waktu-waktu yang luar biasa di dalam hidupku!”

Pertanyaan saja kepada Anda adalah : Maukah Anda percaya? Maukah Anda ijinkan benih itu berakar? Malaikat itu memberitahu Maria bahwa ia akan mengandung tanpa campur tangan seorang pria. Dengan kata lain, TUHAN sedang berkata bahwa hal itu dapat terjadi secara supranatural, Artinya hal itu juga dapat terjadi padamu tanpa harus meminjam uang ke Bank. Artinya hal itu juga dapat terjadi padamu meskipun pendidikanmu kurang. Artinya hal itu juga dapat terjadi meskipun masa lalumu kelam. Artinya hal itu juga dapat terjadi meskipun ada banyak titik yang Anda dengar. Bersama TUHAN tidak ada yang mustahil.

Faktor terpenting dalam memandang dirimu dari kaca mata TUHAN adalah memahami keberhargaan dirimu, entah Anda berbuat benar atau salah. Seringkali kita terpaku pada kesalahan kita, kelemahan kita, kesalahan masa lalu, dan kegagalan-kegagalan. Penolakan dan pengalaman menyakitkan lainnya mencuri keberhargaan diri kita sehingga membuat kita merasa tertolak dan tidak aman.

Jika pikiranmu dipenuhi dengan sukacita, kedamaian kemenangan, kelimpahan dan berkat sepanjang hari, maka Anda akan meraih hal-hal tersebut. Hidupmu akan mengikuti pikiranmu. Manakala pikiran negatifmu yang telah terbentuk sekian lama itu bagaikan sebuah parit yang dalam. Untungnya, kita masih bisa menggali sungai yang baru.

“ Pastikan bahwa tidak ada akar kepahitan yang menyebar dan membuat kekacauan sehingga banyak orang tercemar karenanya.” Kepahitan dikatakan sebagai akar. Coba bayangkan. Anda tidak dapat melihat akar; ia ada di dalam. Jika kita memiliki kepahitan di dalam bathin kita, maka ia akan mempengaruhi seluruh area kehidupan kita. Hal itu akan mencemarkan kepribadian kita dan sikap kita, demikian pula halnya dalam kita memperlakukan orang lain.

TUHAN telah menetapkan Anda untuk hidup berkemenangan, namun Anda harus melakukan bagianmu. Buatlah keputusan yang tegas bahwa apapun yang datang menghantam hidupmu, Anda akan tetap berdiri secara mental.

Inilah saatnya untuk mengembangkan sikap member. Kawan, hal yang paling dekat di hati TUHAN adalah menolong orang-orang yang terluka. TUHAN senang jika kita menyanyi dan berdoa. Dia juga senang jika kita datang bersama-sama merayakan kebaikannya. Tetapi tidak ada yang lebih menyenangkan hati-Nya selain kita memperdulikan salah satu dari anak-anak-Nya, segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Selalu ada gunung berikutnya untuk didaki. Itulah sebabnya mengapa kita harus menikmati perjalanan ini, bukan cuma tujuannya. Saking kagumnya kita pada tujuan yang mau dicapai, jangan sampai kita terjebak hanya hidup untuk menyelesaikan sasaran-sasaran yang ditetapkan, tetapi tidak menikmati keberadaan kita saat ini.

TUHAN ingin melakukan hal-hal yang dahsyat di dalam hidupmu. Jangan menyisakan perkara kecil buat TUHAN. Kita melayani TUHAN yang menciptakan alam semesta. Kita harus membuang mentalitas yang demikian. Buang semua pikiran yang kerdil, dan mulailah berpikir seperti TUHAN. Berpikiran besar. Berpikiran maju. Berpikiran sukses. Berpikiran lebih dari cukup.

Perasaan berhargamu tidak boleh didasarkan atas prestasimu, seberapa baik penampilanmya, bagaimana seseorang memperlakukanmu, atau seberapa popular dan suksesnya dirimu. Perasaan berhargamu harus didasarkan atas kenyataan bahwa Anda adalah anak dari TUHAN yang Maha Tinggi. Sebagai ciptaannya yang unik, Anda memiliki sesuatu untuk dunia ini yang tidak seorangpun memilikinya, dan tidak seorangpun dapat melakukannya selain Anda. Tetapi ingatlah bahwa, TUHAN belum selesai dengan Anda. Ia sedang dalam proses mengubah Anda.

Cara kita membentuk ulang sungai di pikiran kita adalah satu persatu. Bila Anda merenungkan firman Tuhan dan mulai melihat yang terbaik dalam setiap situasi, maka sedikit demi sedikit, satu persatu, Anda sedang mengarahkan arus sungai di pikiranmu.jika Anda terus seperti itu, sungai lama yang negatif, akhirnya akan kering, dan Anda akan menemukan suatu aliran sungai yang baru sama sekali, dipenuhi dengan arus yang positif, yaitu iman dan kemenangan.

Ujilah hatimu untuk memastikan pakah Anda masih menyimpan kemarahan dan sikap tak mau mengampuni di bathinmu. Jika ada area di dalam hidupmu dimana Anda selalu bergumul dan mencoba mengubahnya, tetapi kalah terus, Anda perlu meminta kepada Tuhan untuk menunjukkan kepada Anda apa yang masih mengikatmu. Mintalah Tuhan menyatakan kepadamu sekiranya masih ada akar-akar kepahitan yang perlu disingkirkan. Jika Tuhan memberimu pencerahan, Anda harus segera meresponinya. Bersedialah untuk berubah.

Secara daing, kita cenderung menginginkan segalanya sekarang. Kita selalu tergesa-gesar. Ketika kita berdoa untuk impian kita, kita maunya di jawab saat ini juga. Tetapi kita harus mengerti bahwa TUHAN telah menetapkan waktu-Nya untuk menjawab doa-doamu dan membuat impianmu menjadi kenyataan. Pada kenyataannya memang demikian, tak peduli seberapa kuat kita mendesak-Nya dan seberapa banyak kita berdoa dan memohon kepada-Nya, jawaban doa itu tetap saja datang menurut jadwal yang telah ditetapkan-Nya.

Seseorang membutuhkan apa yang harus Anda berikan. Mungkin bukan uangmu tetapi waktumu. Mungkin bukan teliangamu yang mau mendengarkan tetapi tanganmu yang member semangat. Mungkin juga senyummu yang membangun. Siapa tahu? Bisa juga dengan melingkarkan tangamu di bahu seseorang agar ia tahu bahwa Anda peduli, hal itu akan menyembuhkan hati seseorang. Anda juga dapat memberikan pelukan yang menguatkan seseorang dimana perlu.

Apabila Anda tetap bersukacita walaupun sedang menghadapi kemalangan, maka Anda membuat musuh putus asa. Ia tidak tahu lagi apa yang harus dilakukannya kepada orang yang tetap memuji TUHAN, walaupun dalam kemalangan. Sikap kita seharusnya, seperti ini; Saya akan tinggal dalam sukacita dari Tuhan. Aku telah memutuskan dalam pikiranku bahwa aku akan menjalani hidupku dengan penuh sukacita.

Kebenaran membuktikan bahwa apa yang Anda harapkan itulah yang Anda dapatkan. Jika Anda merenungkan hal-hal yang positif, hidupmu akan bergerak kearah sana; jika Anda merenungkan hal-hal negatif, anda akan menjalani kehidupan yang negatif. Jika Anda menganggap dirimu orang yang biasa-biasa saja, pecundang dan gagal maka alam bawah sadarmu akan memastikan bahwa Anda kalah, gagal, atau menyabotase setiap usahamu untuk tampil melebihi rata-rata. Itulah sebabnya salah satu elemen kunci untuk memperluas visimu adalah dengan meningkatkan level ekspektasimu.

Kita ini buatan tangan TUHAN. Kata buatan tangan menunjukkan bahwa kita adalah produk yang belum jadi; kita sedang “ dalam proses. “ Sepanjang hidup ini, TUHAN senantiasa menajamkan dan membentuk kita, supaya kita menjadi orang-orang yang diinginkan-Nya. Kunci sukses masa depan adalah jangan pernah kecewa atas masa lalu atau saat ini, sementara Anda menjalani proses untuk menjadi “ sempurna. “ Entah Anda sadari atau tidak , saat ini TUHAN sedang bergerak membawamu mengalami hal-hal yang dahsyat. Jalan orang benar semakin hari semakin terang.

Kadangkala, Anda mungkin tergoda untuk berpikir negatif, seperti, “ Anda tidak akan pernah berhasil; masalahmu terlalu besar, terlalu sukar untuk dilalui. “ Tetapi sekarang Anda bisa bangkit dan berkata. “ Di dunia ini tidak ada yang lebih besar dari Dia yang ada di dalam ku. Segala sesuatu dapat kutanggung dan sekarang aku sedang keluar dari maslaah ini.”

Coba bayangkan dirimu sebagai sungai Kristal yang bening. Tak peduli seberapa tercemarnya sungai itu atau seberapa keruhnya air sungai itu di hidupmu hari ini. Jika Anda mau mengampuni orang-orang yang melukaimu, dan melepaskan semua luka dan sakit hati tersebut, maka kepahitan itu akan berlalu dan Anda akan mendapati sungai Kristal itu kembali bening. Anda akan kembali mengalami sukacita, damai sejahtera, dan kelegaan yang TUHAN ingin Anda miliki.

Karena tidak mengerti waktu Tuhan, akibatnya kita kadang menjadi bingung dan frustasi, bertanya-tanya kapan TUHAN akan melakukan sesuatu. Bila Anda mengerti waktu Tuhan, meskipun masalahmu masih ada, Anda bisa santai karena mengetahui bahwa TUHAN memegang kendali, dan pada waktu yang sempurna Ia akan menjawab doamu. Perhatikan, inilah yang disebut “ waktu yang ditetapkan. “ Bisa minggu depan, tahun depan, atau sepuluh tahun dari sekarang. Tetapi kapanpun waktunya, Anda boleh tinggal tenang, Karena ada di dalam waktu Tuhan yang sempurna.

Bagaimana kita memperlakukan orang lain akan mempengaruhi besarnya derajat berkat dan kemurahan TUHAN yang kita alami dalam hidup ini. Apakah Anda baik kepada orang lain? Apakah Anda bersikap baik dan bijaksana? Apakah Anda berkata-kata dan bertindak dengan kasih dalam hatimu dan menghormati orang lain dan menganggapnya berharga? Kawan, Anda tidak dapat memperlakukan orang lain seenaknya dan berharap diberkati. Anda tidak bisa bersikap kasar dan tidak bijaksana lalu berharap hidup dalam kemenangan.

Kita harus mengerti bahwa musuh sebenarnya tidak mengincar impianmu, kesehatanmu, atau keuanganmu. Ia juga tidak mengincar keluargamu. Ia mengincar sukacitamu. Iblis tahu jika ia berhasil mengelabui Anda, membuat Anda berkecil hati dan hidup dalam kebodohan serta depresi, maka dengan sendirinya Anda akan menjadi lemah secara fisik, emosi dan rohanim, sehingga mudah ditaklukkannya.

Adalah penting memprogram pikiranmu untuk kesuksesan setiap hari, pilihlah sikap yang mengharapkan hal-hal baik dari TUHAN. Ketika Anda bangun pagi, aturlah pikiranmu kepada arah yang tepat. Katakanlah sesuatu seperti, “ inilah hari yang luar biasa. TUHAN sedang menuntun dan mengarahkan langkahku. Kemurahannya melingkupiku. “ Mulailah harimu dengan iman dan pengharapan, lalu keluarlah untuk menyongsong hal-hal baik yang akan terjadi padamu hari ini.

Ketika hatimu ciut, ingatlah akan nasibmu yang menurut alkitab semakin hari semakin tenang; Anda sedang dalam perjalanan menuju kepada kemuliaan yang lebih lagi. Janganlah Anda berpikir itu adalah sebuah perjalanan panjang yang harus ditempuh, tetapi lihatlah kebelakang seberapa jauh Anda sudah melangkah. Anda mungkin belum meraih segalanya yang Anda inginkan, tapi setidaknya ANda boleh bersyukur kepada Tuhan karena Anda bukan lagi Anda yang dulu.

Pkiran-pikiran negatif selalu menyerbu: Anda tidak akan pernah keluar dari hutang-hutangmu. Anda tidak akan pernah sukses. Anda akan selalu hidup dalam kemiskinan dan kekurangn. Janganlah pasif, hanya duduk diam dan membiarkan semua pikiran negatif, pesimis mempengaruhi hidupmu. Belajarlah merenungkan hal-hal yang baik; program ulang pikiranmu. Alkitab berkata bahwa kita harus senantiasa memperbaharui pikiran kita. Jika Anda bersedia mengubah pikiranmu, TUHAN akan mengubah hidupmu.

Anda perlu menyerahkan semua kepahitan, perasaan tertolak dan kecemaran lainnya kepada TUHAN. Pengampunan adalah kunci yang membebaskan kita dari racun-racun kepahitan. Ampunilah orang-orang yang menyakitimu. Ampunilah Bos yang tidak adail. Ampunilah sahabat yang mengkhianatimu. Ampunilah orangtua yang tidak memperlakukan Anda dengna baik ketika Anda masih kecil. Buanglah semua racun itu. Jangan biarkan akar kepahitan itu bertumbuh dan mencemarkan hidupmu.

Kita semua harus menanti dengan sabar, yaitu tentang bagaimana mempercayai TUHAn. Kuncinya adalah, bagaimana kita menantinya? Apakah yang akan terjadi pada prilaku fisik, emosi dan kerohanian kita? Apakah kita akan menanti dengan sikap yang benar dan penuh pengharapan, mengerti bahwa TUHAN menyediakan hal-hal yang besar buat kita? Atau kita menjadi kacau, frustasi, dan bersungut-sungut? “ TUHAN, Engkau tidak pernah menjawab doa-doaku. Kapan keadaanku akan berubah?”

Ketika Anda sedang berada dalam situasi yang melakukan dimana seseorang tidak memperlaukan Anda dengan sopan, sadarlah bahwa ini adalah kesempatan emas untuk menyembuhkan hati yang terluka. Ingatlah, orang yang terluka sering melukai orang lain, ini disebabkan karena perasaan sakitnya. Jika seseorang bersikap kasar dan tidak bijaksana, hampir bisa dipastikan bahwa orang tersebut memiliki ganjalan di hatinya, seperti kemarahan, perasaan tertolak, atau sakit hati yang sedang berusaha diatasinya.

Fakta ilmiah membutkikan bahwa jika Anda menjalani hidup ini dengan pikiran yang negatif, tertekan, kuatir dan penuh ketakutan, maka sistem kekebalan tubuhmu akan melemah, rawan terserang penyakit dan wabah. Sebaliknya orang yang selalu bersukacita, memiliki pandangan hidup yang positif, selalu tertawa, memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi dari rata-rata orang pada umumnya. Ingatlah! Ketika Anda sedang bersukacita, sistem kekebalan tubhmu akan mencapai titik puncaknya, seperti yang TUHAN inginkan.

TUHAN ingin Anda meningkatkan pengharapanmu. Kita bahkan tidak dapat memiliki iman tanpa pengharapan. “ Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan,” dan salah satu definisi dari pengharapan yang demikian adalah “ pengharapan yang mantap.” Kita seharusnya bangun pagi dengan pengharapan yang mantap akan kemurahan TUHAN. Mulailah berharap pintu kesempatan terbuka bagimu. Berharap karirmu semakin cemerlang. Berharap bisa naik mengatasi tantangan hidup.

Nilai diri kita bersifat intrinsic. Itu artinya bukan karena sesuatu yang Anda atau saya raih; sunguh, kita tidak mampu meraihnya. TUHAN menaruh nilai itu di dalam diri kita pada saat Ia menciptakan kita. Bagi TUHAN kita adalah ciptaan yang mutakhir. Karena itu Anda tidak lagi perlu dihantui oleh semua kesalahanmu. Santailah sedikit. Setiap orang mempunyai kelemahan. Bahkan orang-orang hebat di Alkitabpun, pernah melakukan kesalahan. Mereka semua memiliki kekurangan, tetapi hal itu tidak menghalangi TUHAN mengasihi mereka, memberkati mereka, memakai mereka untuk menyelesaikan rencana-Nya yang mulia.

Pikiran kita mengandung kekuatan yang dahsyat. Ingat, hidup kita cenderung mengarah kepada apa yang selalu kita pikirkan. Jika kita senantiasa merenungkan hal-hal yang negatif, maka kita akan menarik orang-orang yang negatif, pengalaman-pengalaman negatif dan sikap-sikpa yang negatif kedalam hidup kita. Jika kita selalu merasa ketakutan, maka kita akan menarik ketakutan yang lebih lagi. Anda yang mengatur haluan hidupmu dengan pikiranmu. Pilihan ada di tangan Anda. Anda tidak harus memikirkan setiap pikiran yang masuk ke dalam benakmu.

Ketika kita bersikukuh untuk tidak mau mengampuni, berarti kita sedang menutup diri terhadap orang lain dalam kehidupan ini. Kita terpenjara oleh kepahitan kita sendiri. Tembok-tembok tersebut tidak sekadar membuat orang lain tidak bisa masuk; tetapi juga membuat Anda tidak bisa keluar. Tahukah Anda bahwa tembok tersebut bahkan mengalangi berkat TUHAN turun keatas hidupmu? Tembok kepahitan akan menghalangi jawaban-jawaban doamu. Tembok itu juga menghalangi impianmu menjadi kenyataan.

Pertimbangkanlah: Jika Anda tahun bahwa Anda harus menunggu, mengapa tidak memilih untuk menikmati hidup ini sambil Anda menunggu? Mengapa tidak bergembira sementara TUHAN sedang bekerja mengubah sesuatu? Pada akhirnya, tidak ada sesuatu yang dapat kita lakukan untuk mempercepat proses tersebut. Kita seharusnya bersikap santai dan menikmati kehidupan ini, sambil menyadari bahwa pada waktu-Nya, Tuhan akan membuat rencana-Nya menjadi kenyataan.

Kejahatan tidak dapat ditaklukkan dengan kejahatan pula. Jika Anda melecehkan orang yang melecehkan Anda, berarti Anda sedang membuat persoalan bertambah buruk. Apabila Anda mengekspresikan kemarahan keapda seseorang yang memarahi Anda, hal ini bagaikan menyiram bensin ke dalam api. Tidak, kita harus mengalahkan kejahatan dengan kebaikan. Jika seseorang melukai Anda, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk mengalahkannya adalah balaslah dengan kebaikan, pengampunan dan lakukanlah apa yang benar.

Ketika kita tersenyum, ada pesan yang terkirim keseluruh tubuh untuk mengatur kesehatan hidup kita. Survey membuktikan bahwa ketika kita tersenyum, ada zat kimia tertentu yang dilepaskan keseluruh sistem tubuh kita, yang membuat kita relaks, dan tetap sehat. Entah Anda punya alasan untuk tersenyum atau tidak, aturlah pikiranmu agar Anda lebih sering tersenyum.

TUHAN biasanya melihat tingkat ekspektasi kita. Jika kita tidak punya kebiasaan mengharapkan hal-hal yang baik dalam hidup ini, maka kita tidak mungkin menerima hal-hal yang baik. Jika Anda tidak berharap segala sesatu menjadi lebih baik, maka kemungkinan hal itu tidak akan terjadi. Jika Anda berharap adanya terboasan dalam keuanganmu, maka itulah yang akan Anda peroleh. Pengharapan kita menentukan batas kehidupan kita.

Kabar gembiranya adalah bahwa TUHAN mengetahui persis segala sesuatu tentang diri Anda, kedua-duanya yang baik dan yang buruk, namun Ia tetap mengasihi Anda dan menghargai Anda tanpa syarat apapun. Karena itulah Anda harus berusaha memperbaiki area kelemahanmu, tak ada satupun yang Anda lakukan dapat mempengaruhi kasih TUHAN kepadamu. Kasih-Nya konstan, sehingga Anda dapat bergantung kepada-Nya.

Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah mencari tahu, dari mana datangnya pikiran bermasalah itu. Apakah dari TUHAN, dari dirimu sendiri atau dari musuh? Bagaimana kita tahu? Mudah. Jika ada pikiran negatif, itu pasti berasal dari musuh. Jika pikiran tersebut mengandung hal yang melemahkan dan menjatuhkan; jika pikiran tersebut membawa ketakutan, kekuatiran, keraguan atau ketidakpercayaan; jika pikiran-pikiran tersebut membuat Anda merasa lemah, tidak berdaya atau tidak aman, Saya dapat memastikan bahwa pikiran-pikiran itu bukan berasal dari TUHAN. Anda harus mengusirnya segera.

Tembok kebencian akan membuat jawaban-jawaban doamu terhalang. Hal itu juga dapat menghalangi impianmu menjadi kenyataan. Anda harus meruntuhkan tembok tersebut. Anda haru mengampuni orang-orang yang melukaimu sehingga Anda bisa keluar dari penjara itu. Anda tidak akan pernah terbebas sebelum Anda melakukannya. Lepaskanlah semua kesalahan yang telah mereka lakukan terhadap Anda. Lepaskanlah kepahitan itu dari kehidupan Anda. Itulah jalan satu-satunya agar Anda menerima kemerdekaan. Anda akan terheran-heran atas apa yang terjadi dalam hidupmu setelah Anda melepaskan semua racun-racun itu.

Anda tidak harus bergumul, Anda tidak harus kesana kemari sambil bertanya-tanya mengapa TUHAN, atau bukan TUHAN yang melakukannya. Tidak, ketika Anda mempercayai TUHAN, Anda akan tenang dan tahu bahwa pada waktu-Nya, TUHAN akan menggenapi janji-Nya. Hal itu pasti terjadi, dan bagusnya tidak akan terlambat sedetikpun. Bayangkan berapa banyak tekanan yang terangkat darimu!

Tempuhlah jalan yang mulia, tetaplah ramah dan penuh hormat. Tetaplah berjalan di dalam kasih dan bersikap baik. TUHAN memperhatikan apa yang Anda lakukan. Ia melihatmu berjalan esktra mil demi melakukan apa yang benar, karena itu Dia menjamin tindakan dan sikap baikmu akan menaklukkan kejahatan. Jika Anda bertekad melakukan hal-hal yang benar, Anda akan melesat jauh kedepan daripada sekadar membalas api dengan api.

Anda harus belajar merasa cukup, apapun keadaanmu. Anda harus percaya bahwa TUHAN sedang bekerja dalam hidupmu. Anda perlu yakin bahwa Anda sedang membuat kemajuan. Anda sedang bertumbuh. Alkitab berkata TUHAN mengubah kita sedikit demi sedikit. Jangan gusar dan panic; ketahuilah bahwa TUHAN yang memegang kendali. Jika TUHAN yang mengatur langkahmu, itu artinya di manapun Anda berada saat ini adalah kehendak TUHAN.

Anda harus mulai menyakini bahwa hal-hal yang baik sedang menuju ke arah Anda dan hal itu akan terjadi. Apa yang Anda harapkan dalam hidupmu? Apakah Anda sedang mengharapkan sesuatu berubah? Apakah Anda sedang berharap mengalami kebaikan TUHAN? Atau Anda sedang membiarkan keadaan atau perasaanmu mengaburkan semangat hidupmu dan memenjarakan Anda dengan pikiran yang negatif?

Pahamilah, nilaimu di mata TUHAN tidak akan pernah berubah. Orang-orang tertentu ingin kita berpikir bahwa ketika kita melakukan pelanggaran atau kesalahan, TUHAN membawa cap besar, lalu mencoret nama kita dari daftar-Nya sambil berkata, “ Aku tahu orang ini tidak becus. Aku tahu orang ini tidak memenuhi syarat. “ Tidak, TUHAN kita adalah TUHAN yang maha pengampun. Ia adalah TUHAN yang selalu member kita ksemaptan kedua. Tak peduli seberapa banyak Anda melakukan pelanggaran, atau seberapa banyak kesalahan yang Anda perbuat, nilaimu di mata-Nya tetap sama.

Pilihlah untuk berpikir sesuatu yang positif. Jika Anda merenungkan kebohongan musuh, berarti Anda sedang mengijinkan benih negatif berakar. Dan semakin Anda merenungkannya, semakin subur pikiran tersebut, bahkan menciptakan benteng-benteng musuh di dalam pikiranmu, tempat di mana serangan-serangan jahat dilancarkan.

Anda akan terheran-heran atas perkara-perkara besar yang terjadi setelah Anda membuang semua kepahitan dan rasa tertolak dari hidupmu. Anda akan menyaksikan kemurahan TUHAN dan jalan yang baru. Anda akan mendapati doa-doamu lebih cepat dijawab setelah Anda melepaskan kepedihan masa lalumu dan membuang semua racun-racun itu dari hidupmu.

Barangkali masih ada beberapa area dalam hidupmu yang perlu disempurnakan, area dimana Anda perlu berubah, dan Anda telah berusaha keras untuk itu karena Anda tidak bertumbuh secepat yang Anda inginkan. Bersabarlah dan ijinkan TUHAN mengubahmu pada waktu-Nya. Kita semua ingin berubah dalam satu malam, tetapi Alkitab memberitahu kita bahwa TUHAN mengubah kita sedikit demi sedikit. Anda boleh keluar dari pergumulan tersebut dan berhenti mengkuatirkannya, kemudian lakukanlah yang terbaik untuk mengasihi TUHAN dan hidup bagi-Nya, kasihilah sesamamu, dan biarkan TUHAN mengubahmu dengan cara-Nya sendiri dan pada waktu-Nya.

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda selalu mendapat lebih sedikit dari orang lain, tapi setelah kesemuanya itu, TUHAN menjamin bahwa Anda tidak akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Di samping itu, Dia juga memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pahala. Tanggung Jawab Anda adalah tinggal tenang dalam damai sejahtera-Nya meskipun keadaan di sekelilingmu bertolak belakang. Alkitab berkata, “ Tuhan adalah pembelaku.” Dia tidak akan membiarkan Anda kalah.

Kita percaya bahwa TUHAN sedang menuntun kita mendapatkan apa yang ktia inginkan, kita seakan “ tinggal di puncak gunung,” relative tidak terpengaruh oleh kehidupan di bawah lembah. Tuhan sedang menuntun langkah kita meskipun hal itu  nampaknya mustahil. Mungkin Anda sedang dalam situasi yang tertekan saat ini. Mungkin Anda berpikir, hal ini kelihatannya tidak benar. Tuhan, saya tidak mengerti. Anda hanya perlu belajar mempercayai TUHAN. Anda harus tetap menjaga sikapmu, karena TUHAN yang memegang kendali.

Meskipun keadaanmu seakan suram, Anda harus terus membangun dirimu dengan berdoa, TUHAN, saya tahu Engkau yang memegang kendali, dan meskipun keadaan ini nampaknya mustahil, saya tahu hal tersebut akan segera berlalu.” Tetaplah percaya sambil menyaksikan hal-hal yang baik berbuah di dalam kehidupanmu. Anda harus bertindak secara sadar, untuk menjaga sikap pengharapanmu dan memenuhi pikiranmu dengan pengharapan. Apa ruginya membuat pengharapanmu tetap menyala?

Lihatlah di tangan saya ini ada uang Rp. 100.000,- yang baru. Apakah uang ini masih berlaku? Tentu! Tetapi jika uang ini saya buang ke tanah lalu saya injak-injak sampai kotor, apakah masih ada yang mau? Tentu. Uang ini tetap berharga meskipun keadaannya sudah kotor. Bahkan nilainya tetap Rp. 100.000,- tidak berkurang sedikitpun. Demikian pula dengan kita, nilai diri kita tidak akan berkurang sedikitpun di mata Tuhan, sekotor apapun keadaan kita. Karena nilai tersebut sudah tercantum di dalam diri kita oleh Sang Pencipta alam semesta ini, sehingga tidak satupun yang bisa mengubahnya.

Ketika kita tahu bahwa seseorang yang kita hormati menaruh kepercayaan kepada kita, hal itu kadang membuat kita bertambah percaya diri dan berusaha keras memenuhi pengharapan orang itu. Musuh di dalam pikiranmu mungkin berkata Anda tidak layak, Anda tidak memenuhi syarat; tetapi TUHAN berkata Anda sanggup. Mulailah mempercayai apa yang TUHAN katakana tentang Anda, dan mulailah merenungkan perkataan TUHAN. Perkataan TUHAN akan memenuhi Anda dengan iman, pengharapan dan kemenangan. Perkataan TUHAN akan membangun Anda dan menguatkan Anda.

Anda mungkin sedang berada di persimpangan jalan hidupmu. Mungkin banyak persoalan yang harus Anda hadapi, orang-orang yang perlu diampuni. Anda bisa memilih salah satu jalan ini. Mengabaikan apa yang Anda tahu bahwa itu memang benar, lalu mengubur semua kepahitan itu di dalam hidupmu, menekannya sedalam mungkin dan membiarkan racun itu mencemarkan Anda dan orang-orang di sekitarmu. Atau Anda bisa memilih untuk membuang semua kepahitan itu sambil memohon kepada TUHAN agar ia membantu Anda untuk mengampuni secara total dan membiarkannya berlalu.

Tidakkah Anda lihat betapa bebasnya setelah Anda memahami konsep mengenai waktu TUHAN? Bila Anda sungguh-sungguh hidup dengan iman, Anda bisa relaks. Alkitab menyebutnya “ istirahat “ di dalam TUHAN. Itulah tempat dimana Anda tidak lagi merasa kuatir, tidak lagi bergumul dan bertanya-tanya mengapa hal ini atau hal itu terjadi. Istirahat di dalam TUHAN adalah tempat dimana TUHAN, Anda akan tahu bahwa Anda sedang berada pada waktu yang tepat, TUHAN akan menyatakan segala janji-Nya; Ia akan membuatnya menjadi kenyataan.

Mungkin ada orang-orang di dalam hidupmu yang mengecewakan, dan Anda berhak membencinya. Tetapi jika Anda memilih untuk melepaskan dan mengampuninya, maka Anda telah mengalahkan kejahatan dengan kebaikan. Anda dapat menatap langsung kepada orang-orang yang menyakitimu dan membalas kejahatannya dengan kebaikan. Jika Anda bertindak demikian, TUHAN akan mencurahkan kemurahannya ke dalam hidupmu dengan cara-Nya yang ajaib.

Tanggung jawabmu adalah memilih untuk tetap bersukacita, walau apapun yang terjadi. Mungkin Anda bekerja di antara orang-orang yang membuat Anda gelisah dan jengkel. Anda mungkin berpikir, TUHAN, seharusnya saya tidak mengalami hal ini. Saya sungguh tidak mengerti. Mengapa Engkau tidak mengeluarkan orang-orang ini dari hidupku? Namun sudahkah Anda berpikir bahwa TUHAN menempatkan Anda di sana dengan maksud untuk mengubah hidup orang-orang tersebut? Mungkin Andalah orang yang tepat yang mereka butuhkan.

Kita harus menjaga pikiran kita selalu tertuju kepada TUHAN. Demikianlah sikap Anda seharusnya, “ TUHAN, saya tahu bahwa Engkau turut bekerja di dalam hidupku. Meskipun mujizat yang pernah saya saksikan tidak terjadi pada hari ini, saya tahu bahwa saya semkain dekat dengan jawaban doaku. Saya tidak akan membiarkan diriku menjadi tawar hati. Saya tahu waktu-Mu sempurna. Jadi saya mau tetap beriman dan tetap mempercayai-Mu dengan melakukan apa yang terbaik.”

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda sedang terjebak dalam kebiasaan lama, namun ada harapan TUHAN ingin memulihkan rasa berhargamu. TUHAN ingin memberikan lagu baru di dalam hatimu; ia ingin memenuhimu dengan pengharapan. Ia ingin Anda menyadari bahwa Ia mengasihi Anda lebih dari apa yang Anda bayangkan dan Ia sanggup mengubah impianmu yang kandas menjadi Sesuatu yang indah.

Musuh berkata Anda tidak bisa sukses; TUHAN berkata Anda dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus. TUHAN berkata tidak hanya Anda akan keluar dari hutang, ANda bahkan akan member pinjaman. TUHAN berkata Ia akan memulihkan hatimu. TUHAN berkata Ia akan membangkitkan Anda dan membuat hidupmu berarti. TUHAN berkata Ia akan menyelesaikan masalahmu; disamping itu Ia akan mengubah maslaah itu untuk kebaikanmu.

Jangan biarkan akar kepahitan meracuni hidupmu. Ketika TUHAN memberikan pewahyuan atas persoalanmu, segeralah dibereskan. Kawan, jika Anda bersedia mengeluarkan racun itu dari hidupmu, Anda akan melihat kemurahan dan berkat TUHAN dengan cara yang ajaib. Apakah Anda mau TUHAN menyatakan keadilan-Nya di dalam hidupmu? Apakah Anda mau TUHAN memulihkan segala sesuatu yang dicuri dari hidupmu selam ini?

TUHAN sedang bekerja di dalam hidupmu entah Anda dapat melihatnya atau tidak. Sesungguhnya TUHAN justru sedang melakukan banyak hal pada saat kita tidak dapat melihat dan merasakan-Nya. Mungkin Anda tidak melihat kemajuan apa-apa, tetapi ANda harus tetap percaya di dalam bathinmu, TUHAN sedang bekerja. Lebih dripada itu sesungguhnya di balik layar Ia sedang membenahi keadaanmu. Ia sedang merancangnya agar suatu hari kelak, pada waktu yang telah ditetapkan-Nya, Anda akan menyaksikan klimaks dari segala sesuatu yang telah TUHAN lakukan di dalammu.

Ketika Anda bersedia memberkati musuh bebuyutanmu dan melakukan kebaikan kepada orang-orang yang melecehkanmu, maka TUHAN akan melawan kejahatan tersebut dan mengubahnya untuk  kebaikanmu. Apapun yang telah Anda alami atau siapapun yang telah bersalah kepada Anda, relakanlah itu. TUHAN berkata tunjukanlah belas kasihan. Kejarlah kebaikan. Kita harus selalu ingat bahwa TUHAN yang member penilaian. Ia yang memegang kendali. Dan ketika Anda memberkati musuhmu, Anda tidak akan pernah rugi karena TUHAN akan menggantinya bagi Anda.

Pilihlah berbahagia. Tetaplah bersikap baik. Ingatlah, kebahagiaan adalah pilihan yang harus Anda buat. Dan bahkan ketika Anda tidak mengerti, ketahuilah bahwa TUHAN sedang bekerja di dalam Anda dan melalui Anda. Buatlah keputusan mulai hari ini dan selanjutnya bahwa Anda akan mekar berseri di manapun Anda di tempatkan dan menikmati hari demi hari dalam kehidupanmu.

Ekspektasi yang rendah akan membuatmu terjebak dalam kehidupan yang biasa-biasa saja. Anda harus mengembangkan pikiran yang positif dan berkemenangan, pikiran yang berkelimpahan, pikiran yang berkenan, penuh pengharapan; baik, murni, pikiran yang cemerlang.

Anda boleh tidak mengerti segala sesuatu yang Anda alami, namun biarlah kepalamu tetap terangkat, ketahuhilah bahwa TUHAN yang memegang kendali dan Ia memiliki rencana besar untuk hidupmu. Sekalipun setiap orang menolakmu, TUHAN berdiri di pihakmu dengan tangan yang terbuka lebar. Ia menerima Anda. Ia meneguhkan martabatmu. Ia tidak pernah jera terhadapmu, karena itu Anda jangan menyerah.

Anda boleh memiliki computer yang paling canggih di dunia, tetapi jika Anda salah memasukkan program atau informasi, maka ia tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Demikian pula jika kita membiarkan pikiran negatif, kata-kata negatif, dan segala virus masuk kedalam pikiran kita, lambat laun hal itu akan merusak program dan tatanan nilai di dalam hidupmu. Kita diciptakan menurut gambar TUHAN. Sebelum kita dibentuk, Ia telah memprogram kita untuk hidup berkelimpahan, berbahagia, sehat dan sempurna.

Jika Anda ingin mencapai potensi kehidupan yang maksimal saat ini, Anda harus belajar mempercayakan kepada TUHAN untuk menyatakan keadilannya di dalam hidupmu. Itu artinya Anda tidak perlu melakukan balas dendam kepada orang-orang. Tuhan adalah pembelamu. Anda perlu mengijinkan TUHAN berperang bagimu. Ijinkan TUHAN menyelesaikan kasusmu. TUHAN telah berjanji jika Anda mau berserah kepada-Nya dan membiarkan Ia mengambil alih, maka Ia akan membuat yang salah menjadi benar. Ia akan menyatakan keadilannya di dalam hidupmu.

Mungkin Anda memiliki impian besar di dalam hatimu, tetapi secara manusia Anda merasa hal itu mustahil. Ada berita gembira buat Anda! TUHAN tidak dapat dibatasi oleh hukum alam, dan segala rekayasa manusia. Jika Anda bersedia mempercayai TUHAN dan tetap bersikap benar, tetap setia di manapun Anda berada, tidak tergesa-gesa dan tidak memaksakan sesuatu terjadi, TUHAN akan mempromosikan Anda pada waktu yang tepat. Ia akan membuat impianmu menjadi kenyataan.

TUHAN melihat ketulusanmu. Tidak ada tingkah lakumu yang tidak diketahui oleh Dia. Ia memiliki semua catatannya, dan pada waktu-Nya Ia akan memberikan pahala kepadamu. TUHAN adalah TUHAN, dan Ia tidak hanya melihat apa yang Anda lakukan, tetapi mengapa Anda melakukannya. TUHAN menilai motivasi kita. Karena itu jangan jemu-jemu berbuat kebaikan.

TUHAN tidak menciptakan kita menjadi orang yang biasa-biasa saja atau rata-rata. Ia tidak ingin kita sekadar menerima atau melakukan apa yang semua orang lakukan. TUHAn telah memanggil kita untuk menjadi kepala. Ia memanggil kita untuk tampil di depan massa, menjadi manusia yang cemerlang dan berintegritas. Segala bentuk kompromi akan menodai kejayaan dan prestasi kita. Apa yang dimaksud dengan menjadi manusia cemerlang dan berintegritas?

Selama Anda lebih suka bertunduk menatap ketanah daripada menatap peluangmu, berarti Anda sedang berisiko ketinggalan hal-hal yang besar. TUHAN ingin melakukan sesuatu di dalam Anda dan melalui Anda. Ini adalah prinsip rohani, sama halnya dengan prinsip jasmani: Kita bergerak menuju apa yang dilihat oleh mata kita. Jika kita tidak melihatnya, maka kita tidak akan menuju kesana. Sekarang bagaimana dengan Anda? Apa yang dilihat oleh mata rohanimu? Apakah Anda melihat dirimu bertambah kuat, bertambah sehat, bertambah senang, dipenuhi berkat TUHAN, kemurahan-Nya dan kemenangan?

Dengan terus menerus melakukan penyempurnaan, berarti Anda sedang membangun di dalam gambar dirimu suatu keyakinan untuk mengatasi setiap area kehidupan ini. Ketika Anda menghadapi masa-masa sulit, janganlah diam di sana. Berharaplah untuk keluar dari masalah itu. Berharaplah supaya TUHAN membereskan masalahmu secara supranatural. Anda harus bersikap, “ Tuhan , saya tahu Engkau akan menyelesaikan masalahku dan mengubahnya untuk kebaikanku. Tuhan, saya percaya bahwa Engkau akan membawaku keluar dari masalah ini lebih baik dari sebelumnya.”

TUHAN berkata pilihlah kehidupan. Ini bukan pilihan sekali untuk selamanya. Ini adalah pilihan yang harus kita buat dari waktu ke waktu. Kita harus memilih untuk berpikiran positif, memilih untuk mencintai kebaikan. Hal yang negatif selalu mengerumuni kita, tapi kita harus memilih apa yang benar, lebih daripada apa yang salah.

Jangan sampai Anda terpancing untuk turun ke level orang yang menyerang Anda, dengan berdebat dan berkelahi. Hal ini hanya akan membuat keadaan bertambah buruk. Serahkanlah hal itu kepada TUHAN. Tempuhlah jalan yang mulia, tanggapi dengan kasih. Lihatlah apa yang akan TUHAN lakukan. Jika Anda bersedia bertindak dengan cara Tuhan, TUHAN tidak akan berperang ganti Anda, tetapi Anda bahkan akan keluar lebih hebat dari sebelumnya.

Jika Anda tidak merasakan TUHAN bekerja dalam hidupmu saat ini, cobalah pertimbangkan hal ini. Barangkali permintaanmu bagi TUHAN bukanlah yang terbaik, atau pasti bukan pada waktu yang tepat. Jika TUHAN menjawab doa yang Anda harapkan itu, maka akan mengganggu rencana-Nya yang sempurna bagimu. Tetapi jangan kuatir; TUHAN membuat segala sesuatu indah dalam hidupmu. Anda mungkin tidak melihatnya. Situasimu mungkin kelihatannya sama saja seperti sepuluh tahun yang lalu, tapi suatu hari TUHAN akan menyatakannya secara total.

Kadang ketika kita berbuat baik kepada orang-orang dan berjalan ekstra mil demi mereka, pikiran daging cenderung berkata, “ saya telah membiarkan orang lain memanfaatkan saya.” Itulah saatnya Anda harus menentukan sikap, “ Tidak seorangpun yang memanfaatkan saya. Saya memberinya dengan sukarela kepada mereka. Saya memberkati mereka karena TUHAN telah memberkati saya.

Seorang yang cemerlang dan berintegritas berjalan ekstra mil demi melakukan apa yang benar. Ia menjaga perkataannya meskipun situasinya sulit. Orang yang cemerlang tiba ditempat kerjanya tepat waktu. Ia tidak mencuri waktu selama bekerja, ia tidak pulang lebih awal jika tidak benar-benar sakit. Apabila Anda memiliki semangat yang unggul, hal itu akan terlihat dari kualitas pekerjaanmu, dan sikap orang lain terhadap apa yang Anda lakukan.

Temukanlah temapt dimana Anda berani memimpikan impian besar, tempat dimana imanmu  akan menanjak. Keluarlah dari lingkungan yang negatif dan masuklah ke dalam atmosfir kemenangan, dimana terdapat orang-orang yang membangun Anda daripada menjatuhkan Anda. Temukanlah tempat dimana orang-orangnya memberi Anda semangat dan meneguhkan Anda untuk meraih yang terbaik. Temukanlah tempat dimana orang-orangnya menginspirasikan Anda untuk naik ke level yang baru. Kawan, Anda harus bisa membayangkan hal-hal yang baik terjadi padamu sebelum semua itu terjadi.

Betapa pentingnya kita harus bisa melihat diri kita seperti TUHAN melihat kita, karena kita tidak akan pernah meningkat melebihi apa yang kita bayangkan tentang diri kita. Jika kita melihat diri kita sebagai pecundang, selalu bermasalah, tidak pernah bahagia, maka di alam bawah sadar kita akan terprogram demikian dan hidup kita akan mengarah kesana. Untuk mencapai peningkatan, kita harus mengubah fokut kita. Kita harus percaya. Pahamilah hal-hal ini: TUHAN akan menolong Anda, Tetapi Anda yang harus bertindak.

Anda tidak dapat mencegah pikiran negatif yang mengetuk di depan pintu, tetapi Anda berkuasa untuk membukanya atau tidak. Pilihan di tanganmu. Anda bisa tetap tenang di tengah badai jika Anda belajar memilih pikiran yang benar. Itu berarti pada masa-masa sukar daripada Anda merenungkan masalahmu, lebih baik Anda memilih untuk merenungkan firman TUHAN.

Kadang TUHAN mengijinkan kita melewati hal-hal tertentu untuk menguji kita. Jika Anda menghadapi seseorang yang melecehkan Anda saat ini, situasi tersebut bisa menjadi ujian yang baik bagi imanmu. TUHAN sangat tertarik melihat bagaimana respon Anda. Apakah Anda menjadi negatif, pahit atau marah? Apakah Anda akan terjebak untuk membalas dendam? Atau Anda akan menyerahkan hal itu kepada TUHAN, dan mempercayai Dia untuk mengubah yang salah menjadi benar? Apakah Anda akan lulus ujian sehingga TUHAN dapat mempromosikan Anda?

Bila tiba waktu-Nya TUHAN, tak satu kuasa kegelapanpun yang mampu menahannya. Bila tiba saat yang telah ditetapkan-Nya, tak seorangpun yang mampu menghalanginya. Tiba-tiba segalanya akan berubah. Tiba-tiba bisnismu akan melesat. Tiba-tiba suamimu akan meridukan persekutuan dengan TUHAN. Tiba-tiba anakmu yang telah lama meninggalkan rumah, pulang. TUHAN akan membuat pengharapan dan impianmu menjadi kenyataan. Jangan pernah berpikir bahwa TUHAN tidak turut bekerja di dalam hidupmu. Ia sedang membuat segalanya terjadi walaupun Anda tidak menyadarinya. Tetaplah beriman dan belajar mempercayai waktu-Nya.

Definisi dari belas kasihan adalah “ Turut merasakan apa yang orang lain rasakan, menaruh perhatian dan tunjukanlah bahwa Anda peduli. “ Dengan kata lain, bila Anda melihat orang lain yang membutuhkan, Anda turut merasakan penderitaannya. Ambillah waktu untuk menghiburnya. Ketika ada seseorang yang putus asa, Anda turut merasakan kekecewaannya. Doakanlah dan lakukan yang terbaik untuk membuatnya ceria kembali. Jika Anda melihat seseorang sedang bergumul dalam hal keuangan, Anda jangan sekadar menasehati dan mengkhotbahi mereka dengan ayat-ayat. Tidak, ambillah waktu dan lakukanlah semampu Anda untuk menolongnya. Yang penting Anda memiliki perhatian yang murni.

Bila Anda ingin mencapai potensi hidup yang maksimal, kejarlah keunggulan dan integritas dalam hidupmu, lakukanlah lebih daripada yang disuruh. Seandainya Anda harus masuk kerja pukul 8.00 pagi, datanglah 10 menit lebih awal. Lakukanlah yang terbaik. TUHAN tidak memberkati orang yang biasa-biasa saja. Ia memberkati orang yang unggul. Perhatikan, apapun yang kita lakukan, kita harus berusaha memberikan yang terbaik, seperti kita melakukannya untuk TUHAN. Jika kita memiliki standar tersebut di benak kita, TUHAN berjanji akan memberkati kita.

“ Jika Anda bergaul dengan orang bijak, maka Anda akan menjadi bijak. “ Jika Anda berkumpul dengan orang-orang sukses, tak lama kemudian Anda pun akan menjadi sukses. Anda akan terpengaruh oleh semangatnya dan menangkap visinya. Jika Anda berada dalam atmosfir kemenangan, lambat laun Anda akan memiliki mental pemenang. Jika Anda tinggal bersama orang-orang beriman, lambat laun Anda pun akan penuh dengan iman. Namun Anda tidak dapat terbang setinggi rajawali selama Anda tinggal bersama para ayam.

Jika Anda bersedia masuk dalam perjanjian TUHAN, dan berfokus pada peluangmu, maka imanmu akan menggerakkan TUHAN untuk menyatakan mukjizat-Nya dalam hidupmu. Imanmu akan menolong Anda mengatasi rintangan dan membawa Anda menapaki level kemenangan yang baru. Namun semua ini tergantung Anda. Tergantung dari persepsi Anda. Apakah sedang berfokus pada masalahmu atau berfokus pada TUHAn yang maha kuasa?

Renungkan kenyataan ini, bahwa TUHAN yang perkasa ada di pihakmu. Renungkan bahwa Ia janji akan berperang bagimu. Renungkan bahwa tidak ada satu senjatapun diarahkan keapda Anda akan berhasil. Jika Anda mulai merenungkan hal-hal yang demikian, Anda akan dipenuhi dengan iman dan percaya diri, menghadapi tantangan yang datang ke dalam hidupmu. Pahamilah, bahwa ini adalah peperangan yang tak pernah berhenti. Kita tidak pernah tiba di suatu tempat dimana kita tidak perlu berurusan lagi dengan pikiran negatif. Jadi semakin cepat kita belajar melindungi dan mengendalikan pikiran kita, semakin baik keadaan kita.

Untuk mencapai potensi hidup yang maksimal, Anda harus belajar meyakini waktu Tuhan. Mungkin Anda berpikiran Ia tidak terlibat, namun Anda boleh yakin sekarang, di balik layar TUHAN sedang merancang  segala sesuatu untuk mengenapi rencana-Nya di dalam hidupmu. Anda mungkin tak habis pikir bagaimana situasimu ini bisa mengalami kemajuan. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa TUHAN memiliki jawaban atas doa-doamu bahkan sebelum Anda berseru kepada-Nya.

Akhir-akhir ini kemanapun Anda pergi, Anda akan menjumpai orang-orang yang terluka. Banyak dari mereka yang putus asa; impian-impian yang kandas…mereka membutuhkan bleas kasihan TUHAN dan kasih-Nya yang tanpa syarat. Mereka tidak membutuhkan seseorang yang menghakimi dan mengkritikny, atau memberitahu kesalahan mereka ( Sebab dalam banyak kasus mereka sebenarnya sudah tahu apa kesalahannya). Mereka membutuhkan seseorang yang dapat memberinya pengharapan untuk menyaksikan kebaikan TUHAN. Sungguh, mereka membutuhkan teman, seseorang yang akan menguatkan mereka, seseorang yang mau memberi waktunya untuk mendengarkan kisah mereka dengan perhatian yang tulus.

Anda dipanggil untuk menjalani kehidupan yang gemilang. Anda mewakili TUHAN yang perkasa. Dalam cara hidupmu, dalam caramu berbisnis, atau caramu melakukan pekerjaan, entah Anda tepat waktu atau tidak, semua itu mencerminkan kemuliaan Tuhan kita. Karena itu kehidupanmu, daripada yang biasa-biasa saja. Contohnya, cara Anda membawakan diri dalam penampilan pribadimu bukanlah sekadar cerminan dari apa yang Anda rasakan tentang dirimu, tetapi juga langsung mencerminkan kemuliaan Tuhan.

Ijinkan saya mendorongmu meningkatkan ekspektasi; mulailah membayangkan dirimu menerima hal-hal yang baik. Mengharapkan kemurahan TUHAN. Mengharapkan berkat-berkat-Nya. Mengharapkan peningkatan. Mengharapkan promosi. Setiap bangun pagi hadapilah hari-harimu dengan penuh antusias, ketahuilah bahwa TUHAN menyediakan hal-hal yang besar bagi Anda. Meskipun keadaanmu masih sama, jangan biarkan fakta itu melemahkan Anda. Jagalah pola pikiranmu di arah yang benar.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda yakini. Jika Anda berangkat dengan mentalitas miskin, merasa diri tidak layak atas berkat-berkat TUHAN, selalu berfokus pada pelanggaran, yang pasti Anda akan menjalani kehidupan yang suram. Tetapi jika Anda mengubah keyakinanmu dan mulai memandang dirimu dari kacamata TUHAN-seperti; Aku lebih dari pemenang, Aku mampu meraih keberhasilan, Aku kuat di dalam Tuhan, Aku adalah kepala bukan ekor, Aku adalah pemenang bukan korban-maka Anda naik ke level yang baru.

Tak peduli seberapa lama kita telah mengiring Tuhan, atau seberapapun positifnya hidup kita, pada dasarnya kita semua kadang masih rentan terhadap keputusaan. Itulah harga yang harus kita bayar untuk hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Andapun akan merasa lega, jika mengerti bahwa Anda tidak perlu merekayasa segala sesuatu yang terjadi padamu. Anda tidak harus terpancing untuk membalas dendam. Anda tidak perlu kuatir atau coba memanipulasi keadaan. Ketika Anda tahu bahwa TUHAN turut berperang bagimu, dan Ia telah berjanji akan membela Anda, maka Anda boleh berjalan dengan penuh percaya diri, dengan senyum di wajahmu dan nyanyian di hatimu.

Siapa tahu, barangkali 5 atau 10 tahun yang lalu, TUHAN pernah berbicara kepada seseorang mengenai keadaan yang Anda lewati sekarang, dan Tuhan membentuk Anda melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi di hidupmu. Anda tidak dapat berpura-pura tidak terjadi apa-apa dalam hidupmu. Adalah bodoh bila Anda coba memanipulasi peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di dalam hidupmu. TUHAN yang memegang kendali. Belajarlah mempercayai waktu-Nya, jangan tergesa-gesa; jangan bersikap tidak sabar; jangan coba memaksa kehendak dan jangan coba bertindak dengan kekuatanmu sendiri. Biarkan TUHAN bertindak menurut cara-Nya.

Dunia ini sungguh membutuhkan kasih dan kemurahan dari TUHAN kita. Di luar segala atribut manusia, saya yakin dunia ini sedang menjerit kepada orang-orang yang berbelas kasihan dan orang-orang yang mau mengasihi tanpa syarat, orang-orang yang bersedia meluangkan waktu menolong mereka. Kita semua sangat sibuk. Kita memiliki prioritas, rencana penting dan agenda pribadi. Firman TUHAN secara implicit menyatakan bahwa sesungguhnya setiap kita memiliki hati yang berbelas kasihan, tapi yang jadi pertanyaan adalah entah hatinya terbuka atau tertutup.

Entah Anda menyadari atau tidak, orang-orang sedang memperhatikan Anda. Mereka memperhatikan cara Anda berpakaian, cara Anda mengurus rumah, cara Anda memperlakukan orang lain, cara Anda bekerja. Bagaimana menurutmu? Apakah Anda cukup representatif bagi TUHAN? Apakah Anda sedang berusaha keras untuk unggul? Atau apakah Anda sedang melakukan kompromi dalam area-area yang dianggap tidak penting?

Jika Anda melakukan bagianmu dengan merenungkan secara teratur kebaikan Tuhan dan hidup dengan iman dan pengharapan, maka TUHAN akan menyatakan sesuatu yang bahkan tidak pernah Anda impikan, sehingga Anda akan naik ke level yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. TUHAN memiliki hal-hal yang hebat buat Anda! Ijinkan saya memperlihatkan kepada Anda bagaimana meraihnya.

Beranikah Anda mulai mempercayai TUHAN untuk hal-hal yang besar? TUHAN tidak ingin Anda tertatih-taih dan hidup pas-pasan seumur hidup. Ia tidak ingin Anda selalu hidup berhemat dan mengais-ngais uang hanya untuk membayar makanan, tempat tinggal, transportasi, dan semua tagihan atau bingung bagaimana harus melanjutkan studi anakmu ke perguruan tinggi. Ia tidak ingin Anda tidak berbahagia dalam pernikahanmu. Ini bukanlah pilihan Tuhan bagi Anda untuk hidup dalam penderitaan terus menerus.

Jika Anda bersedia memegang teguh keyakinanmu kepada Tuhan, maka Ia akan berperang bagi Anda sehingga Anda terdiam menyaksikan kelepasan dari Tuhan. Tak peduli apapun yang Anda hadapi, atau seberapa besar musuhmu. Tetaplah beriman. Tetaplah tenang. Tinggallah dalam damai sejahtera. Miliki pikiran yang positif. Dan jangan coba-coba bertindak dengan kekuatanmu sendiri. Biarkanlah TUHAN bertindak dengan cara-Nya sendiri. Anda cukup taat saja kepada perintah-Nya. Ia akan mengubah sesuatu untuk kebaikanmu.

Jangan menyerah! Tetap kerjakan hal-hal yang benar. TUHAN sedang membangun karakter di dalam Anda, dan Anda sedang melewati ujian. Ingatlah, semakin Anda berjuang, semakin besar pahalamu. “ Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. “ Jangan lemah; TUHAN akan menyatakan keadilan-Nya di dalam hidupmu. Jangan sesat! Allah tidka membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Jika Anda seorang yang nekat, dank eras kepala maka Anda mungkin akan mendapatkan apa yang Anda mau dengan caramu sendiri, TUHAN kadang mengijinkan Anda membangun suatu proyek tanpa berkat-Nya atau tidak pada waktu-Nya. Masalahnya adalah jika Anda memulai sesuatu dengan kekuatanmu sendiri dan menurut waktumu sendiri, maka Anda harus menyelesaikannya juga dan menjaganya dengan kekuatanmu sendiri. Bila Anda mengijinkan TUHAN memulai sesuatu, Ia yang bertanggung jawab menyelesaikannya bagi Anda. Dan Ia akan menyediakan segala sesuatu yang Anda butuhkan.

Ketika TUHAN menaruh kasih dan kemurahannya di dalam hatimu terhadap seseorang, itu artinya Ia sedang memberimu kesempatan untuk membuat perbedaan di dalam hidup orang tersebut. Anda harus berlajar mengikuti tuntutan kasih-Nya. Jangan mengabaikannya. Lakukan saja! Seseorang membutuhkan Anda. Lebih lanjut, “ Kita senantiasa berjalan dalam kasih, dituntun oleh kasih dan mengikuti kasih.

TUHAN ingin kita menjadi orang yang berintegritas, orang terhormat, orang yang dapat dipercaya. Orang berintegritas selalu terbuka dan jujur. Ia tidak memiliki agenda tersembunyi atau motif terselubung. Seorang yang berintegritas perkataannya dapat dipegang. Ia memegang teguh komitmen. Ia tidak membutuhkan kontrak resmi secara hukum; perkataannya mengikat. Orang berintegritas selalu sama baik di depan public maupun di dalam kehidupan pribadinya. Bila Anda memiliki integritas, Anda akan melakukan apa yang benar entah orang memperhatikanmu atau tidak.

Jangan membatasi TUHAN. Mungkin Ia ingin membuka peluang lain atau memberikan posisi yang lebih baik untuk Anda. TUHAN bisa campur tangan dalam situasimu, mengganti supervisormu sehingga Anda dipromosikan. Suatu hari kelak, bisa jadi Anda yang akan menjalankan perusahaan ini. Sekali Anda mengharapkan lebih, kunci kedua untuk memperbesar visimu adalah bahwa TUHAN memiliki hal-hal yang dahsyat untuk Anda.

TUHAN ingin Anda menjalani kehidupan yang baik. Itu bukan berarti segalanya akan selalu menjadi mudah, dan selalu baik-baik saja. Anda boleh berharap kepada-Nya dalam hal pernikahan yang lebih baik, kesehatan yang lebih baik, dalam hal sukacita, damai sejahtera dan kebahagiaan. Mulailah mempercayai-Nya dalam hal kelimpahan, ketahuilah bahwa Anda akan menjadi apa yang Anda yakini.

Anda mungkin sedang menghadapi kesusahan besar, dan Anda sehingga tergoda untuk berpikir, “ Saya tidak mungkin dapat melaluinya. Masalah ini tidak mungkin berubah. Saya tidak mungkin menang atas situasi ini.” Ingatlah teman, pertama-tama Anda harus memenangkan pertempuran ini di dalam pikiranmu. Bertekadlah ketika pikiran negatif itu datang, tolak dan gantikanlah dengan pikiran dari TUHAN.

Kita harus mempercayai TUHAN menyatakan keadilan pada waktu-Nya, bukan waktu kita. Kadang Anda harus mengasihi seseorang yang menyebalkan untuk waktu yang lama. Kadang ANda harus melakukan hal yang benar dikala hal yang salah menimpa Anda. Hal ini membutuhkan kemauan yang keras dari Anda, dan ketegasan untuk mempercayai daripada mengetuki. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Apabila kita coba memaksakan kehendak dan membuat sesuatu terjadi dengan kekuatan kita sendiri, maka hasil akhirnya adalah ketegangan melalu dan pemborosan sumber daya. Hidup jadi berat. Bersyukurlah apabila TUHAN tidak membuka jalan bagi suatu usaha atau hubungan tertentu. Barangkali itu adalah rencana TUHAN yang terbaik untuk hidupmu. Celakalah jika Anda sedang di luar waktu-Nya, lalu coba meneruskan usaha tersebut menurut kekuatan dan waktumu sendiri.

Bagaimana mengetahui keadaan hati yang sedang terbuka atau tertutup? Mudah. Apakah Anda sedang peduli terhadap orang lain, atau sedang peduli terhadap kepentinganmu sendiri? Apakah Anda mengikuti aliran kasih yang TUHAN taruh di hatimu untuk seseorang yang sedang membutuhkan? Atau Anda terlalu sibuk dengan rencanamu sendiri? Jika Anda ingin mencapai potensi hidup yang maksimal, Anda harus membiarkan hatimu senantiasa terbuka. Kita harus bersedia diinterupsi dan kadang merasa tidak nyaman demi menolong seseorang yang sedang membutuhkan.

Integritas kita diuji setiap hari. Jika seorang kasih Bank mengembalikan uang lebih dalam jumlah besar kepada Anda, apakah Anda akan bersikap jujur dan mengembalikan uang tersebut? Apakah Anda tidak masuk kantor dengan alasan sakit sehingga Anda bisa mengurusi urusan pribadimu? Ketika telepon bordering dan ternyata dari orang yang Anda tidak sukai, apakah Anda menyuruh anakmu berbohong? “ Katakan saya sedang tidak di rumah!”

Ketika TUHAN menaruh impian di hatimu, dan membuka peluang di hadapanmu, apakah Anda berani melangkah dengan iman dan mengharapkan yang terbaik, maju dengan percaya diri, yakin bahwa Anda mampu melakukan apa yang TUHAN ingin Anda lakukan? Atau tenggelam dalam ketakutan, dan berkata, “ Itu terlalu besar buat saya. Saya tidak memenuhi syarat. Saya tidak mampu. Saya tidak pernah dapat melakukannya.” TUHAN ingin melakukan suatu terobosan baru di dalam hidupmu. Tetapi Anda harus melakukan bagianmu dan keluar dari kota kecilmu. Mulailah berpikir besar!

Seberapapun kerugian yang Anda derita, TUHAN tetap memiliki rencana besar buat hidupmu. Anda harus menaikan ekspektasimu. Jika Anda tidak memiliki pengharapan, Anda tidak akan memiliki iman. Dan jika Anda tidak memiliki iman, Anda tidak berkenan kepada TUHAN, dan Anda tidak dapat melihat kuasa-Nya dinyatakan dalam hidupmu. Biarlah pengharapan selalu hidup di hatimu. Penganglah mimpimu, jangan menyerah! Jangan ijinkan keputusasaan atau kerugian lainnya menghalangi Anda mempercayai apa yang TUHAN katakan tentang Anda.

Ketika Anda beriman, itu artinya Anda sedang membuka pintu bagi TUHAN untuk bekerja di dalam situasimu. Mungkin Anda tidak dapat melihatnya dengan mata jasmanimu, tetapi janganlah hal itu membuat Anda berkecil hati. Di alam yang tidak kelihatan, yaitu dunia roh, TUHAN sedang bekerja. Ia sedang mengubah sesuatu untuk kebaikanmu. Dan jika Anda bersedia melakukan bagianmu dan tetap percaya, dalam keadaan apapun, maka pada waktu-Nya. TUHAN akan membawa Anda keluar dengan penuh kemenangan.

Jika Anda bersedia meletakkan bebanmu di tangan TUHAN, Ia akan membereskan kasusmu. Ia akan mengubah apa yang salah menjadi benar. Ia berjanji mengangkat kejahatan itu dan mengubahnya serta memanfaatkannya untuk keuntunganmu. Betapapun jahatnya seseorang yang telah melukaimu, atau sejauh mana tindakan dan perkataannya telah merugikanmu, TUHAN mampu mengubah situasi tersebut sehingga Anda diuntungkan, dan masih banyak lagi.

Berhati-hatilah jika TUHAN tidak turut bekerja di dalam apa yang Anda lakukan, Anda perlu melakukan perubahan. Disinilah banyak orang kehilangan perkenanan TUHAN: Mereka tahu TUHAN telah berbicara kepadanya; TUHAN telah menaruh impian-Nya di hati mereka. Tapi mereka kemudian coba memenuhi rencana TUHAN itu dengan caranya sendiri. Kita harus berhati-hati jangan sampai kita keluar dari waktu-Nya, sebab itu sama dengan keluar dari rencana-Nya. Biarkan TUHAN menyatakan rencana-Nya pada waktu yang telah ditetapkan-Nya.

Bila Anda mempelajarinya kehidupan, Anda akan menemukan bahwa Ia selalu meluangkan waktu-Nya untuk orang-orang. Ia tidak pernah terlalu sibuk dengna agenda-Nya, dengan rencana-Nya sendiri. Ia tidak terlalu kaku sehingga sulit ditemui oleh orang-orang yang sedang membutuhkan. Memiliki belas kasihan atas orang-orang. Ia menaruh perhatian terhadap apa yang mereka alami, dan Ia bersedia meluangkan waktu untuk menolong. Ia memberikan hidupnya secara Cuma-Cuma. Saya percaya Ia tidak menuntut apa-apa tak kurang dari mereka yang mengklaim diri sebagai pengikut-Nya hari ini.

TUHAN ingin kita menjadi orang-orang yang cemerlang dan berintegritas. Jika Anda tidka berintegritas, maka Anda tidak akan pernah meraih potensi terbaikmu. Integritas adalah dasar kehidupan sukses sejati dibangun. Setiap kali Anda berkompromi, setiap kali pula Anda kehilangan kepercayaan, Anda sedang membuat celah pada fondasimu. Jika Anda terus menerus berkompromi, maka fondasimu tidak akan pernah mampu menopang apa yang TUHAN ingin bangun di dalam hidupmu.

Pekerjaanmu bukanlah sumber hidupmu. Tuhanlah sumber hidupmu, kreatifitas dan sumber daya-Nya tak terbatas! TUHAN dapat memberimu ide suatu penemuan, sebuah buku, sebuah lagu, atau suatu film. TUHAN dapat memberimu impian. Satu ide saja dari TUHAN dapat mengubah jalan hidupmu selamanya. TUHAN tidak dibatasi oleh pendidikanmu. Ia juga tidak dibatasi olah apa yang Anda miliki. TUHAN bisa melakukan segala sesuatu. Jika Anda percaya. Ia dapat melakukan segala sesuatu, jika Anda mau berhenti membatasinya dalam pikiranmu.

Jangan biarkan kekecewaan atau kerugian lainya menghalangi Anda mempercayai apa yang TUHAN katakana tentang Anda. TUHAN ingin langkah kehidupanmu selanjutnya lebih bagik dari langkah awalnya. Anda tidak akan pernah terjerumus jika bersama TUHAN. Beberapa orang mengatakan, “ Ya, tetapi Anda tidak dapat membuat telur yang pecah menjadi telur yang telah pecah berantakan menjadi omelet yang lezat. Tidak ada yang terlalu sukar bagi Tuhan kita.

Kuncinya adalah memilih pikiran yang benar dan menjaga pola pikirmu. Tidak hanya pada saat Anda merasa enak, tetapi juga pada masa-masa sulit dalam hidup ini – khususnya pada saat Anda berada di bawah tekanan – Anda harus mengarahkan pikiranmu kepada hal-hal yang baik dari TUHAN. Tetaplah focus. Tetaplah beriman. Tetaplah bersukacita. Tetap berpengharapan. Buatlah keputusan secara sadar bahwa Anda akan tinggal dalam pola pikiran yang positif.

TUHAN akan mengubah apa yang salah menjadi benar. Serahkanlah itu kepada TUHAN. Hiduplah dalam pengampunan. Jangan mempunyai kebiasaan membalas dendam. TUHAN melihat segala kesalahan yang sedang dilakukan orang terhadap Anda. TUHAN melihat setiap orang yang pernah menyakiti Anda, Ia memiliki catatannya, dan Alkitab berkata jika Anda tidak menuntut balas, maka TUHAN akan menggantinya buat Anda. TUHAN akan menggantinya dengan berkat berkelimpahan.

Ketika Anda berada dalam waktu-Nya Tuhan, meskipun Anda mengalami tantangan besar dalam hidupmu, tapi Anda akan tetap dipenuhi dengan sukacita. TUHAN akan memberimu kasih karunia yang dibutuhkan. Jika Anda bersedia mempercayai waktu-Nya, Ia berjanji bahwa pada saat yang tepat, Ia akan membuat impianmu menjadi kenyataan dan menjawab doa-doamu. Jawaban akan tiba, tepat pada waktu-Nya.

Jika Anda menginginkan mengalami hidup yang berkelimpahan dari TUHAN, Anda harus tidak berfokus pada diri sendiri, tetapi mulailah meluangkan waktu untuk menolong orang lain. Anda harus memperlihatkan dan mengekspresikan kasih TUHAN dan kebaikan TUHAN dimanapun Anda berada. Jika Anda bersedia memenuhi kebutuhan orang lain, maka TUHAN berjanji akan memenuhi segala kebutuhanmu. TUHAN akan membereskan segala masalah yang Anda hadapi.

Anda tidak akan pernah mengalami kesuksesan yang langgeng jika Anda tidak memiliki integritas. Oh, mungkin Anda bisa mengalami kesuksesan sementara, tetapi Anda tidak akan pernah mengalami kebaikan TUHAN sepenuhnya apabila Anda tidak menempuh jalan yang mulia dan membuat pilihan-pilihan yang unggul. Yang pasti, berkat-berkat TUHAN akan mengejar kita, bila kita memiliki integritas.

Mungkin Anda tumbuh dilingkungan yang negatif. Orang-orang di sekitarmu selalu negatif dan bersungut-sungut, depresi, menyedihkan dan putus asa. Tidak heran, jika Anda cenderung memakai latarbelakangmu sebagai alasan untuk hidup dengan cara yang sama. Namun Anda bisa menjadi orang yang mengubah sisilah di keluargamu! Jangan biarkan sampah itu menurun ke anak cucumu dan meneruskan siklus kehidupan yang negatif. Anda bisa menjadi satu-satunya orang yang memutuskan kutuk itu di dalam keluargamu. Anda mampu mempengaruhi generasi masa depanmu dengan keputusan yang Anda buat hari ini.

TUHAN sedang mengubah keadaan sekitar demi kebaikanmu. Anda harus yakin akan hal ini. TUHAN sedang membuka pintu-pintu kesempatan bagimu. Ia sedang memulihkan hubunganmu; Ia sedang melembutkan hati orang-orang terhadap Anda. TUHAN sedang menyelesaikan apa yang telah Ia mulai di dalam hidupmu. Mungkin Anda tidak bisa melihat apa yang terjadi dengan mata jasmanimu, tetapi Anda harus percaya bahwa itu sedang terjadi di dalam dunia roh, TUHAN sedang bekerja untuk kebaikanmu.

Anda harus konsisten. Arahkan pikiranmu kepada kesuksesan, kemenangan dan kemajuan. Buanglah segala pikiran negatif, pikiran yang membuat Anda takut, kuatir, ragu-ragu atau tidak percaya. Anda harus bersikap seperti ini: Saya menolak untuk mundur. Saya sedang maju bersama TUHAN. Saya akan menjadi orang yang Ia inginkan. Saya akan meraih tujuan hidup saya. Jika Anda bersikap demikian, TUHAN akan terus berkarya di dalam hidupmu. Ia akan berperang bagimu. Ia akan memberimu damai sejahtera di tengah badai, dan akan menolongmu untuk hidup dalam kemenangan yang telah Ia sediakan bagimu.

Salah satu kunci yang paling penting untuk mencapai potensi hidup yang maksimal adalah terus bergerak maju menuju masa depan yang gilang gemilang. Belajarlah mengatasi kekecewaan di dalam hidup ini. Karena kekecewan dapat menjadi rintangan yang berat untuk melepas masa lalumu, Anda perlu serius membereskan area ini sebelum maju kelangkah berikutnya, yaitu hidup dalam potensimu seutuhnya.

TUHAN memiliki rencana ilahi untuk setiap tantangan yang kita hadapi dalam hidup ini. Ia tidak mengirim masalah, tetapi kadang ia mengijinkan kita melewatinya. Mengapa demikian? Alkitab berkata bahwa pencobaan, ujian, dan kesukaran harus terjadi, untuk menguatkan otot-otot rohani kita agar tumbuh semakin kuat, kita memerlukan tantangan untuk ditaklukkan dan serangan untuk dipatahkan. Yaitu melalui masa-masa sulit yang kita temui sepanjang hidup ini untuk mengetahui apakah kita benar-benar kaya.

Kadang kalalu saja kita mau meluangkan waktu untuk mendengarkan mereka, kita bisa membantu terjadinya proses kesembuhan dalam kehidupan mereka. Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang terluka dan sakit di dalam bathinnya. Mereka tidak memiliki siapa-siapa untuk diajak bicara; mereka tidak lagi percaya kepada siapa-siapa. Jika Anda bersedia membuka hatimu dan menjadi temannya – tanpa menghakimi atau menyalahkan – dan hanya menyediakan telinga untuk mendengarkan, mungkin Anda akan membantu mengangkat bebannya. Anda tidak perlu tahu semua jawaban. Anda hanya perlu menaruh perhatian.

Pertanyaan saya adalah: Apakah Anda bersedia membayar harganya demi melakukan hal yang benar? Memang tidak selalu mudah. Integritas dan kemakmuran adalah dua sisi dalam mata uang yang sama. Anda tidak bisa menginginkan satu sisinya saja tanpa mengindahkan sisi lainnya. TUHAn mungkin sedang mengingatkan Anda tentang membayar harga yang selama ini berusaha Anda hindari. Bisa saja itu soal masuk kerja tepat waktu secara konsisten atau mungkin Anda harus lebih jujur dalam berbisnis. Mulailah lakukan segala sesuatu dengan benar.

Kita dapat mempengaruhi generasi yang akan datang dengan keputusan yang kita buat hari ini. Jika Anda tidak mengalami kehidupan yang berkelimpahan dari Tuhan, ijinkan saya menantang Anda untuk mempercayai-Nya lebih lagi. Jangan sekadar duduk dan menerima status quo. Jangan menempuh jalan untuk lima puluh tahun kedepan lalu berakhir di tempat yang sama seperti keadaanmu hari ini. Buatlah keputusan untuk keluar dari keadaanmu sekarang. Jangan sekadar melanjutkan apa yang telah dimulai orangtuamu. Anda dapat  melangkah lebih jauh dari itu. Anda bisa berbuat lebih, mendapat lebih dari menjadi lebih dari itu.

Tidak ada satu senjatapun yang akan berhasil menjatuhkan Anda. Ini bukan berarti tidak ada musuh di dalam hidupmu, tetapi artinya mereka tidak dapat melukai Anda. Masa depanmu utuh bersama Tuhan. Anda tidak akan jatuh bangkrut, melainkan berhasil melewatinya. Tetaplah berdoa, tetaplah percaya, tetaplah memuji Tuhan, tetaplah bertahan dalam iman. Jika Anda bertindak demikian, TUHAN berjanji akan membawa Anda keluar dengan penuh kemenangan.

Perkataan sama dengan benih. Dengan mengucapkannya keras-keras ia akan tertanam di alam bawah sadar kita, dan benih itu akan hidup, berakar, bertumbuh dan menghasilkan buah. Jika kita memperkatakan hal-hal yang positif, hidup kita akan mengarah ke sana. Sama halnya dengan kata-kata negatif, ia membuahkan hasil yang menyedihkan. Kita tidak bisa mengucapkan kata-kata yang penuh kekalahan dan kegagalan lalu berharap hidup dalam kemenangan. Kita akan menuai apa yang kita tabur.

Seberapa banyak iman yang Anda miliki atau sebaik apapun Anda, cepat atau lambat, sesuatu atau seseorang akan mengguncangkan imanmu sampai ke dasarnya. Bisa saja itu terjadi melalui hal-hal yang sederhana ataupun yang serius. Apapun juga, kekecewaan itu berpotensi mengelincirkan dan menghancurkan imanmu. Karena itu betapa pentingnya Anda menyadari sebelum kekecewaan itu melanda, dan Anda belajar bagaimana menghadapinya ketika hal itu terjadi.

Sepanjang hidupmu, Anda akan menghadapi berbagai ujian, dan meskipun Anda tidak menyukainya, TUHAN akan memakai ujian tersebut untuk memoles Anda. Ia coba membentuk Anda menjadi orang yang berkenan di hati-Nya. Jika Anda mau belajar bekerjasama dengan TUHAN dan mau berubah di area yang Ia tunjukkan kepadamu, maka Anda akan segera lulus dan dipromosikan ke level yang baru.

Orang-orang lebih membutuhkan telinga yang mau mendengarkan daripada nasehat dan instruksi kita. Anda akan terheran-heran pada dampak positif yang Anda buat terhadap dunia ini asal Anda bersedia menjadi pendengar yang baik saja. Sepanjang hidup ini, TUHAN akan menuntun kita kepada orang-orang yang membutuhkan. Anda harus menyadari apa yang sedang terjadi dan ikuti aliran kasih-Nya. Itulah cara TUHAN berbicara kepadamu. Ketika Anda merasa kasihan keapda seseorang, itulah cara TUHAN memberitahumu untuk menjadi berkat bagi orang tersebut. Pergi kuatkanlah mereka. Pikirkanlah cara membuat hidup mereka lebih baik.

Naiklah ke level integritas yang lebih tinggi. TUHAN sedang memanggil kita keluar dari keadaan yang biasa-biasa saja untuk menjadi manusia yang unggul. Jika kita mau setia dengan perkara kecil, maka TUHAN akan mempercayakan kepada kita perkara yang lebih besar. Bagaimana TUHAN dapat mempercayai kita mengurus uang miliaran rupiah jikalau mengurusi uang ratusan ribu rupiah saja kita tidak jujur? Tapi anehnya banyak orang membiarkan perkara kecil mengalangi mereka memperoleh perkara yang besar.

Mungkin Anda berasal dari garis panjang keturunan yang kawin cerai, gagal, depresi dan biasa-biasa saja atau keluarga yang bermasalah. Anda harus berani berkata, “ Cukup  sampai di sini saja. Aku tidak akan membiarkan sikap negatif ini turun ke anak cucuku. Aku akan memutuskan siklus ini dan meningatkan pengarapanku. Aku akan mulai mempercayai TUHAN untuk hal-hal yang lebih besar dan lebih baik. “

Aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia , yang memulai pekerjaan yang baik di atnara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari yang terbaik sedang datang. Anda bisa bangun setiap pagi terhadap sesuatu terjadi untuk kebaikanmu. Mulailah mengharapkan yang terbaik dari TUHAN. Mulailah mengharapkan berkat-berkat-Nya. Biarkan imanmu bangkit. Sebaba Ia akan melakukan jauh lebih besar dari apa yang Anda minta dan pikirkan.

Kita membandingkan lidah kita dengan kemudi sebuah kapal. Walaupun kemudi itu kecil, namun ia mengendalikan tujuan seluruh kapal. Demikian juga lidahmu akan mengendalikan tuuan hidupmu. Jika Anda gemar mengucapkan kata-kata yang mengandung kegagalan, berarti Anda sedang mengarahkan hidupmu kepada kekalahan. Kata-kata tersebut akan menghalangi Anda menjadi orang yang TUHAN inginkan.

Seringkali, mengatasi kekecewaan dan melepaskan masa lalu adalah dua sisi dalma mata uang yang sama, khususnya jika Anda sedang kecewa dengan dirimu sendiri. Ketika Anda berbuat sesuatu kesalahan, janganlah menyesali diri terus menerus dan menghukum dirimu sedemikian rupa. Akuilah, carilah pengampunan dan maju terus. Lepaskanlah secepatnya semua kesalahan dan kegagalanmu, semua sakit hati dan dosa-dosamu.

Saya menemukan bahwa di dalam menghadapi pergumulan hidup ini, TUHAN lebih tertarik  untuk mengubah diri kita daripada keadaan kita. Anda mungkin telah menemukan sesuatu yang sama untuk diluruskan. Misalnya, jika Anda sedang iri hati, maka seolah-olah setiap orang yang Anda temui lebih beruntung secara materi daripada Anda. Maukah Anda menjaga sikap yang benar, yaitu bersukacita dengan orang yang sedang bersukacita dan bergembiralah dengan tulus bersama mereka? Itulah yang TUHAN sedang poles di dalam dirimu.

TUHAN mengenali orang-orang yang sedang terluka. Ia juga tahu ada banyak orang yang sedang kesepian. Ia tahu ada orang-orang yang sedang membuat keputusan yang salah. Jika Anda berani keluar; melangkah dengan iman dan menjangkau mereka dengan kasih, dan membiarkan mereka tahu bahwa Anda peduli, maka Anda akan menjadi seseorang yang membantu mengubah hidupnya atau menjaga hidup seseorang tetap dijalan yang benar. Anda tidak akan tahu dampak baik apa yang dihasilkan dari sebuah tindakan sederhana.

Anda mungkin tidak berpikiran apa dampaknya jika Anda tidak membayar tagihanmu tepat waktu, atau ketika Anda mengatakan kepada mereka sedikit “ bohong putih “ Mungkin Anda berpikir tidak apa-apa jika Anda memperlakukan teman-temanmu begini dan keluargamu begitu. Tetapi sesungguhnya jika Anda tidak berhasil lulus dari ujian kecil ini, maka TUHAN tidak akan mempromosikan Anda. Jika Anda tidak mau belajar bertindak benar dalam hal kecil, TUHAN tidak dapat mempercayai Anda untuk hal-hal yang besar. Ingatlah hidup kita adalah surat yang terbuka di depan TUHAN. Ia melihat hati kita dan menilai motif kita.

Janganlah puas dengan keadaanmu yang biasa-biasa saja, TUHAN menyediakan hal-hal besar buat Anda. Perluaslah visimu. Hiduplah dengan pengharapan. Taruhlah proyek besar yang ingin TUHAN lakukan di benakmu. Hari terbaikmu segera tiba. TUHAN mampu melakukan jauh lebih dahsyat dari yang Anda minta dan pikirkan, tetapi ingatlah, hal itu tergantung dari kemauan Anda. Tingkatkanlah dirimu; jangan berpuas diri; jangan puas dengan kejayaan masa lalumu. TUHAN mempunyai hal-hal yang lebih dari itu buat Anda! Asalkan Anda mau percaya akan hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, Anda pasti bisa mendobrak rintangan masa lalumu.

Anda harus percaya bahwa hal-hal yang baik sedang mengejarmu. Anda harus percdaya bahwa TUHAN menaruh Anda di tempat yang tepat. Dengan kata lain, Anda harus mampu melihat impianmu sedang digenapi dalam dunia roh. Pandanglah kehidupan ini dengan kacamata imanmu. TUHAN ingin melakukan sesuatu yang baru di dalam hidupmu. Jangan membatasi Dia dengan otakmu yang kecil. Milikilah visi yang benar. Hiduplah dengan iman dan pengharapn. Anda akan menjadi seperti yang Anda yakini.

Kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan khususnya di tengah kesukaran. Apa yang Anda katakana di tengah kesulitan akan berpengaruh besar terhadap daya tahanmu dalam situasi tersebut. Semakin positif perkataan dan pikiranmu, semakin Anda menjadi kuat dan cepat pulih dari segala yang menyakitkan. Untuk menembus masa-masa sukar dengan hasil yang lebih baik, kita harus belajar berkta-kata positif sebisa mungkin.

Kekecewaan yang mengganggu kita kerapkali disebabkan oleh orang lain. Namun apapun yang telah kita lalui, seberapa tidak adilnya keadan pada waktu itu, dan seberapa kecewanya kita, harus kita relakan dan lepaskan. Seseorang mungkin telah mengkhianati Anda dan berbuat kesalahan besar. Serahkanlah itu kepada TUHAN dan maju terus. “ Hati-hati yang tersembunyi adalah bagian THUAN.” Taruhlah di situ!.

TUHAN sengaja menggunakan situasi-situasi agar Anda bisa menyadari masalah di dalam dirimu dan belajar mengatasinya. Ia sedang melakukan sesuatu diluar sana agar Anda naik ke level yang baru dan menjadi orang yang Ia inginkan. Dengan kata lain TUHAn memakai orang-orang di dalam hidupmu. Suami atau isterimu, mertua atau anak-anakmu sendiri sebagai cermin tersembunyi yang TUHAN pakai untuk mengungkap area kelam di dalam kehidupanmu yang perlu dikoreksi.

Jika Anda bersedia mengikuti aliran kasih Tuhan kemanapun Ia menuntunmu, mungkin Anda akan menjadi jawaban doa dari mereka yang sedang putus asa dan kesepian. Barangkali Anda sama sekali tidak menyangka khasiat dari sebuah pembicaran singkat lewat telepon. Atau Anda mungkin tidak menyadari betapa pentingnya bagi seorang yang sedang kesepian mendengar kata-kata “ Saya peduli sama kamu. “ Biarlah kasih TUHAN menuntunmu seumur hidup. Ia akan mengarahkan jalanmu dan menyatakan kepadamu di mana dan bagaimana mengekspresikannya.

TUHAN melihat setiap usaha Anda berjalan ekstra mil demi melakukan apa yang benar. Ia juga melihat pada waktu Anda bersikap kompromi dan mengambil jalan pintas. Jawablah dengan jujur dan terbuka, bukankah sesungguhnya Anda tidak pernah rugi jika menempuh jalan yang mulia? Belajarlah mendengarkan suara hati nuranimu. TUHAN menempatkan itu di hatimu agar Anda dapat menimbang mana yang benar dan yang salah. Pada waktu Anda mulai berkompromi, alarm di hatimu akan berbunyi. Jangan baikan itu. Lakukanlah apa yang benar menurut hati nuranimu.

Peperangan ada di dalam pikiranmu. Jika Anda berhasil dikalahkan di alam pikiranmu, berarti Anda telah kalah dalam peperangan tersebut. Jika Anda berpikir impianmu tidak mungkin akan menjadi kenyataan, maka hal itu pasti tidak akan terjadi. Penghalangnya ada di pikiranmu. Itulah yang kita katakana sebagai benteng. Suatu pola pemikiran yang salah yang menyebabkan kita terpenjara dalam kekalahan. Dan karena itulah betapa pentingnya kita harus memiliki pikiran yang positif, seperti : Iman, pengharapan dan kemenangan.

Berhentilah membatasi TUHAN dengan pikiranmu yang sempit. Belajarlah untuk memahami. Simpanlah gambaran dari apa yang Anda inginkan di benakmu. Barangkali TUHAN telah memberitahumu sesuatu, tapi secara manusia, kelihatannya sungguh mustahil. Ketika Anda melihat kepada kondisimu, seperti Sarah melihat kepada kondisi tubuhnya. Mungkin Anda akan tergoda untuk berpikir, TUHAN saya tidak mau melihat bagaimana Engkau membuat ini menjadi kenyataan.

Waktu di mana Anda harus berhati-hati dengan perkataanmu, adalah ketika Anda sedang mengalami kesukaran. Ketika Anda merasa kewalahan, ketika Anda sedang tergeletak, ketika segala sesuatu di dunia ini memojokkan Anda, itulah saatnya Anda perlu berjaga-jaga. Itulah saat yang paling rentan dimana kita mudah tergelincir kepada sikap negatif.

Jika Anda masih berduka atas kekecewaan yang sudah lama terjadi, pasti ada sesuatu yang salah! Anda harus membuat keputusan untuk membuangnya. Karena hal itu tidak akan pergi dengan sendirinya. Anda harus berkata begini, “ Seberat apapun masalah itu, saya tidak akan membiarkan ia merampas yang terbaik dalam hidupku. Saya akan melanjutkan hidup saya.”

Sadarkah Anda bahwa TUHAN ingin mengubah hidupmu agar menjadi lebih baik? Ia coba memberi Anda sedikit beban untuk melatih daya tahanmu. Agar Anda kuat menghadapi tantangan yang berat, menyebalkan dan tidak enak. TUHAN tidak akan mengubah siapapun yang Anda hadapi sebelum Ia mengubah Anda. Selidikilah hatimu sendiri dan temukanlah barangkali masih ada sikap dan motif yang perlu diubah.

Seringkali ketika kita keluar menjangkau orang-orang, atau ketika kita mengikuti aliran kasih TUHAN, pikiran kita cenderung berkata bahwa ini semata-mata untuk kepentingan mereka dan keuntungan mereka. Namun saya mau berterus terang kepada Anda, bahwa sesungguhnya TUHAN menaruh belas kasihan itu di hati kita adalah demi keuntungan mereka dan kita juga. Sebab melalui kesempatan itu kita bisa menabur.

Orang yang berintegritas mengatakan apa yang dimaksudkannya. Sehingga orang-orang tidak perlu menerka apa maksud Anda sesungguhnya. Berterusteranglah dalam pernyataanmu dan dalam percakapanmu. Integritas adalah lebih dari sekadar tidak berbohong. Orang yang berintegritas tidak akan mengecoh dan menyesatkan. Kadang mudah mengatakan kebenaran sambil menghilangkan bagian tertentu yang kita tahu akan menurunkan citra kita. Itu bukanlah berbicara dengan integritas. Kita perlu terbuka dan jujur meskipun dalam keadaan terjepit.

Inilah waktunya untuk melanjutkan hidup. Lepaskanlah luka dan kegagalan masa lalumu. Optimislah terhadap hal-hal yang besar di masa yang akan datang. Inilah saatnya untuk meningkat, saatnya untuk menerima promosi, saatnya untuk mengalami kemurahan yang supranatural. Tetapi jika hal itu terjadi, Anda jangan menaggapinya dengan cara yang lama seperti tahun-tahun lalu. Kunci untuk mengembangkan visi yang baru di dalam hidupmu adalah putuskan ringtangan dari masa lalumu.

Jangan hanya berfokus pada apa yang tidak dapat Anda lakukan, tetapi berfokus pada apa yang dapat TUHAN lakukan. Anda tidak perlu menjelaskan bagaimana cara Ia membereskan masalahmu. Anda juga tidak perlu tahu bagaimana cara Ia melakukannya. Itu adalah tanggung jawab-Nya, bukan pekerjaanmu. Tanggung jawabmu adalah mempercayai-Nya. Tugas Anda adalah hidup dengan iman dan pengharapan. Serahkan saja tanggung jawab itu kepada TUHAN dan percayalah Ia yang akan mengurusnya. Jika Anda dapat melihat apa yang tidak kelihatan, TUHAN akan melakukan hal-hal yang mustahil.

Jika Anda berada ditengah badai saat ini, lebih dari segala yang perlu Anda jaga adalah perkataanmu, jangan biarkan segala perkataan negatif dan yang melemahkan keluar dari mulutmu. Andalah yang menciptakan suasana, entah itu baik atau buruk melalui perkataanmu, dan Anda akan tinggal dalam dunia yang ANda buat. Mungkin Anda terpancing untuk sekadar menjelaskan situasi yang negatif, tetapi TUHAN ingin Anda memakai perkataanmu untuk mengubah situasi yang negatif.

Musuh senang menjebak kita masuk ke dalam kubangan mengasihi diri sendiri, resah dan lekas tersinggung. “ Mengapa hal ini terjadi padaku? TUHAn pasti tidak mengasihi saya. Ia tidak menjawab doa-doaku. Mengapa pernikahanku berakhir dengan perceraian? Mengapa bisnisku tidka sukses? Mengapa saya kehilangan orang yang saya kasihi? Mengapa semua ini tidak mau keluar dari kehidupanku? “ Anda tidka dapat mengutuhkan kembali telur yang sudah pecah. Serahkanlah itu ketangan TUHAN. Apa yang sudah, ya sudah! Biarkan masa lalu menjadi masa lalu dan maju terus.

Mungkin Anda merasa kuatir dan takut bila hal-hal penting yang Anda mau, tidak tercapai. Pernahkah Anda berpikir bahwa TUHAN barangkali mengijinkan peristiwa tersebut untuk mengajar Anda agar tetap tenang dan tenteram di tengah badai ? Ia mungkin sedang melatih Anda, menolong Anda mengembangkan beberapa tulang belakang dan stabilitas dalam hidupmu. Kita harus bersedia mengubah sikap kita dan menghadapi tantangan yang TUHAN sediakan.

Kiranya hatimu senantiasa terbuka. Belajarlah untuk segera menanggapi aliran kasih itu. Lebih peka dan lebih taat lagi untuk melakukan apa yang TUHAN ingin Anda lakukan. Anda pasti tidak akan pernah menyesal – baik sekarang, ataupun seribu tahun dari sekarang.

Ketika ktia melakukan kompromi demi mencapai kemajuan, seperti menodai reputasi seseorang sehingga kita dipromosikan, mungkin kita berpikir bahwa kita sedang beruntung, tetapi pada akhirnya hal itu tidak akan memberikan apa-apa selain masalah. Kita akan menderita konsekwensi yang mengerikan.

Apapun yang telah Anda alami di masa lalu, berapapun kerugian yang Anda derita, atau siapa dan apa yang coba menghalangi kemajuanmu, ini adalah hari yang baru, dan TUHAN ingin melakukan hal yang baru di dalam kehidupanmu. Ia menyediakan hal-hal yang besar untuk Anda. Jangna biarkan masa lalu menentukan masa depanmu.

Jangan membatasi visimu; tetapi mulailah melihat dirimu sebagai anak TUHAN. Lihatlah dirimu sedang menerima hal-hal baik. Teman, jika Anda mau melakukan bagianmu, yaitu percaya, memiliki visi yang besar, hidup dengan iman dan pengharapan, melihat dirimu seperti TUHAN melihatmu, maka TUHAN akan membuatmu berhasil, dimana orang lain berkata mustahil untuk mengalami keajaiban yang demikian. Anda akan menjadi seperti apa yang Anda yakini.

Kitab menyatakan bahwa kita harus berkata kepada gunung-gunung yang kita hadapi. Entah itu gunung penyakit; gunung hubungan yang rusak; gunung bisnis yang kembang – kempis. Apapun gunungmu, Anda harus bertindak lebih dari sekadar memikirkannya, lebih dari sekadar mendoakannya; Anda harus katakana kepada rintangan tersebut. Berhentilah mengatakan kepada TUHAN tentang betapa besarnya gunung-gunungmu itu. Tetapi mulailah berkata kepada gunung-gunungmu tentang betapa besarnya TUHANmu!

Anda mungkin telah menderita sejumlah kerugian; sementara itu Anda belum mendapatkna apa yang selama ini Anda doakan; tidak ada perubahan apa-apa. Teman, Anda tidak sendirian. Banyak individu yang baik dan terhormat juga mengalami hal yang demikian.

TUHAN sangat mengasihi Anda sehingga ia tidak mengijinkan Anda mengalami hidup yang biasa-biasa saja. Ia akan sering membiarkan tekanan terjadi untuk menguji Anda. Ia akan menaruh orang-orang atau situasi-situasi tertentu untuk memoles Anda seperti amplas, Ia memakai mereka untuk meggosok bagian tepimu yang masih kasar. Anda boleh saja lari dari situ, tetapi TUHAN akan menghadapkan isu itu kembali berulang-ulrang, sampai Anda lulus.

Salah satu penghalang utama untuk mencapai potensi hidup yang maksimal adalah sikap egois. Sepanjang Anda hanya berfokus pada kepentinganmu sendiri, maka Anda tidak akan mengalami yang terbaik dari TUHAN. Tetapi jika Anda mau mengalami kemajuan pesat,  Anda harus belajar menjadi seorang pemberi. Di seluruh kita kita menjumpai prinsip menabur dan meuai. Sama seperti petani yang harus menabur benih jika ia mengharapkan panen, kita juga harus menabur benih yang baik di ladang keluarga kita, karir, bisnis dan hubungan pribadi kita. “ Apa yang ditabur orang itulah yang akan dituainya.”

Sebagai orang yang berintegritas, kita harus memiliki karakter yang sama pada saat kita sedang sendiri maupun di depan publik. Kita jangan memasang muka hari minggu di gereja lalu kembali hidup dalam kompromi sepanjang minggu. Hal ini tidak cukup untuk dibicarakan saja, tetapi kita harus melangkah. Seorang yang cemerlang dan berintegritas tetap melakukan apa yang benar, meskipun tidak ada yang mengawasinya.

Berikut ini adalah pertanyaan kunci; Apakah Anda bersedia mengubah pemikiranmu? Bersediakah Anda tidak lagi membatasi apa yang dapat TUHAN lakukan di dalam hidupmu? Maukah Anda mulai mempercayainya dalam hal yang lebih besar dan lebih baik? Perubahan dimulai dari titik ini. Jika Anda mau mengubah pemikiranmu, TUHAN dapat mengubah hidupmu. Anda tidak bisa mondar-mandir dengan pikiran yang kalah dan gagal lalu berharap TUHAN memenuhi Anda dengan sukacita, kuasa dan kemenangan. ANda tidak bisa mondar-mandir dengan pikiran yang miskin dan berkekurangan lalu berharap TUHAN memenuhi Anda dengan kelimpahan.

Salah satu aspek yang penting dalam melihat diri kita menurut kaca mata TUHAN adalah termasuk belajar mengembangkan pola pikiran yang sukses. TUHAN telah melengkapi Anda dengan segala hal yang Anda butuhkan untuk hidup dalam kelimpahan. Hanya karena hal-hal tersebut ada di dalam Anda, tidak berarti segalanya tinggal dinikmati. Anda harus membuka kerannya. Dengna kata lain, Anda harus berani mempercayai melebihi baying-bayang keraguanmu.

Saya suka sekali dengan apa yang diperbuat Daud ketika ia menghadapi raksasa Goliat. Ia tidak berkata, “ TUHAN mengapa saya selalu menghadapi problem yang sebesar ini? “ Tidak, dia mengubah seluruh atmosfir lewat perkataan yang keluar dari mulutnya. Dia sams sekali tidak memikirkan fakta bahwa Goliat tiga kali lebih besar dari tubuhnya, atau Goliat adalah seorang prajurit yang hebat. Tidak, ia tidak berfokus pada besarnya rintangan yang di hadapi. Ia malah memilih untuk berfokus pada kebesaran TUHAN.

TUHAn tentu tahu bahwa kita masih akan jatuh dalam dosa. TUHAN tahun kita tidak sempurna, oleh karena itu Ia menyediakan kasih dan anugerah-Nya yang baru setiap hari sepanjang hidup kita. TUHAN tidak mentolerir dosa-dosa kita; Ia tidak bermain mata dengan pelanggaran kita. Hanya saja TUHAN tidak langsung menghukum kita. Kitab berkata TUHAn itu sabar. Kasih setia-Nya selalu baru setiap pagi.

Alkitab berkata bahwa TUHAN adalah penjunan dan kita adalh tanah liat. Tanah liat yang baik itu lunak, lembut, dan mudah dibentuk. Biasanya, tidak ada di antara kita yang sendang melewati pergumulan, tetapi Anda harus mengerti bahwa pergumulanmu mungkin saja menjadi peluang untuk mencapai kemajuan dan promosi. Sebab sesuatu yang Anda gumuli siang dan malam dengan darah dan air mata akan menjadi batu loncatan yang akan melambungkan Anda ke level unggul. Tantangan bisa menjadi asetmu yang terbesar.

Mungkin Anda termasuk beberapa orang yang sedang mengalami kelaparan hari ini. Apapun kebutuhanmu, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menolong seseorang yang sedang membutuhkan. Jika Anda sedang patah semangat hari ini, jangan duduk diam sambil mengasihi diri sendiri. Pergi dan temuilah seseorang untuk dikuatkan. Tebarkanlah benih kebahagiaan. Itulah caranya untuk menuai panen. Benih itu selalu harus terus di arahkan.

Orang yang cemerlang melakukan apa yang bernar karena itu benar, bukan karena dipaksa seseorang. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dalam hidup ini dan tetap di terima oleh masyarakat. Tapi pertanyaan saya adalah seberapa tinggi yang ingin Anda capai? Seberapa besar kemurahan TUHAN yang Anda ingin liat? Seberapa besar keinginan Anda untuk dipakai TUHAN? TUHAN tidak dapat mempromosikanmu atau memberkatimu bila Anda tidak hidup dalam integritas.

TUHAN ingin Anda hidup dalam kemenangan. Ia tidak ingin Anda hanya hidup pas-pasan. Ia di sebut El Shaddai,  “ TUHAN yang lebih dari cukup. “ Ia bukan “ El Cheapo, “ TUHAN yang pas-pasan! TUHAN berkata siap-siaplah untuk menerima hal-hal yang besar. Berikan uang untuk peningkatan. Perluaslah tendamu. Ia berkata terimalah kemurahan-Nya, terimalah berkat-berkat supranatural-Nya. Janganlah berpuas diri dengan kondisi yang ada. Maju terus!

Anda harus ingat bahwa Anda adalah anak dari TUHAN yang maha Tinggi dan Anda diciptakan untuk hal-hal yang besar. TUHAN tidak menciptakanmu untuk menjadi biasa-biasa saja. TUHAN menciptakan Anda untuk tujuan yang mulia, dan Ia telah memberi Anda kemampuan, pengertian, talenta, hikmat dan kekuatan supranatural-Nya untuk bertindak Anda memiliki segala yang Anda butuhkan saat ini untuk menggenapi rencana yang TUHAN taruh di dalam hidupmu. TUHAN tidak menciptakanmu untuk biasa-biasa saja.

Ketika menghadapi rintangan di jalan, Anda harus katakana dengan berani, “ Tidak ada senjata yang ditempa terhadap aku akan berhasil.” Berhentilah mengkuatirkan dan mengeluh soal rintangan tersebut dan mulailah berkata kepadanya. Berhentilah mengeluh tentang kemiskinan dan kekuaranganmu, tetapi nyatakanlah bahwa. “ TUHAN memenuhi segala kebutuhanmu dan menyatakanlah bahwa, “ Apapun yang kutangani akan berhasil dan sukses. “ Berhentilah mengutuki kegelapan, sebaliknya perintahkan terang itu masuk.

Supaya Anda tidak terjebak pada masa lalumu, Anda harus belajar mengampuni dirimu. Anda harus bersedia menerima belas kasihan TUHAN yang tercurah bagimu. Anda tidak boleh menghukum dirimu sedemikian rupa, dengan menolak untuk menerima apa yang TUHAN tawarkan. Mungkin dulu Anda pernah membuat keputusan yang buruk, dan sekarang coba mengoreksi kesalahan yang telah Anda lakukan. Itu adalah perbuatan yang mulia, teruskanlah sampai taraf Anda melakukan rekonsiliasi atas semua luka yang pernah Anda buat terhadap orang lain, Anda harus coba melakukannya.

Mungkin kesukaran yang Anda hadapi mengandung tujuan. Mungkin tujuannya untuk mendorong Anda, menguatkan Anda, mempertajam Anda, untuk membuatmu tetap segar, membuatmu tetap aktif dan bertumbuh. Walaupun, kadang-kadang, Anda merasa bagaikan sedang memelihara ikan Hiu besar di dalam tangki daripada seekor ikan hias, namun demikian kesukaran yang Anda hadapi dapat menjadi sesuatu yang dipakai TUHAN untuk mendorongmu mencapai potensi yang maksimal. Percobaan adalah untuk menguji iman, karakter dan daya lahanmu. Jangan menyerah. Jangan lari.

Ketika Anda memenuhi kebutuhan orang lain, TUHAN berjanji bahwa Ia akan menjamin kebutuhanmu sendiri terpenuhi. Jika Anda ingin menyaksikan kesembuhan dan pemuliah terjadi di dalam hidupmu, pergilan dan tolonglah seseorang yang sedang sakit. Jika Anda memerlukan mujizat dalam hal keuangan, traktirlah orang lain secangkir kopi besok pagi, atau berikanlah bantuan fisik pada orang lain; potongilah rumput di halaman mereka, cabutlah rumput-rumput liar, cucilah jendelanya atau buatkanlah kue yang lezat. Pokoknya lakukan sesuatu untuk menabur benih kebaikan.

Ketika Anda berkomitmen kepada integritas dan keunggulan, TUHAN memberimu pahala. Ketika Anda berkomitmen melakukan apa yang benar, berarti Anda sedang menabur benih untuk berkat-berkat TUHAN. Anda tidak akan pernah salah memilih jalan yang tinggi dan melakukan lebih daripada yang diminta.

TUHAN bekerja melalui iman. Anda harus percaya dulu, barulah menerima. Mungkin Anda sedang menunggu TUHAN melakukan sesuatu, tetapi TUHAN justru sedang menunggu Anda merentangkan imanmu. Berilah ruang di dalam pikiranmu, maka Anda akan mulai mengalami beberapa peningkatan secara supranatural.

TUHAN telah memberkati kita dengan berkat-berkat rohani.” Perhatikan, pernyataan di atas bersifat past tense. Artinya TUHAN telah melakukan bagian-Nya. Ia telah menanam di dalam kita segala sesuatu yang diperlukan untuk sukses. Nah, sekarang giliran kita untuk bertindak menurut apa yang telah ada di dalam kita.

Teman, sesungguhnya mujizat ada di mulut Anda. Jika Anda ingin mengubah duniamu, mulailah mengubah perkataanmu. Ketika mengalami kesukaran janganlah menyerah kepada persungutan, pertikaian dan mengeluh. Katakana kepada masalahmu itu. Jika Anda belajar mengucapkan kata-kata yang benar dan menjaga sikap yang benar, TUHAN akan mengubah situasi tersebut. Kita bisa mengucapkan firman TUHAN dalam kehidupan kita sehari-hari. Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai – bagai percobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

Anda tidak dapat terus menerus memperbaiki setiap bagian yang hancur dalam hidupmu apalagi kehidupan seseorang; Anda tidak bisa memperbaiki setiap kesalahan setiap kesalahan atau menghapus kekacauan yang pernah Anda buat. Anda bagaikan sedang membayar hutang yang mustahil untuk dilunasi. Mungkin inilah saatnya untuk Anda menerima kemurahan dan pengampunan dari TUHAN, sehingga Anda bisa terus melanjutkan perjalanan hidupmu.

Terdirilah teguh dalam pertandingan iman. TUHAN sedang memberimu peluang untuk promosi. Itulah pergumulan  yang memberi kekuatan . tanpa lawan atau perlawanan, maka kita tidak akan mengalami kemajuan. Tanpa perlawanan dari udara, seekor rajawali tidak dapat terbang membumbung tinggi. Tanpa perlawanan dari gravitasi, Anda dan saya bahkan tidak dapat perjalanan. Kecenderungan kita manusia adalah ingin semua serba mudah. “ Tuhan dapatkan Engkau mengajarku tentang kesabaran tanpa harus melewati jalan yang macet ini?”

Jika Anda menginginkan penuaian yang luar biasa, taburlah benih yang luar biasa. Hasil yang akan Anda tuai tergantung pada jumlah benihmu. Jika Anda hanya menabur satu sendok teh, maka Anda akan menuai satu sendok the. Jika Anda menabur satu skop, maka Anda akan menuai satu skop. Tetapi jika Anda menabur satu truk, maka Anda akan menuai satu truk berkat di dalam hidupmu!

Mulailah melakukan apa yang terbaik menurut Anda. Jangan tinggal dalam keadaan yang biasa-biasa saja. Jangan sekadar melakukan rutinitas untuk melewati hidup. Jadilah orang yang bersedia memberikan lebih dari yang diminat. Ingatlah, Anda dan saya mewakili TUHAN yang maha kuasa di bumi ini. Tinggalkan cara hidup yang malas, biasa-biasa saja dan cengeng. Mari maju ke level yang lebih tinggi. Jika Anda berkomitmen untuk menjadi manusia cemerlang dan berintegritas, kebahagiaan akan datang secara alamiah, sebab TUHAN akan memberimu pahal yang jauh lebih dahsyat dari yang pernah Anda impikan.

Milikilah beberapa cita-cita; Mintalah TUHAN menaruh api di dalam rohmu. Kata-katamu mengandung kekuatan yang mengagumkan, karena itu jangan sekali-kali memperkatakan apa yang Anda tidak bisa lakukan, tapi mulailah memperkatakan apa yang sanggup TUHAN laukan. Milikilah sikap iman dan kemenangan, maka Anda tidak akan hidup di bawah perbudakan yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Ambillah sikap, jadilah orang yang membuat perbedaan. Teroboslah rintangan – rintangan klasik di masa lalu. Jangan sekadar menerima apa yang terjadi di sepanjang hidupmu. Anda dilahirkan untuk menang; Anda dilahirkan untuk jaya; Anda diciptakan untuk menjadi pemenang dalam hidupmu.

Betapa pentingnya kita harus dapat melihat diri kita seperti TUHAN melihat kita dan menghargai diri kita sendiri seperti TUHAN menghargai kita, itu sama pentingnya dengan kita menilai diri kita seperti apa yang TUHAN katakana tentang kita. Tidak cukup hanya melihat dengna mata iman atau imanjinasimu, tetapi Anda juga harus mulai mengucapkan perkataan iman atas hidupmu. Pada saat Anda mengucapkan sesuatu, berarti Anda sedang memberi kehidupan kepadanya.

Kitab berkata kita ini lebih dari pemenang sekarang juga. Ia tidak berkta kita akan lebih dari pemenang setelah kita semakin kuat, semakin tua, atau setelah mencapai tingkat rohani tertentu. Jika Anda mau mulai melihat dirimu lebih dari pemenang, maka Anda akan menikmati hidup yang berkelimpahan dan berkemenangan. Harganya telah lunas dibayar agar Anda bisa menikmati sukacita, damai sejahtera, dan kebahagiaan.

Saya tidak menyarankan Anda untuk mengabaikan atau melepaskan tanggung jawab. Sungguh bertolak belakang. Sebisa mungkin, Anda harus meminta maaf dan melakukan rekonsiliasi dengan orang yang pernah Anda lukai. Tapi sayangnya, tidak banyak yang dapat kita hasil dengan mengoreksi masa lalu. Ketika Anda tahu situasinya sudah lewat dan selesai, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah lanjutkan perjalanan hidupmu.

Keselamatan bukan sekadar doa sekali lalu sudah. Melainkan terus bekerjasama dengan TUHAN, menghadapi masalah yang datang dan menjaga sikap yang benar, bergumul terus sampai Anda memperoleh kemenangan. TUHAN tidak pernah berjanji bahwa kita tidak akan mengalami tantangan. Justru Ia berkata sebaliknya. Firman-Nya berkata, “ Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh pujian-pujian dan kemuliaan dan kehormatan.

Sesungguhnya, Anda tidak dapat tidak memberikan persepuluhan. Jika Anda berani mengambil langkah iman dan memuliakan TUHAN dengan keuanganmu, maka Ia akan munlai meningkatkan pasokan berkatnya ke dalam hidupmu secara supranatural. Tuhan akan membuat sisa uang 90% ditanganmu melebihi 100% penghasilanmu.

Untuk mencapai potensi hidupmu yang maksimal. Anda harus bersikap antusias dan bergairah atas hidup ini. Percaya bahwa masa depanmu sungguh cerah, tapi juga hidup di masa kini dan nikmatilah hidupmu hari ini. Jangan naïf! Tekanan hidup modern terus menerus mengikis sikap antusias kita. Anda mungkin mengenal beberapa orang yang kehilangan kesabaran. Mereka telah kehilangan semangat hidup. Tadinya mereka begitu bergairah akan masa depannya dan juga impiannya, tapi saying mereka telah kehilangan apinya.

Inilah saatnya untuk naik ke level baru. Inilah saatnya untuk menerima visi baru. Tinggalkanlah segala rintangan masa lalumu. Robohkan benteng-benteng musuh dipikiranmu. Ingat, Anda harus mengubah pemikiranmu. Tak peduli apakah seseorang dari keluargamu telah atau belum melakukannya, jangan biarkan beban itu membatasi Anda. Arahkan pikiranmu bahwa Anda akan menjadi satu-satunya orang yang menetapkan standar baru. Jadilah orang yang akan mempengaruhi generasi akan datang.

Anda mungkin telah mengalami beberapa kekecewaan besar dalam hidup ini dan menghadapi kemunduran yang serius. Selamat datang di dunia nyata! Namun tanamkan selalu di benakmu, bahwa Anda adalah Anak TUHAN yang maha tinggi. Hanya karena suatu kegagalan di dalam hidup ini atau seseorang yang mengecewakanmu, hal tersebut tidak mengubah statusmu. Jika impian yang satu mati, mimpikanlah yang lainnya. TUHAN akan selalu membukakan pintu yang lebih besar dan lebih baik. Angkatlah kepalamu, dan milikilah cara pandang baru yang ingin TUHAN lakukan di dalam hidupmu.

TUHAN tidak pernah menyuruh kita untuk mengulang – ngulang secara lisan kesakitan dan penderitaan kiita. Ia tidak menyuruh kita pergi kemana-mana untuk mendiskusi situasi negatif yang kita alami. Malahan, TUHAN menyuruh kita terus menerus  memperkatakan kebaikan-Nya. Janji-Nya, pada pagi hari di meja sarapan dan pada malam hari di meja makan, pada waktu menjelang tidur, senantiasa merenungkan kebaikan Tuhan.

Anda mungkin mengalami patah hati atas kegagaln hubunganmu atau kegagalan bisnismu, tetapi saya mendorong Anda untuk tidak diam terus di sana. Jangan memikul luka dan sakit hatimu bertahun-tahun. Jangan ijinkan penolakan membusuk di dalammu, meracuni masa depanmu. Lepaskanlah itu. TUHAN menyediakan sesuatu yang baru untuk Anda.

Anda tidak dapat merampok TUHAN dan pada saat yang bersamaan mengharapkan Ia memberkatimu. Anda harus menyadari, bahwa TUHAN tidak memerlukan uangmu atau waktumu atau talentamu. Ketika Ia meminta kita untuk memberi, itu bukan karena Ia mencoba mengambil sesuatu dari kita. Tidak, itu karena Ia ingin kita menabur benih, sehingga kita bisa menuai panen raya. Anda mungkin tidak memberi banyak, tetapi TUHAN akan memberkatimu jika Anda mulai dari aap yang Anda punya.

Fakta membuktikan bahwa kebanyakan dari kita hidup dalam rutinitas, dan hal tersebut dapat membuat kita stagnasi jika tidak berhati-hati. Kita perlu mengaduk diri kita, mengisi hidup ini dengan karunia-karunia yang baik dari TUHAN setiap hari. Kita memerlukan antusiasme baru setiap hari. Kata antusias bersal dari dua kata Yunani, en dan theos, artinya “ terinspirasi oleh Tuhan. “ Hidup kita perlu mendapat inspirasi, diinfus, dipenuhi dengan segala kebaikan Tuhan setiap hari.

Elemen paling penting untuk mengembangkan wawasan baru dalam hidup kita adalah temukanlah cara untuk mengalami kemurahan TUHAN yang lebih lagi. Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa TUHAn telah mengaruniai kita kemuliaan dan kehormatan. Kata hormat juga dapat diterjemahkan sebagai “ Kemurahan, “ dan kemurahan artinya “ membantu, menyediakan sesuatu dengan keistimewaan khusus dan untuk menerima perlakuan yang istimewa. “ Jikalau kita ingin mengalami semua kemurahan Tuhan, kitapun harus memiliki pikiran yang terhormat. Artinya pikiran yang senantiasa mengharapkan campur tangan khusus dari TUHAN.

Anda mungkin berangkat dari kehidupan yang kasar. Sehingga Anda cenderung membiarkan pengalaman negatif menentukan alasan sisa hidupmu. Hanya karena hidupmu berawal dari sana tidak berarti Anda harus menjalani hidupmu dengan cara yang sama. Anda perlu menerima visi baru tentang apa yang akan TUHAN lakukan di dalam hidupmu dan mengembangkan pola pikir yang sukses.

Jangan gunakan kata-katamu untuk menjelaskan situasimu; pakailah kata-katamu untuk mengubah situasimu. Tentukanlah suasana sepanjang hari ini begitu Anda bangun pagi. Jika Anda menunggu sampai selesai membaca surat kabar, harimu akan dirundung kecemasan dan berita-berita buruk. Cobalah mulai harimu dengan kabar baik, yaitu dengan memperkatakan firman Tuhan atas hidupmu. Pada saat Anda bangun tidur, mulailah  memberikan kehidupan baru kepada impianmu, dengan cara memperkatakan firman iman dan kemenangan.

Ketika pintu yang satu tertutup, TUHAN akan membuka pintu yang lainnya  untukmu, memunculkan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik. TUHAN akan mencabut kejahatan yang iblis taruh di dalam hidup kita, dan jika kita bersedia memelihara sikap yang benar, Ia akan mengubah semua situasi itu demi kebiakan kita. Namun pahamilah, entah Anda akan mengalami semua kebaikan TUHAN kelak, itu semua tergantung tingkat kesediaanmu melepaskan masa lalu yang suram.

Banyak orang langsung bereaksi negatif terhadap kesukaran dan masalha, daripada mempercayai bahwa TUHAN sanggup memberikan jalan keluar terbaik dari situasi tersebut. Saya tidak berkata bahwa TUHAN yang mengirimkan masalah, tetapi saya katakan bahwa TUHAN akan memakai kesukaran yang Anda hadapi untuk membawa ANda naik ke level yang lebih tinggi apabila Anda mau melakukan bagianmu dan tetap teguh beriman.

Jangan menunggu sampai Anda mencapai sesuatu; mulailah sekarang. Inilah cara dimana Anda akan mendapatkan kemurahan dari Tuhan. Anda menaburkan sejumlah benih, lalu TUHAN memberkati Anda lebih. Kemudian Anda menabur lebih banyak lagi, lalu TUHAN memberkati Anda lebih banyak lagi dan selanjutnya. Begitulah caranya Anda mengalami peningkatan. Tapi waspadalah! Jika Anda tidak setia dengan apa yang Anda miliki saat ini, bagaimana TUHAN dapat mempercayakan kepada Anda yang lebih besar lagi?

Buatlah keputusan bahwa Anda tidak akan melewati satu haripun tanpa sukacita dari Tuhan dalam hidupmu; tanpa kasih, damai sejahtera dan gairah; hidup ini akan terasa kosong. Dan pahamilah bahwa Anda tidak perlu mengalami kejadian yang luar biasa untuk membuat hidupmu bergairah. Mungkin Anda tidak tinggal di lingkungan yang bagus, atau karis yang bagus atau pernikahan yang harmonis, tetapi Anda dapat memilih hidup dengan antusias setiap hari. Apakah Anda merindukan hadirat TUHAN di dalam hidupmu setiap hari?

Mungkin aneh kedengarannya, ketika Anda hidup dengan pikiran yang positif sambil menyatakan kebaikan Tuhan, maka Anda akan melihat bagaimana orang-orang berusaha datang menolong Anda. Mereka bahkan tidak mengerti kenapa melakukannya, tetapi Anda pasti tahu bahwa ini disebabkan oleh kebaikan TUHAN. Ijinkan saya mendorong Anda untuk mulai mengharapkan dan menyatakan kebaikan TUHAN di dalam hidupmu. Dan pergilah dengan penuh percaya diri sambil menantikan hal-hal yang baik terjadi. Ada sesuatu yang istimewa dengan Anda karena Anda memiliki kebaikan TUHAN.

Mulailah melihat dengan mata iman, lihatlah dirimu naik ke level yang baru. Lihatlah dirimu dalam kelimpahan, lalu tanamkanlah bayangan ini di dalam hati dan benakmu dalam-dalam. Anda mungkin sedang hidup dalam kemiskinan saat ini, namun jangan biarkan kemiskinan itu hidup di dalam Anda. Alkitab berkata, “ TUHAN senang memberkati anak-anak-Nya. “ Ketika anak-anak-Nya diberkati secara rohani, jasmani, dan materi, hal itu meningkatkan kesenangan bagi TUHAN.

Menghindari percakapan yang negatif tidaklah cukup. Itu sama halnya Anda memiliki tim pertahanan yang baik tetapi tanpa penyerangan. Jika tim Anda terus menerus bermain dengan pola bertahan, maka tim itu pasti jarang mencetak angka. Anda harus merebut bola itu dan turun ke lapangan; Anda harus melancarkan serangan. Anda harus agresif. Menghindari percakapan yang negatif tidaklah cukup. Anda harus melancarkan serangan. TUHAN tidak sekadar memberikan ratusan janji-janji-Nya untuk dibaca dan dikoleksi. TUHAN memberikan janji-janji-Nya agar kita boleh dengan berani memproklamairkan kemenangan, kesehatan, pengharapan dan kelimpahannya di dalam hidup kita.

Anda tidak dapat mempertanyakan waktu-Nya TUHAN. Hindarilah kecendrungan untuk menyesali apa yang telah terjadi, seperti perguruan tinggi mana yang seharusnya Anda masuki, karir apa yang seharusnya Anda geluti, atau wanita/ pria mana yang seharusnya ANda nikahi. Keluarlah dari mentalitas “ seharusnya” dan lanjutkanlah perjalanan hidupmu. Jangan biarkan penyesalan di hari kemarin menghancurkan impian di hari esok. Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Saya menemukan ada dua macam iman-iman yang melepaskan dan iman yang terus menerus. Iman yang melepaskan, bekerja dalam sekejap mengubah situasi di sekelilingmu. Saya percaya diperlukan iman yang lebih hebat dan pengalaman yang lebih dalam bersama TUHAN untuk sampai kepada tingkat iman yang terus menerus, dikala keadaan tidak segera berubah.

Berhentilah menimbun apa yang telah TUHAN karuniakan kepadamu dan mulailah berbagi dengan orang lain. Bagikan waktumu, tenagamu, persahabatanmu, kasihmu dan kekayaanmu. Jika TUHAN telah memberimu sukacita, bagikanlah itu kepada seseorang. Buatlah seseorang bergembira; hiburkanlah yang lainnya; jadilah sahabat seseorang. Jika TUHAN telah memberimu talenta dan kemampuan untuk menghasilkan uang, jangan sekadar memperkaya diri; berbagilah dengan orang lain; Jangan sampai dirimu mengalami stagnasi. Anda harus menjaga sungaimu tetap mengalir. Itulah cara hidup yang berhasil dan berbahagia.

Apakah antusiasmu berkobar-kobar? Anda bisa! Apakah Anda bergairah menyambut hari ini, ketika bangun pagi,? Apakah Anda masih bergairah atas impian-impianmu? Apakah Anda berangkat kerja dengan antusias? Kita seharusnya sangat bergairah dan penuh sukacita sehingga orang lain akan tertarik terhadap apa yang kita miliki.

TUHAN ingin menolong Anda dalam setiap area kehidupan ini, tidak hanya dalam perkara besar. Jika Anda hidup dengan pikiran yang mulia, maka Anda akan mulai menyaksikan kebaikan-Nya setipa hari, di toko swalayan, di lapangan bola, di Mal, di tempat kerja dan dirumah. Oleh karena itu jangan anggap biasa kebaikan Tuhan. Katakan, terima kasih atas kebaikan-Mu, terima kasih atas pertolongan-Mu.

Jika kita menjalani hidup ini dengan mentalitas miskin, hal ini tentu tidak memuliakan TUHAN. Sesungguhnya, TUHAN disenangkan ketika kita mengembangkan pola pikir orang sukses. Seringkali kita merasa puas diri dengan posisi kita yang sekarang. Padahal Anda ditentukan untuk meningkat terus. Anda ditentukan untuk menjadi pemenang. Anda ditentukan untuk sukses dalam setiap area kehidupanmu. TUHAN menciptakan Anda untuk hal-hal besar.

Anda harus mulai berani memprolamirkan firman TUHAN, memakai perkataanmu untuk mencapai kemajuan dalam hidup ini, membawa kepada kehidupan ini hal-hal besar yang telah TUHAN tanam di dalam hidupmu. Jika Anda mempercayai firman TUHAN dan mulai memperkatakannya, dipadukan dengan imanmu, maka Anda sesungguhnya hanya mengkonfirmasi kebenaran itu dan membuatnya terjadi dalam kehidupanmu.

Tentu saja, kita semua bisa menengok ke belakang dan melihat hal-hal yang telah terjadi pada hidup kita dan berharap seandainya tidak seperti ini. Tetapi alkitab berkata, “ Lakukanlah yang terbaik setiap hari. “ Kemarin telah berlalu; hari esok belum tentu tiba. Anda harus hidup untuk hari ini. Mulailah dari tempat di mana Anda berada. Memang Anda tidak dapat berbuat banyak terhadap sesuatu yang telah lewat, tetapi masih banyak sekali kesempatan yang bisa Anda lakukan pada hari ini.

Iman yang terus menerus akan membawa Anda melewati malam-malam yang kelam di kala Anda sudah tidak dapat melewati hari berikutnya….tetapi karena imanmu di dalam TUHAN, Anda bisa. Anda harus berkata. “ Tuhan, aku tidak peduli terhadap apa yang akan kuhadapi, aku tidak peduli seberapa lama harus kujalani, hal ini tidak akan mengalahkan aku dan membuatku jatuh. Saya tahu Engkau ada di pihakku. Dan selama Engkau bersamaku itu sudah cukup.

Ketika melewati masa-masa sulit, karena stres Anda menjadi mudah berfokus pada kebutuhan diri sendiri, dan kesalahan-kesalahanmu. Tetapi jika Anda menginginkan obat penghilang stres yang manjur, janganlah berfokus pada dirimu sendiri. Pergi bantulah seseorang. Sesuatu yang ajaib akan terjadi pada saat Anda mengubah perhatianmu dari diri sendiri kepada kebutuhan orang lain. Kuasa TUHAN yang ajaib kelihatannya harus diaktifkan dengan gaya hidup yang tidak egois. Ketika Anda memiliki masalah, jangan berkonsentrasi pada kebutuhanmu, pikirkan jenis benih apa yang harus Anda tabur agar Anda terlepas dari masalahmu.

Jangan sekadar melewati hari dalam hidup ini. Bersikaplah antusias. Tersenyumlah. Lakukanlah segala sesuatu dengan sepenuh hati. Lakukanlah dengan gairah yang berkobar-kobar. Hasilnya tidak saja Anda yang akan merasa lebih baik, tetapi api itu akan menyebgar, dan segera orang-orang lain juga akan tertarik pada apa yang ada padamu. Maukah hidupmu berdampak buat orang banyak? Jangan ijinkan hari-harimu dipenuhi kekalahan dan stress. Benahi dirimu; nyalakan kembali api itu.

Jika Anda hidup dengan pikiran yang mulia, Alkitab berkata, ” Berkat yang akan mengejar Anda dan mendapatkan Anda. ” Dengan kata lain Anda tidak perlu bersusah payah memburu berkat TUHAN. Kemanapun Anda pergi, segalanya akan berubah demi kebaikanmu. Kemana Anda bertolak, selalu ada orang yang ingin melakukan kebaikan untukmu, dan membantu Anda. Mereka bahkan mungkin tidak menyadarinya. Tetapi itu adalah kemurahan TUHAN yang membuat Anda berdiri di hadapan orang banyak.

Teman, Mari nikmatilah berkat-berkat-Nya. Letakkan keju dan biskuitmu, masuklah ke dalam ruang perjamuan makan. Anda tidak harus selalu menjalani hidup ini dengan kekuatiran dan penuh ketakutan. Harganya sudha lunas dibayar. Bermanja-manjalah di bawah kaki-Nya, dan kembangkanlah pola pikir orang sukses, pandanglah dirimu sebagai anggota keluarga kerajaan-Nya.

Tuhan telah menyelesaikan segala sesuatu yang harus dilakukan-Nya. Bolanya sekarang ada di tangan Anda. Jika Anda menginginkan kesuksesan, hikmat, atau keberhasilan dan kesehatan, maka Anda harus bertindak lebih dari sekadar merenungkan dan percaya; Anda harus bertindak lebih dari sekadar merenungkan dan percaya; Anda harus berani menyatakan perkataan iman dan kemenangan atas dirimu dan keluargamu.

Mungkin Anda telah membuat pilihan buruk yang mengakibatkan Anda sakit hati dan menderita. Anda mungkin merasa tidak layak untuk menerima yang terbaik dari TUHAN, tetapi yakinlah Anda masih berpeluang menerima kedua drai yang terbaik karena akibat dari pilihan buruk yang telah Anda buat. Tetapi TUHAN rindu Anda mengalami pemulihan lebih daripada apa yang Anda lakukan. Jika Anda rela melepaskan kepahitan masa lalumu. TUHAN akan memulihkan segala sesuatu yang dicuri musuh daripadamu.

Kadang bukan kesukaran itu sendiri yang menjadi masalah kita, tetapi bagaimana cara kita menanggapi kesukaran itu. Satu masalah kecil saja dapat menjatuhkan Anda. Padahal ada orang-orang yang berurusan dengan masalah yang jauh lebih besar, seperti tragedi kematian anggota keluarganya, wabah penyakit yang tak tersembuhkan, perceraian, kebangkrutan, dan segala hal yang mengerikan lainnya-namun mereka tetap bisa tenang dan damai. Mereka hidup dalam sikap iman. Mereka percaya segalanya sedang berubah. Tetapi mereka memilih untuk hidup dalam kemenangan!

Nomor satu, hiduplah dengan penuh sukacita. Nomor dua, pergi dan taburkanlah benih. Bantulah seseorang, maka Anda pun akan dibantu. Taburkanlah benihmu sementara Anda menunggu pintu kesempatan berikutnya dibuka. Jika Anda percaya akan mendapat mobil yang lebih baik, dan daripada mengeluh terus mengenai kondisi mobilmu yang sekarang, taburlah benihmu dengan cara memberi tumpangan kepada seseorang. Jika Anda percaya bahwa bisnismu akan diberkati, bantulah bisnis seseorang supaya bertumbuh. Yang penting harus terus menabur benih kebaikan.

Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki! Berhentilah melihat apa yang salah dan mulailah berterima kasih kepada Tuhan untuk apa yang benar. Harapankanlah hal-hal yang baik setiap Anda bangun pagi. Mulailah mengharapkan kemurahan TUHAN dan berkat-berkat TUHAN. Bergairahlah menyambut hari ini. Sebab siapa tahu hari ini bisa menjadi hari mujizat, dimana Anda bertemu dengan orang yang Anda impikan, hari dimana segala keadaanmu berubah total, hari dimana anakmu yang hilang telah kembali. Itulah cara Anda tetap bersikap antusias, meskipun di masa sukar. Anda tetap mengharapkan hal-hal yang baik.anda tetap dipenuhi dengan pengharapan.

Anda harus mulai mengharapkan berkat TUHAN mengejarmu, mengharapkan kebaikan. TUHAN dinyatakan dalam hidupmu. Kita semua telah berbuat kesalahan dan harus meminta pengampunan. Sekali Anda telah melakukannya, lanjutkanlah, ketahuilah bahwa TUHAN masih ingin mencurahkan kemurahan-Nya ke dalam hidupmu, dan melakukan hal-hal yang hebat untuk Anda.

Berbahagialah menjadi dirimu sendiri. Jika TUHAN ingin Anda tampak seperti orang yang lain, pasti Ia telah membuat Anda tampak seperti mereka. Jika TUHAN ingin Anda memiliki kepribadian tersebut. Jangan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain; belajarlah untuk menyukai dirimu sendiri seperti yang telah TUHAN jadikan.

Setiap kita memiliki pengaruh atas orang lain. Meskipun Anda seorang remaja, seseorang akan menilai opinimu. Karena itu betapa pentingnya kita memperkatakan ” hal-hal yang baik ” kepada orang-orang yang ada di dalam pengaruh kita. Itu bukan berarti kita tidak akan pernah tidak setuju dengan mereka atau tidak harus berkonfrontasi dan mengoreksi mereka. Tetapi nuansa percakapan kita sehari-hari dengan mereka atau mengenai mereka harus selalu positif.

Mungkin akibat keputusan seseorang yang tolol menyebabkan Anda mengalami penderitaan yang pahit dan sakit hati. Anda harus berhenti merenungkannya. Biarlah semua itu berlalu. Ampunilah orang yang menyebabkan Anda bermasalah. Mulailah lembaran hidup yang baru sekarang juga. Jika Anda terus menerus merenungkan kekecewaan masa lalu, Anda akan menutup berkat-berkat TUHAN atas hidupmu hari-hari ini. Hal itu sungguh tidak layak.

Ketika Anda menghadapi kesukaran, Anda perlu mengingatkan dirimu bahwa apapun yang coba menjatuhkanmu akan dipakai TUHAN untuk mempromosikanmu. Jika Anda mampu menangani kesukaran itu dengan cara yang benar. TUHAN telah berjanji bahwa Ia akan mengubah tantangan yang Anda hadapi menjadi batu loncatan untuk promosi. TUHAN ingin melakukan hal-hal yang baru dan tidak biasa di dalam kehidupan kita. Ia mencari orang-orang yang mempercayai-Nya dengan sepenuh hati. Ia mencari orang-orang yang tidak akan membatasi-Nya dengan cara berpikir yang sempit.

Jika Anda menabur benih yang luar biasa, maka Anda juga akan menuai panen yang luar biasa. Benih apa yang Anda taburkan? Apakah Anda sedang memberikan kepada TUHAN sesuatu untuk Ia bertindak? Jika belum, mulailah berencana dan mulailah menabur! Alkitab berkata,  ”Berikanlah dengan murah hati, sebab apa yang Anda beri akan kembali kepadamu di kemudian hari. Sisihkan sebagian pemberianmu, karena di hari-hari mendatang dirimu mungkin memerlukan bantuan. ” Perhatikan, TUHAN sedang mengajar kita suatu prinsip yang akan membuat kebutuhan kita terpenuhi di masa-masa sukar, jika sampai hal itu terjadi.

Salah satu alasan mengapai kita kehilangan antusiasme adalah karena ktia kurang bersyukur; kita menganggap bisa saja atas apa yang telah TUHAN lakukan buat kita. Kita menganggap mujizat yang kita alami biasa saja. Kita menganggap kebaikan-Nya biasa saj, dan telah menjadi hal yang rutin, sehingga tidak membuat kita bergairah lagi. Saya mendengar seseorang berkata. ” Jangan biarkan mujizatmu menjadi monumen. ” Monumen adalah sepotong kayu atau batu yang akan mengingatkan kita atas sesuatu yang pernah hidup, menggetarkan dan menggairahkan.

Apakah seseorang sedang melecehkan Anda hari ini? Mulailah katakan, Saya berterima kasih karena kemurahan-Mu sedang tercurah atasku dengan cara yang baru, dan saya yakin kemurahanmu itu akan mengubah situasiku dan membuat orang tersebut mulai memperlakukanku dengan baik. ” Sama halnya jika Anda sedang bergumul dalam masalah keuangan, katakan sesuatu seperti, saya berterima kasih karena Engkau membuat saya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Engkau sedang membuka peluang bagi keuanganku. ” Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku.

Jadikanlah dirimu sendiri. Berani tampil beda; milikilah rasa aman atas apa yang telah Tuhan jadikan di dalam didirimu. Pergi dan jadilah yang terbaik sesuai potensimu. Anda tidak perlu melihat dan meniru orang lain. TUHAN telah mengaruniakan kepada kita talenta, karunia, kepribadian yang berbeda-beda menurut tujuan-Nya.anda tidak memerlukan persetujuan seorangpun untuk melakukan apa yang TUHAN ingin Anda lakukan.

Apa yang Anda wariskan kepada generasi berikutnya? Tidak cukup dipikiran saja; Anda perlu memperkatakannya. Berkat bukanlah berkat sampai hal itu diucapkan. Anak-anak di sektiarmu perlu mendengar Anda berkata seperti ini, ” Saya mempercayaimu, menurut saya kamu hebat. ” Mereka perlu mendengar pengakuanmu. Mereka perlu merasakan kasihmu dan mereka memerlukan berkatmu.

Mungkin Anda telah menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk rencna A. Tetapi sampai saat ini jelas-jelas pintu kearah sana masih tertutup, lalu Anda kecewa. Di situlah Anda harus berani mempercayai TUHAN, ketahuilah bahwa Ia memiliki rencana yang lebih baik. Ia ingin melakukan sesuatu yang baru di dalam hidupmu. Dan Anda harus berani melepaskan yang lama agar Anda siap menerima rencana yang baru dari TUHAN. Sebab Ia mampu melakukan jauh lebih besar dari apa yang Anda minta dan pikirkan.

TUHAN memakai orang biasa seperti Anda dan saya untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. TUHAN tidak sedang mencari orang yang hebat, yang pendidikannya tinggi. Ia hanya mencari hati yang mau. TUHAN tidak mencari kemampuan; tetapi Ia mencari kesediaan. Cukup serahkan saja apa yang Anda punya. Jika Anda mau memberikan seberapa yang Ada padamu, Ia akan melipat gandakannya dan meningkatkannya. Ia akan membuat hidupmu melebihi apa yang pernah Anda impikan. Rencana TUHAN untuk hidupmu sungguh besar dan lebih hebat dari yang pernah Anda bayangkan.

Dengan memberi, berarti Anda sedang menabung kebaikan dan kemurahan TUHAN untuk masa depan dimana Anda sedang butuh bantuan. Anda akan menuai panen besar pada saat Anda butuh karena TUHAN dapat menarik dari tabungan itu untuk memenuhi kebutuhanmu. Barangkali Anda tidak terlalu butuh sekarang. Tetapi jangan sampai hal itu membuat Anda berhenti memberi. Persiapkanlah masa depan. Ketika Anda sedang butuh, TUHAN akan ada disana untuk menolongmu. Memberi sama halnya dengan meminum obat pencegah sakit. Anda sedang menabung kebaikan TUHAN.

Jangan mengganggap biasa saja karunia terbesar yang telah TUHAN berikan padamu, yaitu diri-Nya sendiri! Jangan sampai hubungan pribadimu dengan-Nya menjadi datar, atau penghargaanmu atas kebaikan-Nya menjadi biasa saja. Dapatkan apimu kembali. Hiduplah dengan antusias. Apapun yang Anda lakukan, lakukanlah buat Dia dengan sepenuh hati. TUHAN ingin Anda melewati hidup ini dengan kekalahan dan putus asa.

Jika Anda mau hidup dengan sikap iman, maka seperti orang-orang kudus di Alkitab, sebelum kemurahan TUHAN yang besar dicurahkan, dan situasinya berubah menjadi keuntungan bagimu, ingatlah kisah Ayub. Dia melewati satu masa ujian ayng sangat berat. Dalam kurang dari satu tahun ia kehilangan keluarganya, bisnisnya, dan kesehatannya. Ia terserang bisul di sekujut tubuhnya dan hidup dalam penderitaan yang terus menerus. Namun di tengah keadaan yang mengenaskan, ayub berkata, ” TUHAN,saya percaya bahwa Engkau telah memberikan aku kebaikan.”

Kita semua harus menghargai perbedaan. Jangan memeras setiap orang ke dalam gelas kecilmu. Dan jangan biarkan siapapun juga mengekang gayamu. Tentunya, kita selalu bisa belajar dari orang lain, dan kadang kita perlu terbuka terhadap perubahan. Tetapi Anda jangan merasa tidak aman karena Anda tidak memiliki fisik yang sama, perasaan yang sama, atau bakat yang sama yang dimiliki seseorang ……berbahagialah dengan apa yang TUHAN jadikan di dalam dirimu.

Kita perlu sangat berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Suatu ketika Anda mungkin terpancing untuk merendahkan seseorang, meremehkan anakmu atau merendahkannya, ingatlah, Anda tidak dapat menarik perkataan itu kembali. Sekali Anda mengucapkannya, ia akan hidup dengan sendirinya. Gunakan mulutmu untuk mengucapkan berkat atas orang-orang. Berhentilah mengkritik orang-orang di sekitarmu dan mulailah menyatakan hal-hal yang dahsyat untuk masa depannya.

Setiap Anda bangun pagi, janganlah merenungkan kembali kesalahan yang Anda buat pada hari sebelumnya. Janganlah merenungkan kekecewaan yang Anda alami kemarin. Bangunlah setiap pagi dengan menyadari bahwa Ia adalah TUHAN yang penuh kasih dan pengampunan. Ia TUHAN yang telah menyediakan hal-hal besar bagimu.

Saya yakin bahwa suatu hari kelak kita akan melihat ke belakang pada apa yang kita anggap kejadian paling mengerikan dalam hidup ini, dan kita sadar bahwa ternyata TUHAN memakai kejadian itu untuk memoles kita, membentuk kita, dan mempersiapkan kita untuk menyongsong segala kebaikan yang datang. Menarik bukan? Kesengsaraan sering mendorong kita untuk masuk dalam tujuan ilahi. Sebab kadang kita perlu di dorong.

Tuhan memperhatikan setiap kali Anda pergi memberi pertolongan kepada tangan-tangan yang terulur memohon bantuan. TUHAN mencatat semua kegiatanmu. Barangkali ada orang yang berkata kepadamu bahwa percuma saja tindakanmu itu, tidak akan membuat perbedaan apapun entah Anda memberi atau tidak. Janganlah dengarkan tipuan itu! Sebab TUHAN telah berjanji segala pemberianmu yang ikhlas akan kembali kepadamu.

Apapun yang telah Anda alami, apapun kesalahan masa lalumu, seberapa mustahilnya keadaanmu saat ini, kabar baiknya adalah TUHAN ingin mengubah semua itu dan memulihkan semua yang telah dicuri daripadamu. Lebih dari itu, Ia ingin memulihkan hubunganmu dengan-Nya TUHAN ingin Anda memiliki hidup yang puas.

Jika Anda mau belajar hidup dengan sikap iman, yaitu memproklamirkan kebaikan Tuhan dengan berani pada detik-detik kemalanganmu, maka tidak ada satupun yang dapat melemahkan Anda. Barangkali situasimu sekarang kelihatannya mustahil, tapi jangan meremehkan faktor kebaikan Tuhan. Satu sentuhan kecil saja dari TUHAN sanggup mengubah keadaan di sekelilingmu selamanya.

Berikut ini adalah beberapa kabar baik: Anda tidak perlu ikut-ikutan kepada siapapun. Anda bisa menjalankan pertandinganmu sendiri dan menjadi seseorang. TUHAN telah memberikan kepadamu kasih karunia untuk melakukan apa yang Ia suruh Anda lakukan. Ia tidak memberikan kepadaamu kasih karunia untuk melakukan apa yang semua orang lakukan.

Kita seharusnya tidak mengucapkan kata-kata negatif, destruktif, kepada siapapun, khususnya kepada orang-orang yag ada di bawah pengaruh otoritas kita. Hanya karena Anda menjalankan bisnismu sendiri atau sebagai supervisor sejumlah besar karyawan, tidak berarti  Anda boleh sembarang mengucapkan perkataan yang merusak gambar diri mereka. TUHAN akan meminta pertanggungjawaban atas apa yang telah Anda ucapkan  terhadap orang-orang yang berada di bawah pengaruh otoritasmu. Belajarlah mengucapkan kata-kata yang positif dan membangun.

Memang tidak terlalu mudah mengatasi beberapa benturan di jalan, yaitu kekecewaan dan keputusasaan. Hal ini memerlukan tekad yang kuat. Kadang memerlukan dukungan; kadang hanya iman di dalam Tuhan dan kebulatan tekad belaka yang membuat Anda melewatinya. Tetapi Anda harus berkata. ” Saya menolak untuk terjebak ke masa lalu. Saya tidak akan membiarkan masa lalu menghancurkan masa depan saya. Saya bertekad. Saya berusaha keras, menyadari bahwa TUHAN telah menyediakan hal-hal yang besar untuk saya. ”

TUHAN ingin kita terus bertumbuh, dan kadang Ia memakai sedikit kesukaran untuk mendorong kita maju. Ia sengaja mengijinkan tekanan untuk mendorong Anda, merentangkan Anda, mengeluarkan Anda dari zona nyaman. Ia tahu seberapa banyak yang dapat Anda bawa. Di dalam masa kesukaranmu, ingatlah, TUHAN sedang memperbesar kapasitasmu. Pergumulan akan meningkatkan daya tahan Anda.

Ketika TUHAN mengunjungi panenmu, akankah ia menjumpai sesuatu di sama? Sudahkah Anda menabur benih ekbaikan? Apakah Anda selalu mendahulukan TUHAN di dalam  keuanganmu? Sudahkah Anda hidup untuk memberi, atau justru hidup untuk menerima?

TUHAN berurusan dengan pemulihan jangka panjang. Ia ingin Anda memiliki hidup yang dipenuhi dengan sukacita melimpah dan kebahagiaan. TUHAN tidak ingin Anda hanya dalam posisi mempertahankan pernikahanmu. TUHAN ingin mengubahnya dan memulihkannya dengan hubungan yang kuat, sehat dan saling menghargai. TUHAN tidak ingin bisnismu hanya pas-pasan dan tidak berkembang. Ia ingin bisnismu maju dan berhasil. Ketika TUHAN memulihkan. Ia selalu membuat Anda keluar lebih baik, lebih sempurna, lebih maju, dan berlipat ganda.

Jangan menyerah, tetaplah percaya. Hiduplah dengan pikiran yang mulia, maka janji-janji TUHAN tentang segala yang baik akan mengejar Anda. Jika Anda menaruh pengharapanmu pada Tuhan, ia berkata kemurahan ilahi sedang mengarah kepada Anda. Dan ketika kemurahan TUHAN dinyatakan, segala sesuatu pasti berubah. Kemurahan TUHAN akan membuat Anda bangkit dan keluar dari masalahmu. Kemurahan TUHAN akan menahan musuh-musuh yang ingin menjatuhkanmu. Apapun kondisimu, proklamirkanlah dengan berani, ” TUHAN, saya tahu kemurahanmu sedang dicurahkan atasku. ”

Ketika Anda menjalankan pertandinganmu sendiri, kenyataannya mungkin Anda tidak akan mampu memenuhi pengharapan orang lain. Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Anda juga akan mendapati ada orang-orang yang mungkin tidak suka kepadamu. Tidak semua orang setuju dengan keputusanmu. Atau Anda mungkin tidak dapat membuat setiap orang di dalam hidupmu sedang. Namun Anda tidak boleh membiarkan tuntutan, tekanan dan pengharapan dari orang lain menghentikan Anda untuk melakukan apa yang TUHAN inginkan.

Anda harus mulai menyatakan kebaikan Tuhan di dalam hidupmu. Itulah cara dimana TUHAN akan memberkati kita – yaitu memproklamirkan kebaikannya. Latihlah dirimu mengucapkan berkat atas hidupmu, teman-temanmu dan masa depanmu. Ingatlah berkat bukanlah berkat sampai ia diucapkan. Jika Anda mau melakukan bagianmu, dengan memproklamirkan berkat-berkat atas hidupmu dan atas orang-orang disekitarmu, maka TUHAN akan menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk hidup dalam kelimpahan.

Ketika Anda melakukan kesalahan yang kita semua juga lakukan rendahkanlah dirimu dan terimalah pengampunan dan kemurahan-Nya. Bersedialah mengampuni dirimu sendiri. Janganlah hidup dalam penyesalan. Penyesalan hanya akan mengganggu imanmu. Iman harus selalu berada dalam realitas saat ini, bukan dalam ingatan yang lalu. TUHAN ingin mengubah kekecewaan tersebut. Ia akan mengubah kengerianmu menjadi bintang kemuliaan-Nya.

Sesungguhnya TUHAN mengetahui karunia dan talenta apa yang ada pada setiap kita. Sebab Ia mengerti betul apa bidang keahlianmu, dan Ia akan melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat Anda masuk kedalam rencana ilahi-Nya. Anda akan tercengang melihat apa yang telah mampu Anda lewati ketika TUHAN memberimu sedikit tekanan agar Anda keluar dari zona nyaman dan masuk kedalam zona iman.

Di dalam Alkitab ada kisah tentang seorang prajurit Romawi yang bernama Kornelius. Alkitab berkata. ” Ia adalah orang baik. Ia suka berdoa dan memberi sedekah kepada orang miskin. ” Pada waktu Anda sedang butuh pertolongan, lakukanlah sesuatu selain berdoa. Mengapa Anda tidak bertindak seperti Kornelius, yaitu pergi memberi sedekah kepada orang-orang miskin, atau menabur benih di tanah yang subur? Pemberianmu akan seperti tugu peringatan di hadapan Tuhan.

Mulailah mengharapkan perubahan segala sesuatu demi kebaikanmu. Berani menyatakan bahwa Anda sedang teguh berdiri menentang kekuatan kegelapan. Anda tidak dijadikan untuk hidup biasa-biasa saja! Tingkatkanlah level pengharapanmu. Hanya imanlah yang dapat mengaktifkan kuasa TUHAN. Jika Anda bersedia taat dan mempercayai-Nya, maka Anda akan menerima yang terbaik dalam hidup ini dan bahkan lebih lagi! Mulai hari ini dan selanjutnya, putuskanlah Anda akan bergairah menjalani hidup yang TUHAN berikan. TUHAN akan memberikan apa yang belum pernah Anda impikan, sehingga Anda dapat mengalami kehidupan terbaikmu sekarang!

TUHAN sangat tertarik dengan apa yang Anda lihat melalui ” mata rohanimu. ” Tujuh kali di dalam Alkitab Ia bertanya. ” Apa yang kamu lihat?” Jika Anda mampu melihat sukses dan kemenangan di dalam hidupmu, maka Anda akan naik ke level yang baru. Jika Anda dapat melihatnya, maka hal itu pasti akan berjadi.